9 Hewan Menarik dan Unik Untuk di Pelihara

  • Whatsapp
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan

 

Memelihara hewan dirumah memang mengasyikkan, terlebih lagi jika hewan-hewan lucu yang dipelihara.untuk sebagian orang, hewan-hewan tersebut dapat menghilangkan stres dari rutinitas sehari-hari setiap akhir pekan. Namun banyak juga orang beranggapan bahwa memelihara hewan dirumah sangat tidak bermanfaat dan membuang-buang waktu bahkan menghabiskan uang. Perawatan telaten bukan hanya sekedar memberi makan, kesehatan hewan tersebut juga harus diperhatikan serta kandang yang harus dibersihkan. Dibutuhkan orang-orang yang memang memiliki rasa sayang luar biasa terhadap binatang. Banyak juga pemilik hewan peliharaan namun tidak bertanggung jawab merawatnya, akhirnya mati.

Read More

Memlihara hewan peliharaan bukan hanya membuang waktu ataupun mengahabiskan uang. Memelihara hewan peliharaan juga memiliki manfaat tersirat untuk yang memilikinya. Dengan kata lain, orang-orang yang  memiliki hewan peliharaan telah menyisihkan waktunya untuk merawat hewan tersebut tentunya hal itu menimbun pahala untuk kamu.

Banyak juga orang memungut hewan liar terlantar dijalan untuk dirawat. Selain menyelamatkan nyawa hewan yang terlantar, orang tersebut juga sangat menjunjung tinggi nilai sesama mahkluk ciptaan Tuhan. Banyak sekali macam-macam hewan peliharaan, mulai dari mamalia sampai yang melata. Berikut jenis hewan-hewan yang sering dipelihara.

  1. Kucing

Kucing yang dibahas bukanlah kucing besar  melainkan kucing kecil, mahkluk lucu dan menggemaskan. Kucing merupakan janis mamalia karnivora dari keluarga felidae. Kucing salah satu hewan pemalas dengan waktu tidur  14-16 jam per hari walaupun tidak jarang ada kucing dengan waktu tidur sampai 20 jam per hari, dengan masa hidup sampai 2 tahun saja. Walaupun pemalas, ternyata kucing hewan pembersih. Kucing menjilati tubuhnya dengan air liur sebagai pembersih bakteri namun kadang memicu alergi pada manusia. Kucing termasuk hewan peliharaan favorit. Kucing memiki beragai jenis, pilihlah yang paling anda sukai dan hati-hati dengan cakarnya.

  1. Anjing

Hewan buas ini terkenal dengan gigitan rabiesnya. Anjing, walaupun banyak orang takut memelihara anjing, tidak sedikit juga orang menyukainya. Memiliki tubuh lebih besar daripada kucing, anjing di isukan sebagai musuh bebuyutan kucing. Hewan berbulu ini bisa menjadi teman paling setia dibanding manusia. Sebagai hewan sosial, anjing setia dalam berhubungan antar spesies maupun dengan manusia. Anjing termasuk hewan yang mudah dilatih dan diajak bermain. Sama seperti kucing, anjing juga memiliki lebih dari 100 jenis. Tergantung selera anda.

  1. Kelinci

Hewan peliharaan selanjutnya adalah kelinci. Kelinci adalah hewan mamalia dari keluarga laporidae. Masa hidup kelinci di Indonesia hanya 5 sampai 10 tahun. Selain dijadikan peliharaan, bagi sebagian orang makan dengan kelinci sebagai menunya sangat lezat. Masa produksi kelinci hanya 1 sampai 3 tahun. Hewan berbulu dengan telinga panjang inipun sering dijadikan sebagai tokoh animasi yang sangat hobi memakan wortel.

  1. Hamster

Hamster merupakan jenis hewan pengerat. Hamster memiliki tubuh yang hampir sama dengan tikus bedanya hamster memiliki bulu yang berwarna. Hewan asli eropa ini juga banyak dipelihara.

  1. Burung

Burung, bersayap, berbulu indah dan bersuara merdu. Burung termasuk kedalam unggas. Banyak orang memelihara burung dengan suara indah agar dapat dilatih mengeluarkan nada-nada unik serta merdu. Burung merupakan salah satu unggas dengan banyak jenis dan diperjualbelikan dengan harga lumayan mahal. Tak jarang orang memelihara burung untuk diikutkan kontes ataupun sebagia investasi untuk kemudian dijual kembali.

  1. Ikan

Beda halnya dengan burung, ikan adalah hewan berdarah dingin yang selalu menemani menu makan manusia. Namun ikan yang sering dipelihara adalah ikan hias, dipelihara sebagai hiasa akuarium dirumah.

  1. Landak Mini

Landak merupakan hewan alam indonesia dengan duri-duri menakutkan ditubuhnya. Namun landak yang baru-baru ini memasuki daerah Indonesia adalah landak berukuran mini dengan duri serba putih, ukurannya tidak lebih besar dari anak kucing. Untuk anda pecinta hewan unik, landak sangat mudah dirawat dan cocok dipelihara di rumah.

  1. Ular

Reptil tak berkaki, bertubuh panjang serta bersisik ini dikenal sebagai ular. Ular hidup disemua jenis cuaca dan kondisi lingkungan, di dunung, padang pasir, dimana saja ular mampu menyesuaikan diri. Reptil mematikan dengan bisa ini sangat ditakuti semua orang, namun bukan berarti ular tidak bisa dijinakkan dan menjadi hewan peliharaan. Bahkan ular termasuk hewan melata setia. Memlihara ular juga bisa menjadi bisnis menjanjikan. Kulit ular dihargai 150 ribu per meternya. Ular sering dipelihara oleh orang-orang berani dan suka tantangan.

  1. Iguana

Reptil satu ini masih satu jenis dengan kadal. Sama halnya dengan ular, iguana merupan hewan melata yang ditakuti banyak orang. Tapi bagi sebagian orang, memelihara hewan melata seperti iguana lebih seru serta berbeda dari banyak orang. Ternyata iguana termasuk hewan pemalas yang selalu berdiam diri disatu tempat sampai seharian.

Memiliki hewan peliharaan juga mendatangkan rupiah bagi sang majikan. Hewan peliharaan yang dirawat dengan baik pasti akan memiliki tampilan bersih dan sehat serta berkualitas. Ini sering dijadikan peluang bagi penyelenggara kontes-kontes hewan oleh pihak tertentu sebagai motivasi para pemilik hewan peliharaan untuk terus merawat hewan peliharaannya. Selain itu anda akan berkenalan dengan banyak orang sesama pemilik hewan peliharaan, hal ini tentunya akan memperluas wawasan anda bukan?

Itulah informasi seputar hewan peliharaan. Semoga dapat menjadi refensi untuk anda yang sedang bingung memilih hewan peliharaan.***(CM-01/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *