Manfaat Asuransi Mobil untuk Pengendara dan Biayanya

Asuransi menjadi salah satu instrumen yang banyak diminati banyak orang di Indonesia. Hingga saat ini, ada banyak jenis asuransi yang bisa kita temukan.

Mulai dari asuransi kesehatan, pendidikan hingga asuransi mobil. Asuransi kendaraan kini menjadi pilihan yang tepat dalam melindungi kendaraan kesayangan Anda.

Pada umumnya, banyak keuntungan ketika menggunakan asuransi mobil.

Manfaat Asuransi Mobil

Manfaat Asuransi Mobil untuk Pengendara dan Biayanya

Sebelum memutuskan menggunakan asuransi untuk mobil pribadi, ada baiknya mengetahui manfaat yang akan diterima ketika memiliki asuransi mobil.

1. Perlindungan Mobil dari Risiko Kecelakaan

Asuransi Mobil memberikan perlindungan dari risiko kecelakaan. Tidak hanya itu, sebagian besar asuransi mobil memiliki fitur dan layanan yang sangat membantu ketika mobil Anda mengalami masalah, salah satunya layanan derek mobil secara gratis.

2. Menutup Biaya Perbaikan Mobil

Kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan lalu lintas atau hal lainnya akan menghabiskan uang banyak untuk memperbaiki mobil kesayangan. Asuransi mobil dapat menutup biaya perbaikan mobil jika terjadi kerusakan. Tentu ini sangat membantu para pengguna asuransi mobil dari kerugian materil.

3. Memberikan Perlindungan Kehilangan Akibat Pencurian

Tidak hanya memberikan perlindungan dari kerusakan dan kecelakaan. Asuransi mobil juga memberikan perlindungan lebih jika terjadi kehilangan akibat pencurian.

4. Memberikan Rasa Aman dan Tenang

Setelah mengetahui manfaat dan kegunaan asuransi mobil diatas, tentunya sebagai pengguna asuransi mobil pribadi akan merasakan kenyamanan, keamanan dan rasa tenang dalam berkendara.

Tips Mendapatkan Asuransi Mobil yang Berkualitas

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendapatkan asuransi mobil yang berkualitas dan terpercaya. Berikut adalah tips mendapatkan asuransi mobil yang profesional dan berkualitas.

1. Perusahaan Asuransi Memiliki Record yang Baik

Memilih perusahaan yang memiliki rekam jejak yang baik merupakan hal yang mutlak. Asuransi yang kredibel memberikan pelayanan terbaik dan minim dengan masalah/komplain dari para penggunanya.

Anda dapat mencari tau informasi ini melalui forum diskusi online, Youtube dan laman situs lifepal.co.id/asuransi/mobil-jakarta/.

2. Perusahaan Asuransi Memiliki Network dan Bengkel Rekanan yang Luas

Tidak semua bengkel menerima claim asuransi. Oleh sebab itu, cari perusahaan yang memiliki jaringan dan bengkel rekanan yang luas. Jika Anda memiliki masalah dengan mobil pribadi bisa langsung ditangani oleh rekanan perusahaan tersebut.

3. Memiliki Fitur dan Pelayanan Prima

Asuransi mobil yang memiliki segudang fitur merupakan nilai lebih yang harus diperhatikan. Fitur yang terdapat di dalam asuransi akan sangat berguna jika didukung dengan pelayanan yang sangat prima.

Sebagai contoh jika Anda mengalami kerusakan mobil di jalan, pihak asuransi dapat membantu dengan mengirimkan mobil deret ke lokasi.

4. Gunakan Jenis Asuransi All Risk

Penentuan jenis asuransi adalah hal yang penting. Untuk perlindungan maksimal, Anda dapat memilih jenis asuransi mobil all risk yang berguna untuk proteksi dari segala macam kerusakan.

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil

Tertarik untuk memiliki premi asuransi untuk mobil pribadi. Berikut ini merupakan cara menghitung biaya premi asuransi mobil pribadi yang harus dibayarkan.

Presentasi premi x On the Road (OTR) mobil = premi asuransi mobil

Jika masih bingung, kami akan berikan contohnya.

Contoh :

Andi membeli mobil Honda HRV tahun 2022 seharga 400.000. Mobil ini menggunakan plat nomor dan STNK wilayah Jakarta sekitarnya. Andi berniat untuk membeli asuransi mobil dengan jenis all risk. Berikut cara menghitungnya.

2,47% x 400.000.000 = Rp. 9.880.000

Dari perhitungan diatas, Andi harus membayar premi asuransi mobilnya sebesar Rp 9.880.000 setiap tahunnya

Demikianlah informasi mengenai premi asuransi mobil. Mulai dari faktor yang mempengaruhi besaran premi sampai cara menghitung premi asuransi mobil. Semoga bermanfaat ya~

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like