Obat Herbal Mengatasi Radang Tenggorokan

  • Whatsapp

Tanaman Herbal

Radang tenggorokan merupakan infeksi yang biasanya disebabkan oleh iritasi atau inflamasi. Penyebab utama (80%) adalah virus faringitis akut, suatu infeksi virus pada teng, yang bermula dari bakteri dan virus yang masuk dalam mulut melalui makanan, minuman maupun udara.

Radang tenggorokan kerap sekali menyerang dimusim-musim penghujan. Didukung faktor cuaca dan daya tahan tubuh yang terhindar dari penyakit ini menyerang kita. Penyakit ini biasanya terjadi karena flu, setelah flu barulah radang tenggorokan dan batuk.

Radang Teng senang, saat ada benda yang mengganjalal dan menyimpan kegiatan. Penderita radang tenggorokan kelamaan juga akan kehilangan nafsu makan karena rasa sakit saat membeli makanan serta terganggunya kemampuan lidah untuk mendapatkan. Semua makanan yang masuk kemulut terasa hambar. Bukan hanya demam yang sehat, anggota badan yang lain juga ikut senang, kepala ikut pusing, mata terasa berat juga badan lesu.

(1) sakit kepala (2) Muntah-muntah atau ingin muntah (3) sakit perut (4) sakit otot (5)) batuk (7) tenggorokan terasa gatal.

Radang tenggorokan dapat diatasi dengan bahan-bahan yang alami dan mudah didapat melalui kita. Berikut penjelasannya.

  1. Air Garam

Campurkan garam ke dalam air hangat, jangan terlalu panas. Berkumur-kumur lah dengan cara mendengakkan kepala agar air garam sampai ketengeluaran yang diperbaiki peradangan. Lakukan saat bangun tidur, selesai makan dan sebelum tidur malam.

 

  1. Air Jeruk Lemon

Jeruk lemon memiliki banyak manfaat dalam mengatasi penyakit. Mulai dari antioksidan, memulihkan asam lambung, mengatasi kesulitan nafas, dan lain sebagainya, buah ini juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Peras jeruk nipis atau jeruk lemon kemudian campurkan dengan satu sendok madu. Bisa juga perasan jeruk nipis / lemon dengan air hangat.

 

  1. Minum Teh

Meminum teh hangat dapat diandalkan untuk meredakankan radang tenggorokan. Teh diperkaya dengan antioksidan yang mampu melawan infeksi termasuk peradangan. Campurkan teh dengan madu atau lemon hangat, minum lengkap.

 

  1. Minum air putih

Memperbanyak minum air putih juga salah satu cara untuk meredakan radang tenggorokan. Minum air putih juga sangat baik untuk tubuh yang sedang terserang penyakit.

 

  1. Cengkeh

Cengkeh, rempah-rempah tradisional asli Indonesia yang sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan. Ternyata cengkeh juga dapat dikonsumsi sebagai obat herbal, cengkeh dapat dikonsumsi sesuai dengan antibakteri yang mampu meredakan radang tenggorokan. Cengkeh sangat mudah didapat, campurkancengkeh bubuk 1-3 sendok dengan air hangat lalu berkumur lah sambil mendengakkan kepala. Bisa juga menggunakan cenggeh yang masi utuh, rendam dalam air panas, setelah sedikit hangat barulah diminum.

 

  1. Jahe

Jahe sama lezat dengan cengkeh, rempah-rempah yang biasa digunakan didapur sebagai bumbu masakan. Selain itu jahe juga sering dibuat jamu. Jahe sangat ampuh dalam perawatan karena rasa takut Pedas pedas dari jahe akan mengusir ketakutan yang ada di tenggorokan. Kunyah jahe yang sudah dikupas. Jika tidak mau bisa dengan air panas lalu minum setelah menjadi hangat.

 

  1. Kencur

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat minuman berenergi tradisional (jamu) ternyata juga mampu menyembuhkan demam. Sama seperti jahe, kencur juga akan terasa pedas saat sampai di dalam mulut. Kunyah kencur yang sudah disetujui lalu serap airnya, jika tidak mau langsung mengunyahnya, bisa juga ditumbuk lalu direndam dalam air hangat, kemudian diminum secara rutin 3 kali sehari.

Itulah informasi seputar obat herbal mengatasi radang tenggorokan, semoga dapat menjadi referensi Anda. *** (CM-01 / Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *