Cara Buat Website Lebih Cepat Dan Loding Tidak Lambat

Cara Buat Website Lebih Cepat Dan Loding Tidak Lambat

Cara buat website lebih cepat sangat perlu dilakukan untuk blog Anda. Karena jika tingkat loading yang dimiliki terlalu lambat, maka akan mengakibatkan dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah trafik website berkurang.

Tak hanya itu saja, ada dampak lain juga akan dialami, yakni pendapatan akan menurun. Lebih parahnya lagi adalah peringatan SEO website akan menurun. Jadi pengguna pun harus lebih berusaha agar website lebih cepat.

Mungkin beberapa orang masih belum tahu bagaimana cara membuat website yang dimiliki ini lebih cepat. Karena itu, dalam artikel kali ini pun akan disebutkan mengenai beberapa cara yang sekiranya dapat dilakukan. Berikut ulasannya:

Batasi Plugin Yang Tidak Perlu

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah dengan mengurangi atau membatasi plugin yang tidak perlu. Jadi untuk mengupayakan hal ini maka bisa coba untuk mengurangi plugin yang ada. Yakni dengan menghapus plugin yang memang sekira tidak begitu diperlukan.

Jadi jangan hanya karena plugin tersebut gratis hingga banyak mendownloadnya. Namun jika memang ingin mengunduh plugin maka cari yang memang benar-benar diperlukan. Atau cari plugin yang memang memberi efek yang baik untuk website.

Kemudian dalam memilih plugin, maka pilihlah yang tidak banyak mengakses script, tidak memiliki banyak request. Juga pilihlah plugin yang tidak menambahkan berupa ekstra query di dalam database. Sehingga loading lama dapat teratasi.

Optimasi Besaran Gambar

Lalu untuk cara mempercepat loading website berikutnya adalah dengan mengoptimasi besaran gambar. Jadi semakin besar gambar yang diupload, maka loading akan semakin lambat. Karena itu, usahakan gunakan foto dengan ukuran di bawah 1 MB.

Karena jika foto yang diupload lebih dari 1 MB maka dapat dipastikan bahwa nanti website akan mengalami loading lama. Tapi apabila sudah terlanjur upload foto sebesar itu di server hosting maka jangan khawatir. Pengguna dapat mengompresnya.

Jadi saat ini sudah ada banyak website yang tersedia untuk melakukan kompres seperti ini. Sehingga memungkinkan bagi siapa saja untuk mengconvert atau kompres foto berukuran besar menjadi lebih kecil. Sehingga loading website tetap aman.

Perkecil Ukuran Pixel Pada Gambar

Lalu pada cara ketiga adalah dengan memperkecil ukuran Pixel pada gambar. Jadi bukan hanya besaran KB atau MB saja yang perlu diperhatikan. Namun juga mengenai Pixel gambar karena sama berpengaruhnya.

Untuk mengecilkan ukuran Pixel, maka bisa lakukan crop atau semacamnya menggunakan aplikasi editing. Jika dirasa sudah benar, maka bisa coba mengeceknya apakah ukuran tersebut sudah kecil. Jika sudah, maka tinggal gunakan foto pada websitenya.

Pakai Plugin Caching

Jadi proses caching sendiri merupakan metode untuk menyimpan data sementara dari suatu website. Proses ini bertujuan agar saat kembali mengakses website itu lagi, maka loadingnya akan lebih cepat. Sehingga akan sangat membantu.

Sebab seperti yang diketahui, bahwa saat pertama mengakses website maka loadingnya pun akan lama. Namun saat sudah tersimpan di caching, maka ketika akan mengakses kedua kalinya akan lebih mudah. Jadi tak ada salahnya menggunakan plugin caching.

Pilih Hosting Yang Tepat

Lalu Cara buat website lebih cepat yang kelima pilihlah hosting yang sesuai. Karena dengan memilih hosting yang tepat, maka website yang dimiliki pun akan lebih cepat. Jadi semakin bagus hosting yang digunakan akan semakin lancar.

Karena tidak ada website yang memiliki loading yang cepat jika tanpa campur tangan dari hosting yang digunakan. Jadi dalam memilih hosting, maka usahakan untuk memilih layanan cloud hosting yang memiliki kecepatan tinggi. Juga dilengkapi dengan berbagai fitur.

Untuk memilih hosting yang tepat pun pengguna dapat melakukan riset terlebih dahulu karena untuk saat ini pun sudah ada banyak sekali hosting yang dapat digunakan. Jadi bisa lebih selektif dalam memilih hosting yang sekiranya memiliki standar kecepatan tinggi.

Untuk referensinya bisa dengan hosting murah cepat DomaiNesia.

Dan untuk Email hosting Indonesia profesional dan terpercaya, bisa gunakan email hosting DomaiNesia aja.

Optimasi Tema Website

Masih ada lagi cara yang dapat dilakukan agar website lebih cepat adalah dengan mengoptimasi tema. Sebab banyak pemilik website yang memilih tema yang menarik untuk digunakan. Hingga tanpa sadar memilih tema hanya dari segi visual saja.

Padahal pada kenyataannya, tema yang digunakan ini pun juga berpengaruh pada kecepatan website. Penggunaan tema yang tepat ini pun dapat berpengaruh pada kecepatan loading yang dimiliki. Namun berbeda saat tema yang dipilih terlalu banyak fitur.

Meski tidak menggunakan fitur pada tema ini namun hal tersebut akan tetap memperlambat loading website. Pengguna tema yang memiliki banyak fitur menggunakan mempermudah dalam mengatur layout. Tapi akan membuat server dan Browser bekerja lebih keras.

Apalagi jika tema yang digunakan berukuran besar. Hal ini pun juga akan menambah waktu loading pada website. Jadi mengoptimasi tema ini menjadi pilihan tepat yang bisa dicoba.

Rutin Melakukan Maintenance Pada Website

Ketujuh ada cara mempercepat loading website yakni dengan rutin melakukan maintenance. Karena maintenance ini nanti akan membantu mempercepat loading. Sehingga harus rutin dilakukan.

Dengan melakukan maintenance, maka pemilik website pun pada akhirnya mampu menjaga performa yang dimiliki. Jadi ada beberapa yang harus diperhatikan dalam melakukan maintenance ini. Seperti yang akan diuraikan ini.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melakukan maintenance adalah dengan menjaga wordpress dan juga plugin agar selalu update. Kemudian komentar spam juga sebaiknya dihapus. Lalu pada revisi lama juga dihapus.

Jumlah Revisi Postingan Yang Tersimpan Harus Dikontrol

Lalu pada acara yang kedelapan agar website lebih cepat adalah dengan mengontrol jumlah revisi terhadap postingan yang tersimpan. Karena nantinya wordpress akan menyimpan semua revisi postingan yang dilakukan. Bahkan semua akan secara otomatis tersimpan.

Jadi ketika postingan sudah berhasil dipublikasikan, maka tentu sudah tidak akan membutuhkan file revisi ini. Maka dari itu, bisa coba untuk menghapus revisian tersebut. Karena hanya akan membuat penyimpanan plugin penuh.

Jadi nanti dapat mengontrol jumlah revisi ini agar nanti website tidak akan terlalu banyak menyimpan revisi. Pun ada plugin yang bisa secara otomatis untuk mengontrol revisi ini. Jadi loading website pun akan lebih cepat.

Perbarui Versi CMS

Lalu cara terakhir yang dapat dilakukan agar website lebih cepat adalah dengan melakukan pembaruan versi CMS. Karena dengan menggunakan CMS versi terbaru maka dapat berpengaruh pada kecepatan loading. Sehingga menjadi lebih cepat.

Apalagi jika saat ini CMS yang digunakan masih berupa classic editor, maka bisa mencoba upgrade menggunakan versi yang lebih tinggi. Seperti menggunakan versi gutenberg. Nantinya akan sangat berpengaruh pada kecepatan loading.

Itu tadi adalah ulasan sekilas mengenai cara buat website lebih cepat untuk dipelajari. Di atas tadi sudah disebutkan beberapa cara yang bisa coba untuk dilakukan. Pengguna pun hanya tinggal menyesuaikan dengan yang terjadi.

Seperti jika memang ukuran gambar terlalu besar, maka bisa convert terlebih dahulu. Karena sudah dikatakan bahwa ada dampak buruk yang diterima saat loading terlalu lama. Jadi harus segera diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tips Mengajukan Pinjaman Online

CERITAMEDAN.COM – Saat ini dunia bergerak dengan cepat. Semua serba cepat. Begitupun dengan akses pinjam-meminjam. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah keuangan atau tiba-tiba ada masalah yang mengharuskan Anda untuk…

Hindari Hal Ini Agar CV Kamu Diterima

Cukup banyak orang yang masih melakukan kesalahan dalam penulisan CV dalam lamaran pekerjaannya. Padahal, rata – rata divisi HRD di perusahaan ingin melihat terlebih dahulu CV para pelamar sebelum melihat…