Cerita Lonsum Tempo Doeloe

  • Whatsapp

Cerita Lonsum Tempo Doeloe merupakan tema dari kegiatan Medan Heritage Tour yang ketiga dan dilaksanakan di Gedung Lonsum, Jl. Kesawan, Medan, Sumatera Utara.

Setelah berhasil di kegiatan sebelumnya yaitu Launching Medan Heritage dan Pasar Seni & Kuliner, kini Medan Heritage Tour mempersembahkan kegiatan ketiga yang berjudul Kelas Heritage. 

Read More

Cerita Lonsum Tempo Doeloe

Nurul selaku panitia acara mengakui di kegiatan Medan Heritage yang ketiga ini bertema Cerita Lonsum Tempo Doeloe, dikarenakan kali ini Medan Heritage menggelar kegiatannya di Gedung Lonsum.

Dikatakannya, Kelas Heritage adalah salah satu kegiatan regular yang diusung oleh Medan Heritage Tour, yang mana bertujuan untuk mengedukasi para anak muda, khususnya Kota Medan, agar memiliki wawasan tentang sejarah Kota Medan. Dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat menimbulkan rasa kepedulian anak muda ataupun masyarakat luas untuk memelihara dan memberdayakan warisan budaya kota, salah satunya bangunan tua. 

Adapun bentuk kegiatan berupa kelas diskusi yang akan menghadirkan 2 (dua) orang pembicara, diantaranya Asmyta Surbakti (Dosen Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara) dan Erond L. Damanki (Dosen Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan).

“Banyak pertanyaan, Kenapa sih Lonsum justru adanya di Kota Medan pertama kalinya? Dan juga sulitnya masyarakat umum mengakses gedung ini untuk menjadi pilihan wisata kota? Makanya kami mengemas acara ini untuk mengedukasi para siswanya nanti. Selain itu juga sebagai mediator bagi orang umum untuk bisa Tour Lonsum nantinya,” tutur Nurul. 

Berangkat dari hal tersebut, maka Kelas Heritage nantinya akan mengulas tentang sejarah PT London Sumatera (Lonsum), baik mulai dari sejarah perkebunan, budaya arsitektur hingga perusahaannya.

Kelas Heritage akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal : Sabtu, 08 Maret 2014

Pukul :15.00 WIB (*Hasil Revisi)

Tempat : Rooftop, PT London Sumatera (Lonsum) 

Seperti di kegiatan sebelumnya, Medan Heritage Tour tidak pernah terlepas dari kegiatan seni. Pada kegiatan ketiga ini mereka juga akan menampilkan beberapa talent lokal Medan, dan pastinya para anak muda Medan yang kreatif. 

Cerita Lonsum Tempo Doeloe



Berikut konten acara Cerita Lonsum Tempo Doeloe :

  • Talkshow
  • Wisata Lonsum
  • Puisi Wayang
  • Live Acoustic
  • Violin Performance by Komunitas Biola & Seniman Medan
  • Mini Pameran Foto oleh Andi Gultom
  • Photo Corner
  • Souvenir Corner
  • Clossing Ceremony

“Kalau pada kegiatan sebelumnya kami selalu membebaskan kuota untuk para peserta. Kali ini karena tempatnya di Lonsum dan hanya bisa menampung 70 orang, maka kami menerapkan syarat dan ketentuan bagi para peserta,” kata Nurul. 

Syarat dan ketentuannya, yaitu :

  1. Follow akun @MedanHeritage
  2. Beri alasan kamu ingin berperan serta dalam kegiatan ini, dengan cara mention ke akun @medanlicious @punya_medan @WanitaMedan @KakakMedan @ButetGalak @jalannyasar @siitulang @ceritabinjai dan sertakan hastag #KelasHeritage setelah alasan kamu.
  3. Penutupan diterimanya mention sampai tanggal 5 Maret 2014 dan siapa saja yang difavoritkan oleh kedelapan akun di atas, berarti kamu berhak masuk pada tahap penyeleksian pihak Medan Heritage Tour.
  4. Para pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Maret 2014. Dapat dilihat informasinya di favorit @MedanHeritage

Yuk! Kenali Sejarah Kota Medan dengan menjadi siswa/i di Kelas Heritage. Cerita Lonsum Tempo Doeloe! Ambil segera kesempatannya ya Sahabat…

Berwisata Heritage Bersama Sahabat Komunitas Medan, Save Our #MedanHeritage

Contact :

Phone : 085760975671 (Irvan) / 085358881011 (Nurul)

Twitter : @MedanHeritage

IG : MedanHeritage

Email : [email protected]

Sekian! Cerita Lonsum Tempo Doeloe

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *