Matcha, Teh Hijau Menenangkan

  • Whatsapp

Matcha, Teh Hijau Menenangkan

Kalau kamu anak hits yang sering nongkrong dan main Instagram, pasti sudah nggak asing dengan istilah matcha. Saat ini juga sudah banyak produk yang menggunakan matcha sebagai bahan dasar produk baik untuk produk makanan maupun kecantikan.

Selain mempunyai kandungan gizi yang baik, matcha juga memiliki aroma yang khas. Matcha merupakan bubuk teh hijau yang terbuat dari teh hijau yang sudah dihaluskan. Matcha diperkirakan ditemukan pertama kali di Tiongkok pada abad ke-10. Kemudian matcha mulai dikenal oleh orang Jepang pada abad ke-12. Inilah yang membuat Jepang menjadi terkenal dengan teh matcha yang memiliki ciri khas tersendiri.

Jika berbicara tentang teh, di Indonesia sendiri teh sudah masuk sejak 1684, yaitu berupa biji teh dari Jepang yang dibawa oleh seorang Jerman bernama Andreas Cleyer, dan ditanam sebagai tanaman hias di Jakarta.

Wah, ternyata sudah cukup lama, ya. Teh masuk ke Indonesia dan mewarnai kehidupan orang-orang Indonesia. Bagi kamu yang mengaku penikmat teh, matcha juga dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menambah stok teh di rumahmu.

Nah, jika kamu memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jepang, cobalah datang ke Chosho-Ji.  Kuil peninggalan Buddha di Chiba ini akan memanjakanmu dengan sajian teh matcha. Selain itu, kamu juga bisa menginap di kuil Buddha ini.

Seiring dengan berkembangnya zaman, maka makin banyak pula inovasi-inovasi yang dilakukan oleh tim ahli bagi kebutuhan hidup manusia. Salah satunya adalah dengan menggunakan matcha. Selain digunakan sebagai minuman, matcha juga digunakan sebagai perisa dan pewarna berbagai jenis makanan, seperti es krim, mochi, kue bolu, martabak dan masih banyak makanan lain yang menggunakan matcha untuk menambah cita rasa pada makanan. Selain itu, matcha juga sudah digunakan sebagai bahan kecantikan.

Nah, pasti bertanya-tanya dong, apa sih kandungan dan khasiat dari matcha ini sampai para produsen makanan dan kecantikan pada ngelirik si hijau ini?

Sebagai Penambah Energi dan Mood Booster

Karena mempunyai aroma yang menenangkan, matcha juga dapat membantu meringankan stess. Jadi kalau kamu sedang banyak pikiran, banyak beban, cobalah nikmati si hijau beraroma menenangkan ini sejenak dan nikmati rasa dan wanginya yang khas.

Seperti halnya kopi, matcha juga mengandung kafein. Tapi, kandungan kafein di teh matcha ini lebih baik daripada kopi. Namun bukan berarti kamu boleh mengonsumsi teh ini secara berlebihan, ya. Nah, selain berkhasiat sebagai penenang di saat galau, matcha juga memiliki manfaat sebagai penambah energi yang hilang ketika beban dan pekerjaan yang kian menumpuk. Intinya, sesibuk apapun kamu cobalah luangkan waktu untuk menikmati teh hijau ini, dan rasakan bedanya.

Matcha Punya Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang membantu tubuh untuk mencegah penuaan dini dan penyakit kronis. Mengonsumsi matcha pun secara tidak langsung akan memberikan khasiat yang baik bagi kesehatan kita. Vitamin, mineral,dan serat yang terkandung di dalam matcha memang sudah tidak diragukan lagi. Apalagi ditambah dengan adanya kandungan zat anti oksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Jadi nggak perlu berpikir panjang lagi untuk mengkonsumsi teh ini.

Kadar antioksidan yang relatif besar dalam matcha inilah alasan mengapa saat ini matcha dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Karena dapat mencegah penuaan dini, yang mana sangat ditakuti oleh para wanita umumnya. Jadi, buat kamu yang nggak pengen terserang penuaan dini, kamu bisa mengonsumsi matcha sebagai salah satu alternatif minuman.

Teman Meditasi yang Baik

Meditasi dalam bentuk apapun mempuyai manfaat yang baik bagi tubuh. Dengan bermeditasi, kita dapat merileksasi pikiran dan tubuh yang memerlukan ruang untuk istirahat. Nah, jika kamu melakukan meditasi, cobalah diiringi dengan meminum teh hijau yang satu ini. Kandungan di dalamnya dapat membantu kamu untuk lebih fokus dan berkonsentrasi, sehingga meditasi yang kamu lakukan akan lebih maksimal.

Sekian dulu beberapa khasiat matcha yang dijadikan alasan sebagai bahan pelengkap dalam makanan dan produk kecantikan. Semoga bermanfaat.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *