Rekomendasi Makanan Khas Medan yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Medan

Makanan di Indonesia sangatlah beragam dan memiliki ciri khas rasa yang berbeda-beda. Salah satu contoh makanan di Indonesia yang memiliki cita rasa yang spesial adalah makanan khas Medan.

Makanan ini menjadi makanan yang paling digemari dan dicari penikmat kuliner.

Makanan khas Medan memiliki banyak varian. Ada yang manis, gurih, asam, dan asin. Selain itu, makanan khas daerah ini memiliki variasi hidangan dari cemilan hingga ke hidangan utama yang bisa kamu nikmati. Ibu kota dari Sumatera Utara ini memiliki ciri khas makanan yang sangat berbeda dari kota lainnya.

Makanan khas Medan biasanya cenderung memiliki jenis makanan yang yang berkuah. Selain berkuah, biasanya juga menggunakan santan dalam proses pemasakannya. Itu alasannya mengapa makanan Medan biasanya memiliki tekstur kuah yang kental.

Ada juga beberapa makanan khas lainnya yang memiliki rasa pedas. Rasa pedas ini juga menjadi salah satu ciri khas dari beberapa makanan di Indonesia. Selain itu, seringkali juga menggunakan mie sebagai karbohidrat. Dengan rasa yang unik ini, tentunya makanan-makanan Medan terbuat dari berbagai jenis bumbu rempah yang bervarian.

Makanan Khas Medan yang Wajib Kamu Coba

Daripada kita membahas ciri khas dari makanan asal Medan ini, ada beberapa rekomendasi nih, buat kamu yang mau coba makanan asal ibukota Sumatera Utara ini!

Kolak Durian

Makanan khas Medan memang seringkali tidak pernah bisa lepas dari durian. Salah satu contohnya adalah kolak durian. Kolak durian ini adalah salah satu makanan khas Medan yang terbuat dari buah durian di Medan.

Perpaduan buah durian dengan ketan putih, pisang dan sedikit gula aren membuat Kolak Durian begitu nikmat.

Aroma khas buah durian dan es batu membuat makanan penutup khas Medan ini sangat menyegarkan. Ketika kamu menyantap kolak durian, buah durian akan lumer di mulut saat kamu makan. Kolak durian ini harus banget kamu coba setelah mencoba hidangan khas Medan lainnya!

Laksa Medan

Laksa Medan adalah makanan khas Medan yang berisi mie berkuah dengan beberapa sajian pemanisnya. Berbeda dengan laksa di seluruh Indonesia, kuah dari laksa Medan ini memiliki khas bau rempah – rempah yang gurih. Selain itu, kuahnya lebih tebal dan kental dibandingkan dengan laksa dari daerah lain.

Laksa Medan biasanya dihidangkan dengan kuah asam dan menggunakan ikan sebagai penambah utamanya. Yang membuat rasa dari laksa Medan ini makin menggugah selera adalah daun mint yang memberikan lidah rasa segar bercampur dengan asamnya kuah.

Mie Gomak

mie Gomak ini adalah makanan khas Medan dengan mie goreng atau berkuah seperti pada umumnya. Mie yang digunakan pada mie gomak ini menggunakan mie dengan tekstur kenyal dan panjang. Mie gomak biasanya disajikan dengan sambal kacang atau dengan saus lontong Medan. Nama lain dari mie gomak ini adalah spaghetti batak.

Yang membuat mie gomak ini sangat unik adalah campuran yang ada pada makanannya. Cara segar yang tepat untuk menikmati mie gomak adalah mencampurnya dengan jeruk andaliman. Jeruk andaliman ini akan menambah cita rasa segar dan sedikit asam pada mie gomak.

Bika Ambon

Mungkin sebagian dari kamu akan mengira bahwa bika ambon berasal dari kota Ambon. Tentunya kamu salah. Bika ambon ini adalah makanan khas asli dari Medan. Cemilan manis berwarna kuning cerah dan beraroma jeruk ini sering sekali diminati turis-turis. Nama ambon dalam bika ambon ini berasal dari tempat pertama kue ini dijual yaitu Jalan Ambon.

Bentuk dari bika ambon ini adalah kue yang terbuat dari bahan baku tapioka atau sagu. Sehingga yang menjadi ciri khas dari bentuk kue bika ambon ini adalah rongga – rongga yang ada pada tekstur tengahnya.

Bihun Bebek

Hidangan khas Medan yang satu ini disajikan dalam bentuk sup dengan bihun yang berisi daging bebek rebus. Rasa dari kuah bihun bebek ini kuat akan bumbunya. Daging bebek yang ada pada bihun bebek ini sangat menggugah selera.

Sebelumnya, kamu harus tahu nih bahwa bihun bebek ini memiliki ukuran porsi yang besar. Jadi sangat terjamin kamu akan kenyang ketika makan satu porsi.

Lontong Medan

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan makanan lontong di Indonesia. Tetapi lontong yang satu ini berbeda dengan lontong di daerah lainnya. Lontong Medan ini menggunakan udang dan tauco dalam porsinya. Kedua bahan itu membuat lontong Medan begitu gurih dan nikmat.

Lontong Medan juga menggunakan telur balado, daging rendang, kering tempe, dan teri kacang. Satu porsi lontong Medan ini kami jamin banget bisa bikin kamu kenyang karena lauknya yang banyak.

Sudah Tahu Apa Saja Makanan Khas Medan?

Nah, banyak juga ya rekomendasi makanan khas Medan yang bisa kamu coba.

Sebelum kamu menyesal, kamu harus cepat-cepat coba nih rekomendasi daftar makanan yang dijamin lezat tersebut. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Cerita Medan

CERITAMEDAN.COM - Portal Berita Lifestyle Komunitas Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *