IBX5A49C9BC313D6 “Botok Ikan” Hotel Santika Medan Raih Juara 1 Di HUT Kota Medan – Cerita Medan

“Botok Ikan” Hotel Santika Medan Raih Juara 1 di HUT Kota Medan

“Botok Ikan” Hotel Santika Medan Raih Juara 1 Di HUT Kota Medan

CERITAMEDAN.COM – Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan kembali mengukir prestasi di bidang kuliner yakni menjadi juara 1 Lomba Memasak kategori Makanan Melayu di acara “Medan Great Sale” yang diselenggarakan di Lapangan Merdeka dalam rangka menyemarakkan hari jadi kota Medan ke 426, 1-8 Juli 2018. Makanan yang diberi nama “Botok Ikan” ini menang karena mengingatkan kembali pada msakan Melayu di jaman kesultanan dulu.

Executive Chef, Khairul Adnan yang juga sebagai salah satu peserta menuturkan bahwa menu Botok Ikan sengaja menjadi pilihan menu untuk dimasak karena memiliki nilai sejarah yang kuat. “Botok ikan ini dulu sering menjadi menu makanan para Sultan Deli dari Istana Maimun, selain itu ikan yang dimasak sering kali adalah ikan laut yang mengingatkan kita bahwa orang Melayu sangat dekat dengan laut /sering mendapat julukan masyarakat pesisir” tutur pria yang dulu pernah bekerja di Malaysia ini.

Botok ikan ini dibuat oleh tim Chef Hotel Santika Medan menggunakan ikan Kakap dengan racikan menu khas Melayu yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa yang sesuai dengan harapan para dewan juri. Selain mendapat medali, sertifikat dan hadiah lainnya, penghargaan ini juga merupakan apresiasi luar biasa kepada para Chef sebagai bentuk dedikasi kepada kota Medan untuk terus maju khususnya dalam dunia kuliner. Harapan kedepannya bahwa menu Botok Ikan ini akan menjadi menu masakan baru dalam deretan menu spesial khas Sumatera Utara.

Perlombaan memasak itu sendiri diikuti oleh sekitar 16 tim yang terdiri dari 2-3 orang di tiap timnya. Diadakan pada tanggal 07 Juli 2018 di Lapangan Merdeka Medan. lomba yang hanya berdurasi selama 30 menit ini juga menghadirkan para juri yang merupakan orang-orang yang sudah mumpuni di dunia kuliner selama bertahun-tahun seperti Bapak Iwan Rizki selaku wakil direktur Akpar Medan, Ibu Drs. Herlina perwakilan dari Akademi Gastronomi Indonesia serta Tengku Muhar selaku pakar budaya & masakan Melayu Sumatera Utara.

Selain diorganisir oleh Pemko Medan, acara perlombaan ini juga bekerjasama denga ICA (Indonesian Chef Association) DPD Sumut yang dipercaya sebagai salah satu pelaksana. Setelah melalui berbagai tahapan dan penjurian, Hotel Santika Premiere Dyandra Medan terpilih sebagai juara pertama mengalahkan berbagai tim lainnya dengan menu masakan Melayu yang istimewa yakni Botok Ikan. Diwakili oleh 2 orang Chef yakni Chef Khairul selaku Chef Executive & Chef Surya Darma, menu masakan yang kabarnya adalah menu istimewa yang dulunya disajikan khusus untuk para raja Sultan Deli inipun mendapat pujian dari para dewan juri.

KOMENTAR

BACA JUGA