Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih

Sirih merah adalah tanaman yang sering dijadikan sebagai obat-obatan herbal. Khasiat sirih merah sebagai tanaman herbal sudah terbukti dari jaman dulu dan merupakan resep untuk menyembuhkan penyakit turun-temurun. Tanaman ini adalah jenis tanaman merambat, batangnya berwarna coklat agak kehijau-hijauan, berbentuk bulat dan sebagai tempat keluarnya akar. Sedangkan daunnya berbentuk seperti jantung, ujungnya runcing, memiliki tangkai dan berwarna merah.

Tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Jadi tidak heran jika tanaman ini sering kali menjadi bahan dalam ramuan obat-obatan tradisional. Salah satu manfaat daun sirih yang terkenal adalah sebagai obat mimisan. Selain dapat menyembuhkan penyakit ringan, daun sirih merah juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit yang sudah kronis seperti tumor, diabetes, radang paru-paru, dan lainnya.

Read More

Khasiat yang dimiliki oleh daun sirih merah ini berasal dari berbagai senyawa, seperti Zat Alkanoid, Kalsium, Fosfor, Fenil Popada, Terpen, Vitamin C, Antioksidan, Saponin, Tanin, Terpenoid, Klavikol dan lainnya. Senyawa-senyawa ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan dapat menyembuhkan dari berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

Mengobati Tumor

Manfaat daun sirih merah yang pertama adalah mengobati tumor. Penyakit berbahaya dan susah disembuhkan ini ternyata dapat diobati dengan daun sirih merah yang notabenenya sebagai ramuan tradisional. Ini karena senyawa Flavonoid, Terpenoid dan Antioksidan yang terkandung dalam daun sirih merah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh meningkat, maka sel darah putih yang ada dalam tubuh mampu menghancurkan senyawa karsinogenik atau tumor yang ada dalam tubuh.

 

Mengobati Mimisan

Daun sirih merah sebagai obat mimisan sudah sangat terkenal di Indonesia umumnya pada masyarakat awam. Ini lantaran daun sirih merah mengandung senyawa fenil popada dan terpen yang dapat membantu menghentikan darah yang keluar saat mimisan. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil 2 lembar daun sirih merah bersihkan dengan air lalu gulung dan masukan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.

 

Mengobati Luka Bakar Ringan

Selain dapat mengobati mimisan, daun sirih merah juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar. Kandungan senyawa Alkanoid, Vitamin C dan Antioksidan yang terdapat dalam daun sirih dapat membantu menyembuhkan peradangan pada kulit yang terbakar. Cara penggunaannya, ambil 4-6 lembar daun sirih merah bersihkan dengan air lalu tumbuk. Campur daun sirih yang ditumbuk tadi dengan 3 sendok teh madu lalu oleskan pada area yang mengalami luka bakar.

 

Mengobati Radang Paru-Paru

Manfaat daun sirih merah selanjutnya adalah dapat mengobati radang paru-paru. Berbagai senyawa seperti  mineral, antioksidan dan vitamin yang dapat membersihkan area paru-paru dari bakteri dan bebagai senyawa jahat yang tidak sengaja masuk ke dalam paru-paru, terkandung dalam daun sirih merah.

 

Mengobati Sakit Maag

Sakit maag adalah penyakit yang umum kita dengar. Penyakit yang disebabkan karena terkikisnya dinding lambung bagian dalam akibat radang lambung yang terjadi terus-menerus. Penyakit ini memiliki gejala seperti rasa sakit seperti perih dari leher sampai bagian tengah perut. Untuk mengobati penyakit maag ternyata bisa juga menggunakan daun sirih merah, ini lantaran senyawa terpenoid dan klavikol yang terkandung dalam daun sirih merah.

 

Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini disebabkan oleh bebagai macam faktor seperti kekurangan insulin, gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Di Indonesia penderita diabetes sangat banyak bahkan menempati peringkat ke-4 terbanyak di Asia dan peringkat ke-7 terbanyak di Dunia pada tahun 2013. Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit diabetes adalah dengan memanfaatkan daun sirih merah. Kandungan Terpenoid, Klavicol, Eugenol dan Pycene yang terkandung dalam daun sirih merah dapat membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah sehingga dapat menyembuhkan diabetes. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan daun sirih merah secara teratur.

 

Mengobati Keputihan

Daun sirih merah juga dapat berguna sebagai antiseptik yang dapat mematikan bakteri Candida penyebab penyakit keputihan. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan cara merebus 6-12 lembar daun sirih merah dengan 300ml air. Setelah mendidih saring air rebusan daun sirih merah dengan saringan. Air yang sudah disaring digunakan untuk membasuh daerah kewanitaan. Lakukan secara teratur setiap harinya.

Itulah beberapa manfaat daun sirih merah untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga yang susah untuk disembuhkan. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan konkawan mengenai daun sirih merah.***(CM-S01/M. Yafei)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *