Berbagai Macam Olahan Kuliner dari Durian Medan

  • Whatsapp

Durian Medan ternyata merupakan sebuah buah durian yang berbeda daripada durian yang lain. Bagaimana tidak? Buah dengan kulit yang sangat tajam ini ternyata menjadi primadona kota Medan.

Sementara itu, di kota ini bisa kita jumpai banyak penjual durian yang berjualan atau mejeng di pinggir jalan.

Salah satunya adalah Durian Ucok yang merupakan gerai paling ramai sendiri di kota tersebut.

Selain itu banyak berbagai macam jenis makanan maupun minuman yang terbuat dari bahan dasar durian. Misalnya seperti durian kupas, pancake durian, sampai dengan es durian. Kamu bisa menemui olahan kuliner ini di kota Medan.

Berbagai Macam Olahan Kuliner dari Durian Medan

Daging Durian Medan, Ciri Khas Serta Kuliner Favorit

Medan sendiri terletak di pulau Sumatera Utara dan terkenal dengan penghasil buah durian terbaik. Selain hanya buahnya saja, ternyata daging durian juga bisa menjadi solusi kamu untuk memperoleh durian dengan cita rasa tinggi.

Membahas mengenai buah yang satu ini, pasti akan membuat kamu merasa bersemangat dan ingin mencobanya. Siapa sangka, ternyata sebelum kita mengkonsumsi saja saat melihat durian terkadang baunya sudah sangat tajam.

Karena aroma pada buah yang satu ini berbeda dengan jenis buah-buahan lain seperti pada umumnya. Hal ini karena aroma yang begitu khas pada durian sangat tajam dan menggugah selera kita.

Nah, durian yang sangat terkenal dengan sebutan raja dari segala buah ini memang banyak memiliki keistimewaan. Apalagi bagi masyarakat Sumatera, membuat durian ini sangat mudah untuk ditemukan.

Jadi tak heran jika banyak wisatawan yang sering berkunjung ke Medan hanya untuk menikmati durian. Lalu apa bedanya dengan durian biasa sih?

Rasanya Lebih Nikmat

Durian Medan memang memiliki rasa yang sangat enak, karena selain memiliki karakter sedikit pahit, namun lebih dominan dengan rasa manis. Sementara itu perbedaannya dengan durian bangkok atau montong hanya terletak pada dagingnya saja.

Namun jika berbicara mengenai rasa, maka durian dari Medan inilah yang tidak bisa terkalahkan. Jika kamu penasaran dengan rasa durian yang satu ini bisa saja kok langsung membelinya.

Lebih menariknya lagi, meski durian ini berasal dari Medan, bukan berarti kamu harus mendapatkannya di kota itu. Sebab, saat ini juga sudah ada di beberapa wilayah yang kondisi alamnya bisa ditumbuhi durian dengan baik.

Misalnya saja seperti di kota Pematang Siantar , Sidikalang, Sibolga, Nias dan masih banyak lagi lainnya. Nah selain hanya di Medan, kamu bisa langsung saja datang ke kota-kota yang lain ini.

Pancake Durian Medan

Kota Medan merupakan salah satu ibu kota Sumatera Utara, atau kota terbesar ketiga di negara Indonesia dan banyak menghasilkan buah. Salah satu yang terkenal adalah Durian Medan yang memiliki rasa berbeda daripada durian yang lain sebab memiliki ukuran sangat besar.

Karena kota ini memiliki banyak durian, jadi tak heran jika banyak penjual yang berinovasi atau mengolah buah ini menjadi kuliner lezat. Misalnya saja salah satu kuliner berupa pancake yang berisi dengan daging durian.

Sebenarnya pancake durian Medan ini merupakan kuliner yang cara pembuatannya sangat sederhana karena terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan susu. Sementara untuk isian dalamnya adalah berupa krim dan juga dari daging durian itu sendiri.

Pancake durian ini memiliki cita rasa yang begitu lezat karena kulit luarnya sangat empuk dengan rasa krim yang manis di dalam. Jika kamu sekali gigit pancake ini, maka durian dan krimnya akan langsung lumer di mulut.

Kolak Durian

Selain hanya dibuat pancake durian, ternyata Durian Medan juga sering dijadikan sebagai Es Kolak Durian. Es durian ini tidak hanya bisa kamu nikmati ketika puasa saja, sebab ini sudah menjadi kuliner sehari-hari dan paling favorit.

Bagaimana tidak, rasa yang begitu segar, manis dengan campuran es membuat rasanya lebih lezat dan nikmat. Makanan ini pada dasarnya menggunakan bahan dari durian dan campuran kolak yang cocok kamu nikmati saat cuaca sedang panas.

Bahkan cara pembuatannya juga sangat mudah dan praktis, karena terbuat dari bahan dasar berupa ketan putih yang kemudian dikukus. Agar lebih bervariasi, maka isinya berupa jagung manis rebus, pisang dan daging durian itu sendiri.

Tak lupa saran penyajian terakhir nya adalah dengan diguyur menggunakan kuah dari campuran gula aren dan santan. Aroma dari buah durian bercampur dengan manisnya gula membuat kolak sangat segar dan manis.

Memiliki Sejuta Manfaat

Ternyata selain menjadi berbagai macam kuliner, ternyata Durian Medan juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seseorang. Siapa sangka, ternyata durian mampu melancarkan sistem pencernaan karena kaya akan serat yang tinggi.

Pasalnya dari kandungan inilah yang mampu mengatasi rasa sembelit dan melancarkan BAB secara teratur. Selain itu, juga bisa mengatasi masalah pencernaan yang lain, misalnya seperti diare, perut kembung dan juga penyumbatan usus.

Serat yang begitu tinggi pada buah durian ini pada dasarnya terdiri atas serat yang tidak larut. Artinya mampu menurunkan frekuensi terjadinya diare.

Tidak hanya itu saja, khusus untuk kamu yang susah tidur di malam hari, sebaiknya mulai sekarang konsumsilah buah durian. Karena ternyata durian bisa mengatasi insomnia lho!

Hal ini karena terdapat Durian Medan memiliki asam amino triptofan yang sangat tinggi dan bisa menimbulkan perasaan euforia serta meningkatkan juga kadar serotonin di dalam otak. Sehingga pikiran kamu akan langsung tenang dan mudah untuk memejamkan mata.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *