Ini Kekuatan Tombol Ctrl+C, Ctrl+X dan Ctrl+V

  • Whatsapp

Kekuatan Keyboard Ctrl C, Ctrl V, dan Ctrl X

Microsoft Word merupakan sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang biasa digunakan untuk membuat suatu dokumen tertulis seperti laporan, surat, data, tabel maupun jurnal dan tugas-tugas tertentu. Seiring perkembangan teknologi, Microsoft Word kini bahkan digunakan dan difungsikan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Read More

Fitur yang terdapat di dalamnya memudahkan kita dalam membuat sesuatu begitu pun mendukung dalam hal menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Namun, tak jarang fitur, toolbar maupun tombol fungsi yang terdapat di dalamnya disalahgunakan untuk berbagai kepentingan pribadi maupun kelompok.

Seperti halnya fungsi copy dan paste dalam Microsoft digunakan untuk menduplikasi karya orang lain yang sebelumnya telah diunduh dari file lain maupun dari internet. Kekuatan copy dan paste bisa menjadi positif maupun negatif tergantung pada siapa yang memakainya.

Hakikatnya keberadaan copy dan paste adalah untuk memudahkan penggunanya dalam pembuatan setiap dokumen tertentu, keberadaannya membuat kita tak perlu mengulang atau membuat teks yang sama dalam jumlah yang tak jarang sangat banyak.

Seperti pengertian dari kata copy itu sendiri bertujuan untuk mengopi teks tertulis dalam membuat teks serupa dan dapat dipindahkan sesuai keinginan tanpa menghilangkan teks aslinya. Selain bisa menggunakannya dengan mengklik “copy” ditombol sebelah kiri atas, bisa pula dengan klik kanan maupun menggunakan Ctrl+C.

Kekuatannya memang begitu bermanfaat bagi pengguna Microsoft dan teknologi modern ini, karena tak hanya sebatas memindahkan teks maupun data tertentu tetapi penggunanya dapat menggunakan copy tanpa batas sekali pun. Bahkan berlembar-lembar dokumen bisa dipindahkan dengan hanya Ctrl+A dan Ctrl+C dalam waktu sekejap.

Hal serupa juga dapat dipindahkan dengan penggunaan cut, perbedaannya hanya terletak pada teks asli yang di cut akan menghilang, dalam artian teks tersebut akan digunting kemudian dipindahkan, biasanya dapat juga digunakan dengan mengetik Ctrl+X pada keyboard komputer.

Setelah penggunaan copy dan cut, tentu untuk memindahkan teks maupun dokumen tersebut membutuhkan bantuan Ctrl+V. Biasa disebut dengan paste, dimana tujuannya untuk menempelkan atau menerapkan teks yang sudah dicopy pada laman tertentu agar bisa dibaca dengan utuh.

Begitulah kekuatan copy, cut dan paste yang beberapa tahun terakhir ini sudah membantu manusia dalam mengerjakan berbagai hal di depan layar datar seperti komputer. Meski kenyataannya keberadaan tiga tombol tersulit menyulitkan pencarian keaslian sang penulis sebenarnya.

Penggunannya tentu punya cara terbaik agar tiga tombol tersebut bisa tetap berfungsi dengan baik tanpa menggunakannya dengan cara yang negatif, misalnya dengan menduplikasi tanpa membuat sumber tulisan aslinya.

Nah, keberadaan tiga tombol yang telah membantu penggunanya seharusnya memang diiringi dengan pernyataan kepemilikan di bawah tulisan yang telah di copy, dimaksudkan dalam hal ini adalah sumber penulis. Agar keaslian sedemikian rupa bisa tetap diketahui tanpa penggunanya dinyatakan penduplikat karya orang lain.

Namun, tahukah kamu bahwa kekutan ketiga tombol tersebut tidak terlepas dari seseorang yang telah bersusah payah di belakangnya. Berterima kasihlah kepada Larry Tesler, seorang ahli komputer sekaligus penemu dari tombol copy, cut dan paste pada tahun 1974-1975an.

Begitu pun ia dikenal pula dengan salah seorang yang paling berpengaruh dalam dunia sistem operasi. Ilmu tersebut kemudian disempurnakan kembali oleh Apple pada tahun 1981, dimana manfaatnya bisa kita rasakan sampai detik ini, khususnya para pengguna  komputer dan teknologi yang kian berkembang.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *