Ingin Bergabung di Organisasi? Yuk Simak 4 Keuntungan Bergabung Dengan AIESEC in USU

  • Whatsapp

AIESEC in USU

CERITAMEDAN.COM, Medan – Pada zaman yang sudah sangat maju ini setiap mahasiswa pastinya memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang sangat tinggi terhadap segala hal, salah satunya dalam mengenai hal organisasi perkuliahan. Setiap universitas pasti memiliki berbagai jenis organisasi yang bergerak di bidang yang berbeda-beda tentunya.

Sebagai mahasiswa yang akan bergabung ke suatu organisasi kamu juga harus memperhatikan banyak aspek dari organisasi tersebut, seperti memastikan apakah bidang dan tujuannya sejalan dengan keinginan kamu! Selain itu jika kamu bergabung dengan organisasi yang sesuai dengan keinginan kamu, itu akan sangat menguntungkanmu sebagai mahasiswa loh!

AIESEC in USU adalah organisasi kepemudaan yang melatih leadership skills atau jiwa kepemimpinan dengan cara mengembangkan para anggotanya untuk melaksanakan tugasnya sesuai dengan pekerjaan masing-masing dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Di dalam AIESEC in USU itu sendiri juga terdiri dari berbagai divisi yang dapat kamu pilih sesuai dengan bakat dan minat yang kamu miliki tentunya!

Apa saja sih keuntungan bagi mahasiswa ketika bergabung dalam organisasi khususnya AIESEC in USU? Yuk simak penjelasan di bawah untuk mengetahui lebih lanjut!

1. Melatih keterampilan dalam berkomunikasi

AIESEC in USU

Komunikasi merupakan keahlian yang sangat diperlukan di zaman yang sudah maju ini. Komunikasi itu sendiri berperan penting agar terjadinya interaksi dua arah antara kedua pihak yang bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi agar tersampaikan dengan jelas.

Melatih keahlian komunikasi bisa kamu dapatkan melalui acara-acara internal yang dilakukan oleh AIESEC seperti Master Class 2.0. Master Class 2.0 adalah acara yang nantinya anggota AIESEC in USU akan mendengarkan materi dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam organisasi, khususnya dalam hal leadership development.

Selanjutnya, keahlian dalam berkomunikasi dapat kamu peroleh dari kegiatan sehari-hari AIESEC in USU melalui adanya meeting di mana kamu dituntut untuk sering berbicara dan menyampaikan informasi dengan baik.

2. Menambah relasi nasional maupun internasional

Indonesia Youth Leadership Conference

Dengan bergabung di AIESEC in USU, secara resmi kamu sudah menjadi salah satu anggota resmi AIESEC. Setiap tahunnya, AIESEC in Indonesia rutin mengadakan konferensi yang mengumpulkan seluruh anggotanya yang berada dari berbagai daerah di Indonesia melalui AIESEC di masing-masing LC (Local Committee).

Indonesia Youth Leadership Conference (IYLC) merupakan salah satu konferensi yang diselenggarakan oleh AIESEC in Indonesia setiap tahunnya. Para anggota AIESEC yang bergabung dihadirkan melalui sebuah konferensi yang bernama IYLC yang bertujuan untuk mengumpulkan berbagai anggota AIESEC dari seluruh Indonesia untuk bisa mendapatkan materi yang akan disampaikan oleh penyaji.

Para peserta diharapkan untuk saling bertukar pikiran dengan peserta lain di mana dalam hal tersebut, peserta dipersilahkan untuk berkomunikasi dengan anggota lain yang merupakan sesama anggota AIESEC dan mendapatkan koneksi baru dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh anggota AIESEC seluruh Indonesia, dimana setelah mengikuti konferensi ini kamu dapat mempunyai teman-teman baru dari seluruh Indonesia dengan beragam jenis latar belakang yang dapat membuat wawasan kamu menjadi lebih luas.

3. Mengasah skill bekerja sama dalam kepanitiaan AIESEC in USU

Virtual Impact Circle

Virtual Impact Circle merupakan salah satu bentuk acara yang dilaksanakan oleh AIESEC in USU setiap tahunnya yang memiliki tujuan untuk memberi edukasi dengan suatu topik tertentu yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Untuk bisa berpartisipasi dalam kepanitiaan acara ini nantinya kamu akan menjalani beberapa tahap terlebih dahulu, dimana kamu akan memilih untuk bergabung dengan kepanitiaan di bidang yang kamu minati. Ketika sudah terpilih untuk menjadi panitia kepanitiaan acara atau dalam AIESEC dikenal dengan Organizing Committee (OC), nantinya kamu akan bekerja sesuai dengan role yang kamu pilih.

Apapun role yang kamu peroleh nantinya, kamu akan mendapatkan skill project management, di mana sebagai OC kamu dituntut untuk bisa mengurus suatu acara bersama para anggota OC lainnya agar acara tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Menjadi OC akan memberikanmu banyak pengalaman yang dapat membantu perkembangan skill kepemimpinan yang ada dalam diri kamu, seperti membuat strategi acara, menyusun rangkaian acara, menghubungi partner, dan banyak lagi.

4. Berkontribusi pada kegiatan yang membantu kehidupan sosial

Start With Yourself

Terlepas dari berbagai kegiatan di atas, AIESEC in USU juga berpartisipasi dalam membuat acara yang bertujuan memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial dalam masyarakat. Contohnya adalah Start With Yourself (SWY) yang dilaksanakan oleh AIESEC in USU pada tahun 2019, di Medan dan juga Pulau Samosir.

Anggota dari AIESEC in USU sendiri berkontribusi dalam melakukan kampanye anti-bullying yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak anak kecil bahwa bullying merupakan hal yang sepatutnya tidak dilakukan dimanapun dalam kondisi apapun.

Berkontribusi dalam hal-hal sosial merupakan salah satu prioritas utama dari AIESEC in USU itu sendiri, tentunya kegiatan semacam ini dapat kamu temui ketika kamu bergabung dengan AIESEC in USU. Dengan mengikuti kegiatan seperti hal diatas artinya kamu sudah berkontribusi untuk membuat perubahan baik dalam masyarakat dan memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial loh!

Setelah dengan membaca tulisan di atas, apakah kamu sudah tertarik untuk bergabung di AIESEC in USU? Semoga AIESEC in USU bisa menjadi salah satu organisasi yang menarik perhatian kamu! Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai AIESEC in USU, kamu bisa menambahkan akun [email protected] AIESEC in USU di @gyy4304g ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *