Sandiaga Uno Minta Gubsu Jalankan Program Desa Wisata Untuk Bangkitkan Geliat Pariwisata Sumut

  • Whatsapp

Sandiaga Uno Minta Gubsu Jalankan Program Desa Wisata Untuk Bangkitkan Geliat Pariwisata Sumut

CERITAMEDAN.COM, Medan – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, meminta Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) menjalankan program Desa Wisata guna percepatan pengembangan destinasi pariwisata super prioritas, salah satunya Danau Toba.

Permintaan itu disampaikan, Sandiaga Uno, dalam pertemuan dengan Gubsu membahas percepatan pengembangan pariwisata super prioritas di rumah dinas Gubsu, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Sabtu (27/3/2021).

Program Desa Wisata ini, kata Sandiaga, bisa menghadirkan wisata inklusif, berkualitas dan berkelanjutan. “Kehadiran saya juga ingin memberikan semangat pada pelaku wisata. Hampir satu tahun lebih masyarakat, khususnya pelaku wisata menghadapi kesulitan yang ditimbulkan akibat pandemi Covid-19. Saya berharap agar kawan-kawan lekas memupuk harapan untuk segera bangkit,” tambahnya.

Selain menjalankan Desa Wisata, sebut Sandiaga, hal lain yang bisa diterapkan guna membangkitkan dunia pariwisata di Sumut, yakni menerapkan protokol kesehatan di daerah wisata dan memanfaatkan teknologi informasi.

Sandiaga mengaku, sudah tiga kali melakukan kunjungan ke Danau Toba, namun baru ini bisa bertemu dengan Gubsu. “Setelah tiga kali kunjungan ke Danau Toba, akhirnya saya bisa sowan dengan Bapak Gubernur. Saya ke sini untuk menyampaikan beberapa program percepatan pengembangan pariwisata Danau Toba agar bisa dieksekusi dengan baik,” ujarnya.

Di sisi lain, Sandiaga, juga menyampaikan tentang besarnya peluang di sektor ekonomi kreatif, bila mampu memanfaatkan teknologi. “Seperti baju yang saya pakai ini adalah hasil dari salah satu ekonomi kreatif di Sumut. Kuncinya adalah adaptasi terhadap teknologi, mulai dari pemasaran hingga pembayaran harus bisa menerapkan teknologi,” jelasnya.

Sementara Gubsu, Edy Rahmayadi, mengatakan akan segera melakukan perencanaan yang terukur guna menggeliatkan pariwisata di Sumut, khususnya Danau Toba.

“Dengan kehadiran beliau (Menparekraf), bisa melihat secara pasti, sehingga kita bisa menyiapkan apa yang perlu di siapkan untuk membangun wisata super prioritas Danau Toba,” ujar Gubsu.

Dalam pertemuan itu, Gubsu, juga memperkenalkan beberapa pariwisata yang ada di Sumut, seperti Sungai Green Canyon (Sei Bah Bolon), keindahan Pulau Nias, Keasrian alam di Tangkahan dan masih banyak lagi lainnya. “Ke depan, itu juga akan kita galakkan, selain wisata super prioritas Danau Toba,” ujar Gubsu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *