Agar Tetap Kuat Puasa Meski Tidak Sahur

  • Whatsapp
Agar Puasa Tetap Kuat Meski Tidak Sahur
Agar Puasa Tetap Kuat Meski Tidak Sahur

 

Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan ketika bangun sahur, bisa itu disaat waktu makan hampir habis bahkan melewatkannya sambil terlelap sehingga tak ada satupun makanan maupun air yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini mungkin saja akan mempengaruhi performa kamu ketika menjalankan ibadah puasa, karena makan sahur yang harusnya menjadi sumber tenaga tidak dimiliki oleh tubuh. Namun, apapun ceritanya ibadah tetaplah harus dijalankan sebagai sebuah kewajiban.

Read More

Jangan jadikan tidak sahur menjadi alasan tidak berpuasa, tetaplah beraktifitas seperti biasa sama seperti layaknya orang yang berpuasa lainnya. Berikut beberapa hakl yang bisa lebih menguatkan puasamu.

 

Kuatkan niat

Apapun yang akan kita lakukan berhasil atau tidaknya dapat diukur dari niatnya. Niat yang kuat akan memberikan dorongan kepada diri agar lebih bersemangat meraih tujuan, dimana pada kasus ini tujuannya adalah untuk mampu menunaikan ibadah puasa. Tanamkan dalam pikiran jika berpuasa merupakan prioritas sehingga segala pemikiran buruk lain mampu diatasi dan dibuang jauh.

 

Jaga stamina

Mungkin disaat tidak sahur perlu untuk sedikit menguragi kegiatan, bukan berarti bermalas-malasan melainkan menggantinya dengan aktivitas yang tak terlalu banyak menggunakan energi. Terlalu banyak bersantai juga dapat menyebabkan pikiran membayangkan yang aneh-aneh apalagi dengan kondisi perut kosong, maka dari itu sebisa mungkin cari kegiatan ringan untuk menghabiskan waktu. Tak perlu cemas selama tidak melakukan kegiatan yang berlebihan, karena sejatinya berpuasa mampu menyehatkan badan, hati dan juga pikiran. Lakukanlah hal-hal yang positif dan mengandung amalan-amalan baik sebagai umat beragama agar puasa yang diperjuangkan dengan susah payah kali ini mendapat ridho dari-Nya.

 

Ibadah

Jika tubuh seakan tak mampu lagi menahan lapar dan haus, bahkan untuk tidurpun sudah tidak bisa lagi maka jalan satu-satunya adalah dengan beribadah. Mendekatkan diri kepada tuhan akan membuat iman meningkat sehingga godaan seperti apapun tak akan mampu menghalangi kelancaran puasa. Lakukanlah shalat lima waktu serta sering beristighfar agar puasa lebih diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa. Beribadah memang sudah sepatutnya dikerjakan terlebih saat Bulan Ramadan dimana pahala yang didapat saat beramal akan dilipat gandakan jumlahnya. Sebuah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan bagi kalian yang merindukan pintu surga.

 

Menahan diri

Menahan segala rasa lapar, haus, nafsu duniawi serta amarah merupakan bagaian dari menjalankan puasa. Usahakan semua tampak baik-baik saja, jangan terlalu banyak mengeluh karena itu akanmembatalakn puasa. Jadilah orang yang tabah dan ikhlas menghadapi segala macam cobaan, apalagai di Bulan Ramadan begitu banyak godaan namun semua itu bakal menjadi pahala ketika mampu dilewati dengan baik. Tunjukkan bahwa kamu selalu dalam kondisi terbaik, tak hanya di depan orang lain tapi juga menjadikan diri termotivasi untuk tetap kuat. Caranya ada banyak seperti, tersenyum, bersedekah, berolah raga, membaca al-quran, berkomunikasi dengan tenang dll.

Itu lah beberapa hal yang diperlukan ketika melewatkan makan sahur. Walaupun kondisi fisik Anda mampu untuk berpuasa dengan kondisi tidak sahur tentu saja hal tersebut tidak diperbolehkan jika dengan kesengajaan. Sahur adalah kewajiban yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad S.A.W ketika mengajari umatnya untuk berpuasa.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *