Wali Kota Medan Launching Kesawan City Walk

  • Whatsapp

Wali Kota Medan Launching Kesawan City Walk

CERITAMEDAN.COM, Medan – Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution, melakukan soft launching Kesawan City Walk di depan rumah Tjong A Fie, Jalan Ahmad Yani Medan, Minggu (28/3/2021) yang di tandai dengan penabuhan Gordang Sambilan. Selain itu juga dilaunching E-Parking yang di tandai dengan pemberian kode barcode.

Read More

Bobby mengatakan, kawasan heritage Kesawan ini merupakan bagian dari Medan The Kitchen of Asia. Selain menjadi kawasan wisata kuliner dan budaya serta kota tua, juga centra kreatif.

Pemilihan tempat ini, sebut Bobby, untuk mengingatkan bahwa kerukunan antar etnis dan umat beragama di Medan sudah berakar sejak dulu. “Pemko Medan akan menjaga keragamanan ini menjadi satu kekuatan,” ucap Bobby.

Tjong A Fie sendiri, sambung Bobby, merupakan dermawan non Muslim, namun bergaul dan berbaur dengan beragam etnis lain di Medan. “Bahkan, beliau membangun Masjid Bengkok yang kini menjadi warisan budaya,” katanya.

Salah satu bentuk keragaman itu, tambah Bobby, adalah kuliner, di mana bukan hanya ada kuliner tradisional Sumut maupun nasional, namun kuliner di Medan juga dapat mewakili kekayaan kuliner Asia. “Jadi, kita percaya diri menyebut Medan sebagai The Kitchen Asia,” katanya.

Selain kelezatan, lanjut Bobby, ada hal yang dapat menambah nilai kuliner tersebut, yakni mempertontonkan cara memasaknya, penyajian serta menikmatinya. “Selain itu, dapur yang dulu di belakang dan tertutup, kini dibuka sehingga orang dapat melihat cara kuliner itu dibuat. Ini akan menjadi entertaiment yang dapat menambah nilai kuliner itu,” sebutnya.

Pemko Medan sendiri, sebut Bobby, telah berkomitmen untuk mewujudkan transaksi cashless, yakni dengan pembayaran tanpa uang tunai. Seluruh tenant di Kesawan City Walk harus menerapkan chasless. Selain itu, secara bertahap seluruh pembayaran parkir juga akan di lakukan dengan menggunakan QRIS maupun QREN.

“Sistem ini akan memaksimalkan fungsi pengawasan sekaligus mencegah terjadi penguapan Pendapat Asli Daerah. Saya yakin, dengan semangat kolaborasi kemajuan akan kita capai. Medan akan jadi kebanggaan di Sumut, nasional maupun global,” ujarnya.

Bobby juga berpesan, agar terus di lakukan evaluasi untuk perbaikan ke depan hingga manfaatnya akan terasa bagi Kota Medan dan masyarakat. “Protokol kesehatan harus diterapkan, termasuk soal jam operasional,” tegasnya.

Sementara Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, mengapresiasi atas gebrakan yang di lakukan Wali Kota Medan. Menurutnya, Kesawan City Walk menuju Medan The Kitchen of Asia ini salah satu dari beberapa gebrakan yang di lakukan Wali Kota yang baru sebulan lebih menjabat.

“Apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution, yang baru sebentar menjabat telah mendobrak penghalang-penghalang kemajuan Medan,” ujarnya.

Pembenahan kawasan heritage Kesawan yang dipadukan dengan pemberdayaan UMKM di bidang kuliner serta penataan lalu lintas dan perparkiran, menurut Hasyim, adalah sebuah langkah maju yang layak diapresiasi dan didukung.

Sebelumnya Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan, Benny Iskandar, di dampingi Kepala Dinas Perhubungan, Iswar Lubis, mengatakan selain melambangkan keragaman Medan, Kesawan City Walk ini juga mengangkat kembali sejarah berikut nilai-nilai. “Potensi ini, akan terus dikembangkan dengan semangat kolaborasi antar OPD di lingkungan Pemko Medan maupun pihak luar,” kata Benny.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *