Shanaz, RU 1 GenRe Sumut dan Perannya Menjadi Konselor Sebaya di PIK-R

RU 1 GenRe Sumut dan Perannya Menjadi Konselor Sebaya di PIK-R

CERITAMEDAN.COM, Medan – PIK-R atau Pusat Informasi Konseling Remaja merupakan salah satu organisasi yang hadir ditengah kaum remaja, sebagai wadah untuk para remaja bisa konseling perihal berbagai hal terutama mengenai kesehatan mental dan reproduksi.

Dewasa ini, penyakit yang timbul ditengah masyarakat khususnya remaja tidak hanya menyerang jasmani melainkan mental juga.

Banyak sekali remaja yang masih sering menyimpan rahasia sendiri. Tidak mau terbuka kepada orang lain sehingga menyebabkan timbulnya stres, yang kemudian akan mempengaruhi setiap kinerja kita terutama kesehatan jasmani kita.

Pikiran yang kacau menyebabkan kepala menjadi pusing, yang akhirnya membuat tubuh lemas dan tidak bergairah. Bagi Shanaz sudah saatnya lebih peduli terhadap isu kesehatan mental yang sangat marak belakangan.

“Shanaz pernah nonton suatu video youtube dari dokter Vania Utami. Dia mengatakan bahwa mental health ini memang harus menjadi perhatian khusus ya, dari diri kita pribadi” tuturnya.

Shanaz pendidik sebaya dan konselor sebaya

Melalui BKKBN, Shanaz dan rekannya yang lain diberikan bekal mengenai cara penanganan tentang mental health. Shanaz mendapatkan pelatihan sebagai pendidik sebaya dan konselor sebaya.

RU 1 Duta GenRe Sumut 2022 ini menjelaskan bahwa konselor sebaya berperan untuk membahas mengenai mental health remaja.

 

Perannya sebagai konselor sebaya banyak digunakan di sekolah-sekolah khususnya dalam organisasi PIK-R. Shanaz sendiri menegaskan, sebagai konselor sebaya ia dan rekan-rekannya dapat di percaya dan profesional.

“Jikalau memiliki keluh kesah lah gitu, atau sesuatu yang tidak bisa dibicarakan kepada orang tua, yang ragu untuk dibicarakan kepada teman, bisa kepada kami sebagai seorang konselor sebaya yang Inshaallah bisa terpercaya dan profesional” tegasnya

Dalam praktiknya, tentu ada beberapa kasus yang tidak dapat ditangani langsung oleh konselor sebaya. Untuk menindaklanjutinya, Shanaz dan rekannya akan memindahtangankan klien mereka kepada orang yang lebih profesional yakni psikiater maupun psikolog.

Di dalam GenRe sendiri, bukan hanya membahas mengenai kesehatan resproduksi, stunting maupun lifeskill, tetapi menjadikan kesehatan mental menjadi fokus utama.

Sebagai seorang Runner Up 1 GenRe Sumut, Shanaz menempatkan dirinya untuk lebih dalam lagi membahas mengenai kesehatan mental khususnya remaja.

Shanaz Duta GenRe Sumut

“Disinilah fokus Shanaz sebagai Duta GenRe, tidak hanya memberikan wawasan kepada teman-teman tentang materi atau substansi GenRe, tetapi juga menyadarkan teman-teman sebaya kalau kita ini sebagai individu perlu atau membutuhkan satu sama lain.”***(CM/Gravity Publisher)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Spring In The City di Binjai Supermall

CERITAMEDAN.COM – Mengawali tahun 2018, Binjai Supermall kembali menyiapkan rangkaian kegiatan dengan mengambil tema “Spring in the City” yang berlangsung mulai tanggal 19 Januari hingga 24 Februari mendatang. Program ini…