Sakit Kepala? Ini Salah Satu Sebabnya

  • Whatsapp
Menangis
Menangis

Siapa yang tak pernah menangis? Banyak hal yang menyebabkan tangisan itu muncul. Hal seperti banyaknya masalah yang hadir di kehidupan, atau karena ada yang menyakiti anda pasti pernah dirasakan dan menjadi pemicu tangisan itu muncul. Hal ini pulalah yang menjadi penyebab sakit kepala yang selalu hadir seusai menangis.

Menangis juga sangat wajar, Karena semua orang telah mengalaminya. Bahkan ada yang menangis semalaman karena merasakan tekanan hebat dari dalam dan ingin mengeluarkannya, namun tak bisa. Hal inilah yang menyebabkan tangisan muncul dan tak bisa dibendung lagi.

Read More

Tangisan menjadi pemicu seseorang untuk berdiam diri, tak melakukan aktivitas apapun, atau mencurahkan segala kegundahan lewat cerita di buku harian atau nyanyian yang tercipta dari lagu sederhana.

Mengatasi kegundahan dan menjadi pemicu tangisan muncul memang sulit. Orang lebih suka ketika menangis, membiarkan seluruh air mata tercurah sempurna, merasakan kedamaian akibat tangisan dan lainnya. Setelah itu biasanya ia akan kembali normal dan merasakan ketenangan, walau sakit kepala itu muncul kembali. Pemicu dari sakit kepala ini banyak hal. Kemungkinan ia mengalami dehidrasi. Karena menangis menyebabkan seseorang kehilangan air dari tubuhnya dan sakit kepala merupakan salah satu tanda dari dehidrasi. Akibat karena ekstrem dan mulut kering secara bersamaan ternyata merupakan gejala dehidrasi parah yang bisa memicu kontraksi otot, tekanan darah rendah disertai perut kembung.

Stres yang menyebabkan seseorang menangis juga bisa menyebabkan sakit kepala karena dari stres akan mengakibatkan ketegangan di seluruh organ tubuh. Jika seseorang memiliki masalah sinus, biasanya akan menimbulkan sakit kepala yang disertai dengan nyeri diantara mata dan hidung. Juga bisa disebabkan oleh adanya tekanan di sekitar dahi atau pada bagian samping dan belakang kepala. Sakit di kepala ini bisa menyebabkan tegang di bahu, leher dan kulit kepala.

Sebaiknya agar tak ingin merasakan sakit pada kepala akibat menangis, diharuskan untuk meminum banyak air setelah menangis. Hal ini guna menggantikan kehilangan cairan yang terjadi. Selain itu hindarilah mengonsumsi alkohol saat menangis, karena ini juga pemicu dari dehidrasi dan sakit kepala.

Jika sudah terjadi sakit kepala karena lupa mengatasinya, maka banyak cara agar kepala kembali pulih, bisa melakukan beberapa tips singkat seperti meminum obat penenang yang tidak berdosis tinggi. Karena jika meminum obat penenang berdosis tinggi malah akan mengakibatkan hal buruk terjadi. Bisa saja ia menjadi kecanduan obat akibat seringnya mengonsumsi obat tersebut.

Lalu segeralah minum sebanyak-banyaknya. Karena minum dengan air putih sangat berguna bagi kesehatan. Air putih memiliki banyak manfaat yang tidak bisa dijabarkan lagi, oleh sebab itu jangan sampai menjadi dehidrasi kembali akibat tidak mengonsumsi air putih yang banyak. Dengan mengonsumsi air putih setelah menangis panjang, maka perlahan sakit kepala akan hilang.

Mandilah dengan air dingin, kompres kepala agar urat saraf dan sel otak menjadi renggang. Ketegangan akibat menangis membuat seluruh tubuh sakit, sel-sel, saraf dan seluruh organ akan terasa tegang dan sakit. Maka cobalah mandi dan tenangkan pikiran dengan air dingin seraya menajdi kompres bagi kepala untuk kembali pulih.

Ketika beban yang datang menajdi berat dan sulit menyelesaikannya, maka menangis menjadi salah satu alternatif penyembuhnya. Namun ingat jangan malah dengan menangis membuat anda semakin sakit. Harusya efek yang timbul akibat menangis adalah tenang dan rileks, bukan malah sakit.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *