Apa Itu Domain

Apa Itu Domain dan Bagaimana Cara Kerja Domain

Apa itu domain? Banyak orang mungkin pernah mendengar istilah ini, namun tidak mengetahui artinya. Pemula seringkali bingung dengan istilah ini, terlebih namanya sering didengar melalui internet. Agar dapat memahami tentang domain dengan lebih mudah, mari simak ulasannya di sini:

Pengertian Domain

Domain adalah alamat yang akan mengantarkan Anda ke website yang dituju. Sebenarnya, domain merupakan pengganti dari penggunaan alamat IP yang berupa kombinasi angka.

Domain merupakan sebuah nama yang menjadi alamat yang mengarahkan orang ke suatu website. Adanya domain ini dimaksutkan untuk menggantikan IP yang sebenarnya itu adalah alamat sesungguhnya.

Dengan menggunakan nama, alamat website akan lebih mudah dikenali dan mudah diingat oleh pengguna. Domain bisa dibeli di berbagai layanan penyedia domain atau reseller domain.

Nama domain terdiri dari dua bagian, yaitu nama domain itu sendiri dan ekstensinya. Sebagai contoh nama domain adalah youtube.com. Youtube adalah namanya dan .com adalah ekstensinya.

Fungsi Domain

Dalam dunia internet, domain memiliki peran yang besar. Salah satunya meningkatkan kemungkinan sebuah situs untuk dilihat oleh pengunjung. Melihat pentingnya faktor ini, sekarang masyarakat juga dapat membeli domain untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Semua website sebenarnya sudah diwakili dengan serangkaian angka, yang disebut alamat IP. Nantinya angka ini digunakan komputer saat pengambilan data dari server agar dapat bekerja. Tentunya sangat rumit jika harus mengingat semua angka tersebut ketika hendak mengakses situs.

Dengan domain, tidak perlu mengingat angka yang bisa berubah-ubah tersebut. Berikut ini cara kerja sebuah domain:

  • Saat user mengakses sebuah domain dari browser, server menjangkau jaraingna global yang kemudian membentuk sebuah DNS. Ini disebut juga sistem nama domain.
  • DNS kemudian mencari alamat IP yang terhubung ke nama domain itu.
  • Selanjutnya DNS yang sudah mendapatkan informasi alamat IP memebrikan hasilnya menuju browser.
  • Browser meminta data seputar website melalui server hosting milik domain. Selanjutnya hosting mengirim kembali datanya. Web browser kemudian mengubah data tersebut menjadi sebuah halaman website.

Jenis-Jenis Domain

Sebelumnya telah dijelaskan tentang apa itu domain serta bagaimana cara kerjanya. Perlu diketahui bahwa domain ini juga memiliki banyak jenis, meski .com adalah yang terpopuler. Secara umum, ada tiga jenis domain yakni top level, second level, kemudian third level.

1. TLD – Top Level Domain

Domain TLD berfungsi untuk menandakan jenis website, asal negara, dan lain-lain. Ekstensi ini letaknya berada di akhir sebuah domain. Jenis TLD yang paling populer antara lain .id, .com, serta .gov.

Pengguna website bisa memilih ekstensi sesuai dengan identitas website, tidak hanya untuk branding melainkan juga mengoptimalkan SEO.

Contohnya, beli domain .id untuk website toko online yang fokus jualan di dalam negeri agar lebih mudah dikenali bahwa toko ini berasal dari Indonesia.

2. SLD – Second Level Domain

Domain jenis SLD merupakan nama yang unik dan didaftarkan saat membeli domain. SLD ini bisa juga merupakan nama website. Posisi SLD ada di depan TLD, dimana pengguna bebas menentukan nama SLD-nya. Hal yang penting adalah kombinasi SLD dengan TLD tersebut belum pernah terdaftar sebelumnya.

3. Third Level Domain (Subdomain)

Jenis yang ketiga ini disebut juga dengan subdomain, letaknya ada di bagian terdepan dari URL secara keseluruhan. Contoh subdomain ini adalah blog.youtube.com. Blog adalah third level domain atau yang sering disebut subdomain.

Subdomain dapat berfungsi menjadi halaman baru hingga turunan sebuah website. Cocok untuk mengarahkan pengguna menuju halaman dengan topik terpisah.

Penutup

Domain saat ini sudah menjadi kebutuhan penting dalam dunia digital. Banyak orang butuh dan banyak juga bermunculan para penjual domain.

Saat ini banyak yang menjual domain untuk berbagai kebutuhan. Domain juga bisa dijadikan bisnis yaitu dengan menjadi reseller domain. Apalagi sekarang banyak yang menawarkan program reseller domain murah tanpa deposit, jadi semua bisa ikut berbisnis.

Demikian pembahasan mengenai apa itu domain, cara kerja hingga jenis-jenisnya. Keberadaan domain sangat penting dalam dunia website. Setiap harinya saja masyarakat mengakses berbagai situs yang semuanya memiliki domain masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

Tips Mengajukan Pinjaman Online

CERITAMEDAN.COM – Saat ini dunia bergerak dengan cepat. Semua serba cepat. Begitupun dengan akses pinjam-meminjam. Bagi Anda yang sedang mengalami masalah keuangan atau tiba-tiba ada masalah yang mengharuskan Anda untuk…