IBX5A49C9BC313D6 Takut Ketinggalan Pesawat? Berikut 7 Panduan Agar Perjalananmu Lancar - Cerita Medan

Takut Ketinggalan Pesawat? Berikut 7 Panduan Agar Perjalananmu Lancar

Takut Ketinggalan Pesawat? Berikut 7 Panduan Agar Perjalananmu Lancar

CERITAMEDAN.COM – Bepergian dengan menggunakan pesawat merupakan pilihan tepat bagi sebagian orang yang ingin memangkas waktu perjalanan. Baik dalam tujuan bisnis, traveling, atau sekadar berlibur. Bagi beberapa orang yang sudah terbiasa bepergian menggunakan pesawat, mungkin sudah dapat memperhitungkan agar tiba di bandara tepat waktu. Tapi, bagaimana jika ini adalah perjalanan pertamamu? Apa saja yang perlu disiapkan?

Nah, karena ini perjalanan pertamamu, kamu bisa simak 7 panduan berikut agar terhindar dari ketinggalan pesawat.

  1. Persiapkan waktu yang cukup untuk menuju Bandara

Memperhitungkan waktu tempuh menuju bandara adalah hal vital yang harus kamu perhitungkan. Biar nggak ketinggalan pesawat, kamu bisa mulai bertanya ke orang-orang terdekat berapa lama waktu tempuh dari rumahmu menuju bandara. Selanjutnya,  siapkan waktu lebih banyak dari perkiraan orang untuk segala hal yang tak terduga.

  1. Kenali rute keberangkatan

Setelah kamu memperhitungkan waktu keberangkatan, mulailah kenali rute keberangkatan. Pikirkan dari jauh-jauh hari pilihan rute berikut transportasinya. Apabila kamu bingung memilih transportasi menuju bandara, kamu bisa memilih big bird shuttle bandara dengan waktu keberangkatan yang sesuai dengan penerbanganmu. Temukan harga promo bis big bird yang sesuai dengan titik keberangkatan dan titik tujuanmu dari beberapa hari sebelumnya.

  1. Pastikan letak gate-mu

Salah satu kesalahan yang bisa membuatmu ketinggalan pesawat adalah tidak mengetahui gate-mu dengan tepat. Hal seperti ini bisa dicegah dengan mengenali gate ataupun terminal penerbanganmu agar kamu tidak menunggu pesawat di tempat yang berbeda.

Jangan lupa pasang telinga untuk setiap pengumaman di Bandara karena di menit-menit terakhir terkadang terjadi perubahan gate. Jika kamu ragu, bertanyalah pada petugas bandara. Pastikan kamu sudah berada di tempat yang tepat. Perlu kamu ketahui, informasi mengenai terminal keberangkatan bisa kamu lihat di e-tiket yang telah dicetak.

  1. Cek status penerbangan

Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari ketinggalan pesawat adalah cek status penerbangan. Dengan memperhatikan status penerbangan, kamu bisa memperhitungkan waktu untuk melakukan kegiatan lain saat menunggu. Jika statusnya Go to Gate atau Boarding, segeralah check-in, melanjutkan proses pemeriksaan keamanan dan menunggu panggilan terakhir.

  1. Jangan ragu untuk menggunakan fasilitas check-in online

Perlu kamu ketahui, batas waktu check in untuk penerbangan dalam negeri adalah 1 jam sebelum keberangkatan, sementara untuk penerbangan luar negeri adalah 2 jam sebelum keberangkatan. Biasanya, konter check in akan mulai dibuka 2 jam sebelum keberangkan dan akan ditutup 30 menit sebelum keberangkatan. Nah, jika kamu check-in di waktu kuran dari 30 menit sebelum keberangkatan, tiket yang sudah kamu siapkan dianggap hangus.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, selain mempersiapkan waktu lebih banyak, kamu juga bisa gunakan fasilitas check-in online yang sudah disediakan maskapai penerbangan. Untuk fasiltasnya, kamu bisa gunakan website resmi yang dimiliki maskapai penerbangan atau melalui secara mobile melalui ponsel.

  1. Siapkan identitas dan passport

Saat hendak melakukan check-in, pastikan kamu meletakkan identitas dan passport di tempat yang mudah dijangkau agar memudahkan melakukan pengecekan. Enggak mau kan terlambat check-in karena lupa memastikan letak identitas dan passportmu. Pastikan juga identitas dan passport milikmu masih dalam masa berlaku.

  1. Gunakan pakaian yang nyaman dan simpel

Salah satu tips kelancaran perjalanan agar terhindar dari ketinggalan pesawat adalah gunakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang nyaman dan sederhana akan memudahkanmu melewati alat pendeteksi logam. Apabila kamu menggunakan banyak aksesoris, hal ini akan menyulitkanmu saat melakukan pengecekan keamanan. Bayangkan, kamu perlu melepas semua aksesoris yang kamu kenakan agar bisa lulus sensor keamanan.

Selain terlihat lebih santai, jika kamu menggunakan pakaian yang nyaman dan simpel, kamu tak perlu repot melepas banyak aksesoris di tubuhmu sehingga hanya memerlukan sedikit waktu untuk melewati tahap keamanan. Jadi gak perlu repot copot-pasang aksesoris yang pastinya memakan waktu.

Nah, itulah 7 panduan agar kamu terhindar dari ketinggalan pesawat. Jangan lupa, perbanyak membaca informasi mengenai seluk-beluk bandara keberangkatan dan kedatangan agar tidak tersesat. Selanjutnya, berdoalah agar diberi kelancaran perjalanan. Selamat menikmati perjalanan dan semoga selamat sampai tujuan.

 

KOMENTAR

BACA JUGA