IBX5A49C9BC313D6 Tips Traveling Dengan KA Serayu! - Cerita Medan

Tips Traveling dengan KA Serayu!

KA Serayu

Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang cukup efektif dan mampu menjangkau berbagai macam lapisan masyarakat. Tentunya hal ini tidak lepas dari pilihan kelas kereta yang akan digunakan. KA Serayu adalah salah satu layanan pihak KAI, dengan rute, Purwokerto – Bandung – Jakarta. Yang akan menghubungkan Stasiun Purwokerto, Stasiun Kiaracondong – Bandung, dan Stasiun Pasar Senen – Jakarta.

Moda yang juga terkenal dengan nama Cipuja atau Citrajaya ini, termasuk kelas ekonomi AC, dan sudah menyediakan layanan yang terbilang cukup memadai serta nyaman untuk digunakan. Berikut adalah beberapa tips untuk Anda yang ingin bepergian menggunakan kereta api Serayu secara nyaman.

Perhatikan lokasi pemberhentian Anda

Mengingat ini adalah kereta api ekonomi, maka sudah pasti, kereta ini akan singgah di beberapa stasiun yang ada di sepanjang rute. Setidaknya ada 18 buah stasiun yang akan dilewati, sekaligus disinggahi oleh kereta tersebut.

Adapun aneka stasiun yang dimaksud, antara lain Stasiun Kroya, berikutnya Stasiun Maos, lalu Stasiun Kawunganten, kemudian Stasiun Gandrungmangun, ada juga Stasiun Cipari, terus Stasiun Langen, masuk ke Stasiun Banjar di Jawa Barat, berikutnya Stasiun Ciamis, lalu Stasiun Tasikmalaya, kemudian Stasiun Cipeundeuy, lalu Stasiun Warung Bandrek, juga Stasiun Cibatu, Stasiun Kiaracondong, masuk Stasiun Padalarang, berikutnya Stasiun Purwakarta, dan terakhir Stasiun Jatinegara.

Jadi Anda yang ingin mengunjungi salah satu kota tertentu, selain mengunjungi Purwokerto atau Jakarta, ada baiknya jika memperhatikan hal ini, secara jelas. Sehingga Anda dapat mempersiapkan waktu tiba dan juga bersiap-siap ketika mendekati stasiun yang akan dituju.

Pilih pagi atau malam

Kereta penumpang yang satu ini menyediakan 2 kali keberangkatan, jadi Anda bisa lihat jadwal dan harga kereta serayu dengan baik. Anda dapat memilih salah satu jadwal keberangkatan yang dibutuhkan. Jadwal keberangkatan ini sendiri akan dilakukan pada pagi dan sore hari. Dari Stasiun Purwokerto, kereta akan berangkat pada pukul 06.30 pagi dan 16.30 sore. Sedangkan dari stasiun Pasar Senen Jakarta, akan berangkat pada pukul 09.15 pagi dan jam 21.00 malam. Di bandung sendiri kereta ini akan berangkat pada jam 00.40 malam dan jam 13.10 siang menuju purwokerto. Sebaliknya dari Bandung menuju Jakarta dari Purwokerto, kereta akan berangkat jam 00.32 malam dan jam 13.25 siang.

Apabila Anda ingin melihat jadwal keberangkatan yang lebih rinci, Anda dapat mengunjungi stasiun kereta api terdekat, atau mengunduh salah satu aplikasi baik dari PT. KAI atau dari aplikasi booking online. Dengan menggunakan aplikasi seperti ini, Anda tidak hanya menemukan aneka rute, dan juga jadwal kereta, namun Anda juga akan menemukan aneka harga yang akan dibayar ketika bepergian menggunakan kereta tersebut. Anda dalam hal ini, dapat memilih sekaligus memesan tiket secara langsung, plus membayar di aplikasi tersebut. Ini adalah salah satu kelebihan tambahan ketika membeli tiket kereta api menggunakan aplikasi. Dimana sistem pembayaran beragam, dan terbilang praktis.

Pilih posisi tempat duduk 

Yang menarik, ketika Anda memesan tiket kereta baik secara offline di loket kereta api atau juga di aplikasi booking tiket online seperti ini, Anda dapat memilih posisi tempat duduk. Pada posisi tengah rangkaian, umumnya ditandai dengan huruf S, yang umumnya harganya sedikit mahal. Sub kelas C biasanya ada di bagian paling depan atau paling belakang, dengan harga yang cukup miring.

Nomor genap, umumnya menghadap ke arah depan, sebaliknya nomor ganjil, umumnya menghadap ke arah belakang. Terutama ketika kereta menuju arah Jakarta.

Jangan bawa barang terlalu banyak

Hal lain yang perlu diperhatikan disini adalah, bagasi kereta ekonomi ini tidak terlalu besar. Jadi sebaiknya jangan membawa terlalu banyak barang. Barang yang akan dibawa, sebaiknya diletakkan di bagian atas.

Sedikit tambahan untuk Anda, kereta ini juga mempunyai fasilitas standar seperti 2 buah stop kontak, sehingga Anda dapat bergiliran dalam mengisi baterai yang habis dengan penumpang lainnya. Untuk AC, diletakkan di beberapa titik tertentu, dan bukan termasuk AC central. Ketika Anda sedang duduk, tidak ada salahnya jika bekerja sama dengan penumpang di bagian depan, agar dapat bergantian dalam meluruskan kaki, mengingat posisi dan luas ruang kaki antara kursi cukup dekat.

KOMENTAR

BACA JUGA