Posisi Tubuh Saat Bekerja di Depan Komputer

  • Whatsapp

Posisi Tubuh Saat Bekerja di Depan Komputer

Menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan sehari-hari memang menimbulkan risiko kesehatan tertentu dalam diri seseorang. Menggunakan komputer dengan posisi tubuh yang benar akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan tubuh kita untuk menghasilkan cara kerja yang efektif. Posisi saat bekerja dengan komputer.

Read More

Tidak hanya makanan dan istirahat yang cukup untuk kesehatan saat bekerja, tetapi Anda juga memperhatikan posisi duduk saat bekerja di depan komputer. Posisi saat bekerja dengan komputer. Tidak hanya makanan dan istirahat yang cukup untuk kesehatan saat bekerja, tetapi Anda juga memperhatikan posisi duduk saat bekerja di depan komputer.

Berikut ini posisi tubuh yang sesuai dengan persyaratan standar keselamatan kerja.

Posisi Meja

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kenyamanan bekerja dengan komputer. Keyboard dan mouse merupakan 2 perangkat yang dikenal dengan komputer. Dua perangkat ini selalu mendampingi para pengguna saat bekerja dengan komputer. Untuk itu, tidak ada yang salah menempatkan perangkat ini demi kenyamanan bekerja. Demi kenyamanan kerja, keyboard dapat diletakan pada posisi yang membuat lengan kamu nyaman.

Sentuhlah keyboard dengan ringan dan jaga tetap lurus. Saat menggunakan keyboard, lakukan posisi antara lengan dan keyboard membentuk sudut 90 derajat. Coba, coba, ganti tangan Anda tidak berubah posisi. Dan hanya mengunakan jari-jemari saja untuk mengetik. Posisi mouse sejajar dengan keyboard, agar tetap lurus dan Anda dapat menjangkaunya.

Posisi Monitor

Posisi monitor yang salah dapat menyebabkan leher cepat pegal. Selain itu, mata yang melihat pun bisa cepat lelah. oleh karena itu, memaksimalkan posisi monitor bisa menambah kenyamanan kamu saat bekerja. Memantau posisi yang dapat Anda lakukan untuk kenyamanan bekerja.

Gunakan bagian atas layar sejajar dengan mata atau sedikit di bawahnya. Atur jarak monitor ke mata jarak 50-60 sentimeter. Monitor tingkat tinggi dan ketajaman monitor yang dirasa cukup nyaman pada mata kamu.

Posisi Kepala dan Leher

Pada saat bekerja di depan komputer, usahakan posisi kepala dan leher tegak dengan wajah menghadap langsung ke layar. Leher tidak boleh membungkuk atau mengadah, karena dengan posisi leher ini akan mudah terasa sakit.

Posisi Duduk

Menghadap komputer tidak dibenarkan karena hal ini akan membuat kamu cepat lelah. Sering – seringlah mengubah posisi tubuh atau melakukan peregangan pada bagian tangan, leher, kaki, agar otot tidak kaku.

Posisi Punggung

Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, punggung tidak miring ke kanan atau ke kiri, tidak membungkuk, dan tidak terlalu bersandar ke belakang. Untuk dapat memperoleh posisi kembali yang baik, haruslah ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan sesuai dengan persyaratan keselamatan kerja. Dengan begitu, maka kembali kamu tidak akan mudah sakit.

Posisi Pundak

Posisi pundak yang baik saat bekerja di depan komputer adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat ke atas dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih terasa tegang, mungkin posisi pundak belum benar. Atur sesuai kenyaman pundak kamu.

Posisi Lengan dan Siku

Setiap orang punya kenyaman khusus dalam posisi lengan dan siku, karena panjang lengan setiap orang berbeda. Posisi lengan yang baik dapat diterjemahkan dan digerakkan mouse dengan nyaman. Posisi tangan di sisi badan dan siku, sehingga membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat.

Posisi Kaki

Pada saat bekerja di depan komputer, aturlah kursi tinggi tempat duduk kamu, usahakan posisi paha horizontal, sejajar dengan lantai dan gunakan sandaran kaki atau pijakan kaki sehingga tungkai tergantung pada posisi yang nyaman dan mudah dibawa kaki pakai pada lantai. Usahakan siku membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

Setiap orang memiliki kenyamanan tersendiri dalam mengerjakan tugasnya di depan komputer. Posisi tubuh di depan komputer  buatlah senyaman mungkin, agar pekerjaan tidak memerlukan kesehatanmu. (CM01 / Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *