IBX5A49C9BC313D6 Tips Mengajukan Pinjaman Online - Cerita Medan

Tips Mengajukan Pinjaman Online

Pinjaman Online Terbaik 2019

CERITAMEDAN.COM – Saat ini dunia bergerak dengan cepat. Semua serba cepat. Begitupun dengan akses pinjam-meminjam.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah keuangan atau tiba-tiba ada masalah yang mengharuskan Anda untuk secepatnya mendapatkan dana pinjaman, di dunia yang serba cepat ini, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pasalnya, Anda akan dimanjakan dan mendapatkan dana secepatnya melalui lembaga-lembaga keuangan yang siap melayani Anda 24 jam dan sudah menggunakan sistem IT yang sangat canggih. Anda tinggal duduk-duduk manis di kursi goyang, sambil mengotak-atik aplikasi pinjaman online, dengan beberapa syarat yang mudah, kemudian Anda akan tersenyum, sebab uang akan segera dicairkan ke saldo rekening Anda. Mudah sekali, bukan? Anda dapat mengecek dan membandingkan pinjaman online di sini.

Namun, semudah apa pun itu, Anda tetap harus waspada. Mudah bukan berarti harus dianggap remeh. Banyaknya lembaga keuangan yang menyediakan jasa pinjaman online, menuntut Anda untuk hati-hati dalam memilih lembaga keuangan. Salah satunya adalah mencari pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK. Terkait hal ini, Anda bisa cek atau bandingkan bank, fintech, dan lembaga keuangan di Financer.com. Tentu saja, ini untuk menghindari penipuan.

Segala sesuatu akan mudah jika kita memiliki ilmunya atau mengetahui caranya. Begitupun dengan pinjaman online. Ada beberapa cara sebelum Anda menggunakan jasa pinjaman online. Dan beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

Cek lembaga keuangan

Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwasanya untuk menghindari penipuan, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan jasa pinjaman online adalah mengeceknya: apakah sudah terdaftar di OJK atau belum karena banyak sekali fintech yang masih ilegal. Anda bisa mengecek semuanya di website OJK atau di Financer.com.

Perhatikan bunga pinjaman

Sebelum Anda mengajukan pinjaman sebaiknya Anda mencari fintech yang menawarkan bunga pinjaman rendah. Tentu saja ini dapat membantu meringankan Anda dalam melunasi utang nanti.

Hitung kemampuan Anda

Ini penting untuk dicatat dan diingat. Sebelum melakukan kedua hal di atas, alangkah baiknya Anda menghitung kemampuan Anda dalam membayar cicilan utang nantinya. Kalau bisa, baiknya jumlah cicilan utang online tidak lebih dari 35 % dari total pendapatan Anda.

Perhatikan syarat

Walaupun mudah, sejatinya tidak ada jasa pinjaman online, apa pun itu, yang tanpa syarat. Memperhatikan syarat sebelum menggunakan jasa pinjaman online ini sangat penting dan tidak boleh dilupakan dalam pengajuan pinjaman dana secara online dan cepat. Jangan sampai syarat-syarat ini membikin beban dan mempersulit Anda untuk mendapatkan dana pinjaman.

Biasanya, fintech hanya akan meminta kartu identitas dan nomor pokok wajib pajak Anda. Beberapa fintech biasanya tidak mewajibkan adanya kartu kredit. Bila ada syarat-syarat yang aneh seperti: memberikan foto kartu kredit bolak-balik, pasalnya, nomor kartu kredit harus dijaga kerahasiaannya (terutama tiga digit nomor di belakang kartu kredit Anda), atau apa pun yang menurut Anda sangat rumit, sebaiknya jangan pilih fintech tersebut.

Ketahui proses pencairan

Tidak sampai di situ, Anda juga harus mengetahui proses pencairan dana pinjaman. Ketahui proses pencairan yang mudah. Jangan memilih atau menggunakan jasa pinjaman online yang memiliki proses pencairan yang berbelit-belit.

Ketahui biaya-biaya

Salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman online, biasanya beberapa fintech tetap meminta biaya-biaya, seperti: administrasi, denda, penalti, dan provisi. Sebelum Anda menggunakan jasa pinjaman online, sebaiknya Anda mengetahui biaya-biaya tersebut. Walaupun pada praktiknya, adajuga beberapa perusahaan pinjaman dana tunia tanpa jaminan yang mengenakan biaya provisi atau administrasi.

Ketahui jangka waktu pinjaman

Jangka waktu pinjaman atau tenor, biasanya terbagi menjadi 3: jangan pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Jika semakin panjang jatuh tempo, maka secara otomatis semakin besar biaya yang harus Anda bayar. Maka dari itu, sebelum Anda menggunakan jasa pinjaman online, pastikan dulu jika tenor yang Anda pilih memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Sampai di sini, jika Anda masih bingung, masih ragu, atau bahkan tidak tidak berani untuk menggunakan jasa pinjaman online, sebaiknya Anda mengakses website Financer.com. Di sana, Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi tentang seluk-beluk pinjaman online. Selamat mencoba.

KOMENTAR

BACA JUGA