Oleh Oleh Khas Medan yang Wajib Kamu Bawa Pulang! Cobain!

Oleh Oleh Khas Medan

Liburan ke Medan tapi belum tahu bakalan beli oleh oleh apa aja pas sampai sana? Wah bisa gagal total banget tuh rencana liburan kamu nanti. Jangan sampai hal seperti itu terjadi ya!

Ada oleh oleh apa aja sih di Medan?

Dengan mengetahui informasi tersebut, tentunya kamu bisa menambahkan berbagai oleh oleh tersebut ke dalam daftar barang yang ingin kamu beli ketika liburan nanti bukan?

Selain itu, kamu juga bisa banget merencanakan budget yang ingin kamu keluarkan nantinya dengan lebih tepat ketika liburan. Ini karena kamu sudah tahu lebih dulu oleh oleh apa saja yang ingin kamu beli ketika sampai di Medan.

Nah, tanpa berbasa-basi lagi, langsung saja kita menuju pembahasan intinya. Berikut ini merupakan oleh oleh khas Medan yang wajib banget kamu cobain! Simak selengkapnya, ya!

Oleh Oleh Khas Medan yang Wajib Banget Kamu Cobain!

Bika Ambon

Oleh Oleh Khas Medan

Pertama, kita wajib banget buat beli makanan yang satu ini ketika berkunjung ke Medan. Bika Ambon menjadi oleh oleh khas Medan yang paling terkenal.

Walaupun begitu, masih ada beberapa orang yang menganggap bahwa Bika Ambon merupakan makanan khas dari Ambon sesuai namanya. Padahal, kue ini sangat menjadi ciri khas dari Medan.

Bika Ambon sendiri merupakan sebuah kue berserat yang terbuat dari tepung, gula, santan, dan telur serta air nira sebagai pelengkapnya. Perpaduan dari seluruh bahan tersebut mampu menghasilkan rasa legit yang khas dengan Bika Ambon.

Kemudian bagi kamu yang sering merasa mudah merasa bosan dengan suatu makanan, janganlah merasa khawatir. Bika Ambon sendiri tersedia dengan berbagai varian rasa mulai dari original, pandan, hingga keju.

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah daya tahannya. Bika Ambon sendiri bisa tahan selama empat hari apabila kita simpan di tempat terbuka. Jadi, jangan sampai perjalanan yang kamu tempuh ketika pulang nantinya, memakan waktu lebih dari 4 hari, ya!

Lapis Legit

Oleh-oleh khas Medan yang berikutnya juga masih di tema yang sama yaitu mengenai kue kue. Kali ini Lapis Legit hadir sebagai oleh oleh dari Medan yang juga sangat wajib untuk kamu coba.

Kue ini sendiri merupakan kue yang dihasilkan dengan adanya campuran dari budaya Belanda pada masa penjajahan dulu. Karena sudah lama ada di Indonesia, Lapis Legit menjadi kue yang siapa orang pasti akan suka.

Hal ini juga membuat Lapis Legit sendiri bisa kita temukan di berbagai tempat, bahkan di luar Medan.

Namun, walaupun begitu, kamu tetap harus mencoba Lapis Legit khas Medan ini. Kamu sangat wajib mencobanya karena Lapis Legit khas Medan ini berbeda dengan Lapis Legit lainnya.

Di Medan, terdapat produsen bernama Affinois Medan yang berfokus memproduksi Lapis Legit. Mereka memberikan beberapa inovasi terhadap kue jadul yang satu ini. Dengan menambahkan topping keju di atasnya, Lapis Legit mampu menjadi kue yang sangat enak di lidah.

Lapis Legit yang berbeda dari daerah lain itulah yang membuat kamu wajib untuk membawa pulang oleh oleh yang satu ini.

Bolu Gulung Meranti

Kemudian masih dengan tema kue kue, kali ini kamu akan berkesempatan untuk membawa pulang Bolu Gulung Meranti ketika berkunjung ke Medan. Kesempatan seperti ini sangat tidak boleh kamu lewatkan. Mengingat kue ini sangat khas dan sangat enak.

Bolu Gulung Meranti merupakan kue bolu yang memiliki tekstur sangat lembut dengan rasa yang legit. Selain itu, bolu ini juga memiliki berbagai varian rasa.

Bolu Gulung Meranti bisa kamu dapatkan dengan varian rasa original, keju, nanas, mocca, strawberry, dan blueberry. Hadirnya varian rasa tersebut tentunya akan membuat kue yang satu ini menjadi semakin menarik untuk kamu bawa pulang.

Kemudian untuk daya tahannya sendiri Bolu Gulung Meranti hanya bisa bertahan selama tiga hari apabila kita biarkan di tempat terbuka. Namun, apabila kita menaruhnya di lemari pendingin, maka Bolu Gulung Meranti mampu bertahan hingga seminggu.

Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan lama perjalanan yang kamu tempuh ketika pulang dari Medan nantinya. Pastikan juga kamu segera memasukkan kue ini ke dalam lemari pendingin apabila kue ini ingin kamu simpan di rumah.

Kain Ulos

Apabila hanya membicarakan mengenai makanan saja, mungkin kamu akan mulai merasa eneg dan jenuh. Maka dari itu, sekarang kita akan masuk ke oleh oleh terakhir dari Medan yang tidak lagi merupakan kue, tapi merupakan kain. Kain apa itu?

Kain Ulos menjadi oleh oleh khas Medan yang berikutnya. Kain ini merupakan kain yang sangat menjadi ciri khas dari Medan sendiri. Di Medan, kain ulos ini wajib untuk dikenakan ketika mengikuti berbagai ritual upacara adat. Maka dari itu, kain ini sendiri menjadi kebanggaan dari Medan.

Kain Ulos berbentuk selendang panjang yang cara penggunaanya adalah dengan diselempangkan atau bisa juga digunakan sebagai ikat kepala. Kain ini sendiri sangat mudah kamu temukan ketika pergi ke Medan.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak membawa pulang Kain Ulos ketika kamu berkunjung ke Medan.

Itulah Oleh Oleh Khas Medan yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Selain keempat oleh oleh tersebut, masih banyak lagi oleh oleh khas Medan lainnya.

Namun, dari sekian banyak oleh oleh khas Medan, empat barang itulah yang sangat identik dengan Medan. Wajib banget untuk kamu cobain dan bawa pulang ketika kamu liburan ke Medan!

You May Also Like

About the Author: Cerita Medan

CERITAMEDAN.COM - Portal Berita Lifestyle Komunitas Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *