7 Merek Dunia Ini Punya Asal Usul Nama yang Unik

  • Whatsapp

 

Merek Mobil dengan Asal Usul Unik

Read More

Penamaan  merek yang disematkan pada sebuah perusahaan biasanya diberikan atas dasar pemilik, filosofi serta visi dan misinya. Nama yang dipilih juga sangatlah penting untuk menunjang popularitas dan penjualan dari produk tersebut, maka tak heran jika seseorang baru akan memulai usaha ia akan berpikir keras nama apa yang akan digunakan. Terkadang merek lebih menjual dan menarik perhatian bahkan mengesampingkan kualitas dari produk itu tersebut.

Namun hal seperti itu sebenarnya bukanlah persoalan utama, pasalnya beberapa perusahaan mendunia yang kita kenal saat ini memiliki caranya sendiri untuk penamaannya. Walaupun awalnya agak aneh ditelinga, tapi pada kenyataan perusahaan-perusahaan ini mampu berkembang pesat dengan namanya. Setidaknya ada 7 perusahaan yang menggunakan nama unik di dunia ini, berikut diantaranya.

 

Volkswagen

Siapa yang tak kenal dengan mobil asal pabrikan Negara Jerman satu ini? Volkswagen sendiri memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu Mobil untuk Rakyat, Volks artinya orang dan wagen adalah mobil. Nama itu diambil dari era pemerintahan Nazi dimana pada masa itu mereka menciptakannya agar diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah, ini juga merupakan pemenuhan janji Adolf Hitler agar kalangan kelas bawah dapat memiliki sebuah kendaraan mobil tentunya dengan harga cukup terjangkau.

Mobil pertama yang dirilis oleh Volkswagen ini diberi nama Kraft Durch Freudeatau yaitu jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia berarti Kekuatan Melalui Kesenangan tepatnya pada tahun 1938.

 

Nokia

Siapa yang tak kenal dengan merek ponsel paling popular diawal tahun 2000-an ini. Namun pada awalnya, Nokia bukanlah perusahaan yang menciptakan telepon genggam, melainkan penggilingan kertas yang dikelola oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Ia yakin sekali bahwa nantinya perusahaan tersebut akan menjadi besrar, Fredrik pun membuat penggilingan kertas keduanya di dekat sungai Nokianvirta dengan nama Nokia AB.

Nokia pun kian eksis dan merambah berbagai segmen seperti perkebunan, elektronik, kabel dan generator. Produk ponsel sendiri adalah pengembangan dari generasi perusahaan ini.

 

Cadillac

Perusahaan mobil mewah asal amerika serikat ini awalnya hanyalah sisa-sisa dari kegagalan yang dibangun oleh Henry Ford sebelum ia membangun Ford Motor Company. Nama Cadillac sendiri diambil dari seorang petualang asal Perancis yakni Antoine Laiumet De La Cadillac.

 

Asus

Merek ini sangat identik dengan barang-barang elektronik yakni komputer dan smartphone. Perusahaan asal Taiwan memang mengambil dari nama Pegasus yang juga merupakan kuda bersayap dalam mitologi Yunani. Namun ada alasan kenapa meraka tak menamakannya Pegasus saja. Ternyata ini berhubungan erat dengan strategi bisnis agar perusahaan tersebut diawali dengan hurup A didepannya.

 

Sharp

Ternyata merek satu ini sama sekali tak hubungannya dengan barang elektronik, tepatnya pada tahun 1915, Hayaka Tokuji membuat sebuah penemuan pensil mekanik yang diklaim akan selalu tajam kapanpun digunakan dan diberi nama Sharp.

Namun akibat gempa yang terjadi pada 1923 di Jepang, perusahaannya lantas bangkrut dan terpaksa hak cipta dari pensil tersebut ia jual. Setelah itu ia pindah ke Osaka. Tapi disana ia sukses menciptakan radio. Setelah itu Sharp mulai berkembang ke barang elektronik lainnya sampai seluruh dunia.

 

Volvo

Volvo yang merupakan sebuah pabrikan mobil asal Swedia, berasal dari bahasa latin yang berarti “Aku berputar”. Dulunya perusahaan ini memproduksi bantalan poros roda mobil. Namun, kebijakan dikeluarkan dan memutskan untuk membangun sebuah mobil dengan merek yang sama. Butuh 3 tahun sampai Volvo bisa diterima masyarakat sebagai mobil yang aman untuk dikendarai.

 

Bluetooth

Perusahaan satu ini mengambil nama tersebut dari sejarah raja Viking bernama Harald Blatland. Nama Blatland jika diartikan berarti gigi biru atau dalam bahasa Inggris, Bluetooth.

Nama tersebut digunakan karena diceritakan Harald Blatland memiliki gigi berwarna biru, menurut cerita ia adalah orang yang sangat efektif dalam hal berkomunikasi ia juga tak segan menggunakan kekerasan untuk bernegosiasi. Bahkan logo dari Bluetooth sendiri adalah gabungan dari huruf HB.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *