Ini yang Akan Kamu Dapatkan Jika Kamu Tidur Siang

  • Whatsapp

Tidur Siang

Beberapa orang menganggap tidur siang adalah salah satu cara agar tubuh tetap sehat meskipun melakukan berbagai aktivitas yang membuat tubuh lebih mudah lelah. Hal yang menghalangi untuk tidur siang adalah lokasi. Sebagian orang enggan melakukan tidur siang lantaran tidak nyaman dengan lokasi. Sebenarnya, tidur siang jika diwajibkan oleh beberapa orang dapat bermanfaat bagi tubuh. Apa sajakah manfaat dari tidur siang? Berikut ulasannya.

Read More

 

  1. Meningkatkan daya ingat otak

Ternyata tidur siang mampu meningkatkan daya ingat pada otak khususnya bagi orang tua lansia (lanjut usia). Semakin bertambah umur seseorang, sudah otomatis daya ingat di masa lampau cenderung terlupakan. Tidak hanya melanda lansia, anak-anak pun nyatanya cenderung mengalami gangguan pada daya ingatnya. Untuk meningkatkan daya ingat pada otak, ternyata tidur siang beberapa menit saja mampu menjadi solusinya. Itulah mengapa anak-anak diwajibkan untuk tidur siang karena berpengaruh pada daya ingat atas pelajaran yang didapatkan di sekolah.

 

  1. Mengurangi rasa stress

Terlalu banyak beraktivitas dan berpikir secara terus menerus dapat membuat stress dan menjadi beban pada otak. Stress adalah salah satu sumber penyakit yang berbahaya. Mengalami stress yang terlampau berat dapat berdampak buruk bagi syaraf dan juga jantung. Di sela-sela beraktivitas, usahakan beberapa menit untuk tidur siang agar tidak terlalu lelah.

 

Apalagi untuk para pekerja, jangan pernah paksakan otak untuk melanjutkan aktivas yang sudah terlalu memuakkan terlebih lagi kondisi tubuh yang lelah. Manfaatkan jam istirahat untuk tidur beberapa menit untuk menyegarkan kembali otak. Dipastikan, setelah tidur beberapa menit di siang hari dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

 

  1. Mengatasi insomnia

Salah satu alasan seseorang enggan tidur siang adalah takut kesulitan tidur pada malam hari. Opini tersebut nyatanya adalah opini yang salah mengenai tidur siang. Tidur siang merupakan obat penganti sulit tidur malam hari yang biasa kita sebut insomnia. Gejala sulit tidur di malam hari tidaklah baik bagi kesehatan.

 

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke

Manfaat berikut ini berhubungan pada poin nomor dua. Selain stress mengakibatkan resiko serangan jantung, menahan rasa kantuk juga berbahaya pada jantung. Disaat memaksakan untuk tidak istirahat, detak jantung akan berdetak kencang yang tentu saja tidak sehat untuk kesehatan jantung dan dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung. Lebih buruknya lagi, mengonsumsi kopi untuk menahan kantuk dapat membuat jantung lebih cepat berdetak dan tentunya tidak sehat. Lakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya agar akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.

 

  1. Meningkatkan Kreatifitas

Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Tidur siang mampu merefresh otak sehingga memunculkan ide-ide baru yang cemerlang. Setelah otak dibiarkan beristirahat, berpikir juga akan terasa mudah dan otak tidak terlalu terbebani akibat kelelahan.

Berikut beberapa manfaat dari tidur siang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi ada beberapa pekerjaan yang memang mengharuskan untuk menjaga kebugaran tubuh dengan cara tidur yang cukup demi sebuah keselamatan. Contohnya saja supir, pekerja lapangan, programmer, dan ahli komputer. Jika membiarkan tubuh tetap lelah dan kurang kesehatan, selain merugikan kondisi badan yang tidak sehat pekerjaan akan terbengkalai akibat kehilangan konsentrasi.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *