IBX5A49C9BC313D6 Bisakah Melahirkan Di-Cover Asuransi? - Cerita Medan

Bisakah Melahirkan di-Cover Asuransi?

Asuransi Kehamilan

Kehamilan menjadi salah satu momen berharga yang dinanti oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Kamu dan pasangan pasti akan merasa bahagia saat menunggu kehadiran buah hati.

Tapi muncul masalah yang kadang membuatmu pusing. Biaya persalinan bisa dikatakan tidak murah. Bahkan untuk check-up rutin pun kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Untuk bisa mendapatkan perawatan yang terbaik, memang dana yang besar harus dikeluarkan. Belum lagi jika terdapat masalah selama kehamilan dan diperlukan tindakan khusus. Semakin bertambah lagi biaya yang harus dibayarkan. Sebab itulah kamu perlu mengetahui apakah asuransi juga bisa mencover biaya kehamilan dan melahirkan atau tidak.

Apakah check-up kehamilan ditanggung asuransi?

Selain biaya persalinan, pengeluaran yang juga tak kalah besarnya adalah check-up kehamilan. Namun saat ini kamu tak perlu bingung memikirkan biaya tersebut. Sudah banyak produk asuransi kesehatan yang mengcover pemeriksaan kehamilan. Tujuannya untuk mencegah komplikasi yang membahayakan ibu dan janin. Jadi asuransi kesehatan atau asuransi kehamilan ini akan menjamin kesehatan ibu dan janin hingga waktu persalinan tiba.

Setiap produk asuransi menawarkan layanan yang berbeda. Ada yang memberikan pemeriksaan gratis bagi ibu hamil mulai trimester pertama hingga ketiga. Selain itu ada juga yang menawarkan layanan USG.

Tapi yang perlu digaris bawahi, tidak semua asuransi kesehatan memberikan perlindungan terhadap kehamilan. Jadi saat memilih produk asuransi, pastikan perlindungan yang diberikan lengkap termasuk pemeriksaan kehamilan.

Apakah biaya persalinan juga ditanggung asuransi?

Menjelang hari persalinan, ada rasa khawatir serta bahagia yang kamu rasakan. Perasaan senang karena akan bertemu dengan buah hati. Namun di sisi lain kamu juga cemas jika memikirkan biaya persalinan yang cukup mahal saat ini.

Pasti timbul rasa penasaran di benakmu. Apakah jika biaya kehamilan ditanggung asuransi, biaya persalinan juga bisa? Jawabannya adalah iya.

Biaya persalinan normal maupun caesar biasanya ditanggung oleh asuransi. Dengan catatan proses tersebut berjalan sesuai dengan indikasi dan prosedur medis. Tidak hanya biaya persalinan saja yang dicover. Rawat inap ibu dan bayi serta rawat jalan pun menjadi tanggungan pihak asuransi.

Yang perlu kamu ingat adalah setiap produk asuransi memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Karena itulah saat memilih asuransi, tanyakan pada agennya perihal layanan persalinan.

Atau kamu bisa mencari tahu secara langsung dengan mengunjungi situs Lifepal.co.id. Baca dulu detail produk asuransi secara seksama. Jika perlu lakukan perbandingan agar kamu mendapatkan produk yang tepat.

 

Apakah asuransi juga menawarkan layanan pasca melahirkan?

Beberapa produk asuransi bahkan memberikan layanan hingga pasca melahirkan atau disebut juga dengan postnatal care. Jangka waktu yang diberikan pun bervariasi. Bahkan dalam hal pemilihan alat kontrasepsi pun dicover pihak asuransi.

Sama halnya dengan layanan persalinan, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda. Jadi pastikan kamu mengetahui hak dan kewajibanmu sebagai nasabah sebelum membeli asuransi. Hal ini dilakukan supaya kesehatan ibu dan bayi lebih terjamin.

 

Pilih menabung atau asuransi untuk biaya melahirkan?

Pembayaran premi yang cukup tinggi menyebabkan banyak pasangan yang enggan menggunakan asurasi. Mereka lebih memilih untuk menabung karena dirasa lebih mudah dan aman.

Namun sebelum kamu menentukan apakah akan menabung atau membeli asuransi. Alangkah lebih baiknya jika lakukan perincian dulu tentang besarnya dana yang dibutuhkan.

Biaya yang dihitung mencakup biaya sebelum persalinan, saat persalinan, dan setelah persalinan. Jika kamu memilih untuk menabung, pastikan jumlah saldo sampai hari H melebihi rincian dana yang telah kamu buat.

Hal ini untuk mengantisipasi datangnya biaya tambahan yang tak terduga. Agar target saldo tercapai, atur keuangan sebaik mungkin. Hindari pengeluaran yang tak penting hingga persalinan tiba.

Sementara jika kamu memilih membeli asuransi, sebaiknya rencanakan jauh-jauh hari. Biasanya untuk asuransi kehamilan harus menunggu antara 9 hingga 12 bulan. Baru setelah itu, dana bisa diproses. Apabila kamu memilih asuransi kesehatan, pastikan produk tersebut memberikan pertanggungan kehamilan.

Pemilihan produk asuransi kesehatan tidak boleh sembarangan. Sebab akan sangat berpengaruh pada pelayanan ibu dan janinnya nanti. Semakin lengkap perlindungan yang diberikan, akan lebih baik.

Untuk mendapatkan rekomendasi asuransi yang berkualitas, kamu bisa mengunjungi situs Lifepal.co.id  pilihan produknya banyak. Pilih saja yang sesuai dengan kebutuhanmu, oh ya di situs ini juga bisa berkonsultasi melalui whatsapp ke 0822-9999-6121.

 

KOMENTAR

BACA JUGA