IBX5A49C9BC313D6 Jalan Kaki 305.65 Km Demi Tingkatkan Literasi Anak-Anak Danau Toba – Cerita Medan

Jalan Kaki 305.65 Km Demi Tingkatkan Literasi Anak-Anak Danau Toba

Jalan Kaki 305.65 Km Demi Tingkatkan Literasi Anak – Anak Danau Toba

CERITAMEDAN.COM – Togu Simorangkir adalah seorang laki-laki ‘baling’ (bahasa Medan untuk menyebut edan), alumni S2 Oxford Brookes University yang memilih menjadi petani oraganik dan mengabdi di kampong halamannya.

Sebagai ucapan syukur ke-42, pendiri sekaligus ketua yayasan Alusi Tao Toba ini akan melakukan aksi jalan kaki di lingkar luar Danau Toba sejauh 305,65 Km.

Aksi jalan kaki ini dilakukan untuk penggalangan dana bagi biaya operasional 8 sopo belajar, 2 kapal belajar, dan 3 kreta (motor) baca yang dikelola oleh Yayasan Alusi Tao Toba. Semua upaya membawa buku-buku bacaan berkualitas kepada anak-anak Indonesia di Danau Toba ini disebut sebagai gerakan Tao Toba Membaca yang sudah mulai digagas Alusi Tao Toba sejak berdirinya.

Rute Lingkar Luar Danau Toba yang akan dilalui adalah Parapat – Silimbat – Porsea – Balige – Siborong-borong – Dolok Sanggul – Simpang Tele – Panji – Sumbul – Merek – Saribu Dolok – Tiga Runggu – Tanjung Dolok – Parapat dengan perhitungan jarak:
Merek – Bts. Karo/ Dairi (14,06 km) – Panji (29,81 km) – Bts.Dairi/Samosir
(29,38 km)
Bts.Dairi /Samosir – Dolok Sanggul (49,41 km) – Siborong Borong
(28,48 km)
3. Merek – Saribu Dolok (11,25 km) – Tanjung Dolok (57, 24 km) – Parapat
(4,97 km)
4. Parapat – Silimbat (45, 21 km) – Siborong Borong (35,84 km)

Aksi jalan kaki akan dilakukan selama 8 hari pada 19 November – 26 November 2018. Setiap hari, selama perjalanan, akan ada aksi membagikan buku di beberapa desa yang dilalui. Jadi selain menggalang dana, aksi ini membawa buku-buku bacaan kepada anak-anak Indonesia yang belum tersentuh Gerakan Tao Toba Membaca serta mengkampanyekan ke wilayah yang dilalui agar mendirikan Sopo Belajar/Rumah Baca/Taman Baca/Perpustakaan Desa/Perpustakaan Bergerak.

Aksi ini juga untuk menggugah banyak orang ikut terlibat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia di Danau Toba. Penggalangan dana dilakukan dengan mengajak setiap orang bedonasi Rp. 1 juta setiap 1 Kilometer.

Dibutuhkan 305 slot/orang yang mau bergotong royong berdonasi masing-masing Rp. 1 juta untuk memastikan 8 Sopo Belajar, 2 Kapal Belajar, 3 Kreta Baca yang dikelola Alusi Tao Toba tetap memberikan manfaat kepada anak-anak Danau Toba. Gerakan ini tentunya bukan merupakan gerakan perorangan. Perlu banyak pihak untuk mendukung terwujudnya tujuan dari aksi ini.

Secara khusus tim literasinusantara.com dan PT Gramedia Asri Media akan mengambil bagian dalam aksi ini. PT Gramedia Asri Media akan memberikan dukungan berupa buku-buku yang akan dibagikan sepanjang rute serta vocer belanja buku untuk Alusi Tao Toba. Tim literasinusantara.com secara eksklusif akan mengikuti rangkaian jalan kaki ini dan menginformasikan kepada masyarakat luas tentang perjuangan demi literasi ini.

Dukungan tidak hanya datang dari korporasi maupun donator saja, akan tetapi beberapa tokoh maupun artis tersohor seperti Nirina Zubir, Darius Sinathrya, Tantowi Yahya, Rosianna Silalahi, Okky Lukman, dan Meutya Hafid Ansyah, turut menyemangati Togu Simorangkir untuk menyelesaikan aksinya ini.

Litersinusantara.com akan turut serta mendukung dan mengapresiasi segala bentuk kegiatan inspiratif dari seluruh komunitas taman baca guna meningkatkan literasi di Indonesia.

KOMENTAR

BACA JUGA