IBX5A49C9BC313D6 Pancur Gading, Tempat Pemandian Putri Hijau | Cerita Medan

Pancur Gading, Tempat Pemandian Putri Hijau

Pancur Gading, Tempat Pemandian Putri Hijau – foto: analisadaily

CERITAMEDAN.COM – Pancur Gading, Tempat Pemandian Putri Hijau ini merupakan salah satu situs sejarah di Sumatera Utara yang beralamat di Jalan Putri Hijau, Perumahan Putri Deli Namorambe, Deli Tua, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Katanya, di sini merupakan tempat pemandian putri hijau. Jika mandi di sini, dikabarkan bisa menyembuhkan penyakit dan enteng jodoh. Hal tersebut yang menjadikan pengunjung beramai-ramai untuk datang ke tempat ini.

Pancur Gading, merupakan nama sebutan yang asal katanya tempat pemandian putri hijau tersebut terdapat tiga pancuran yang terbuat dari bambu kuning/buluh gading yang dijadikan alamat lokasi tempat pemandian.

Pengunjung yang mandi tentunya akan mengantri, dan bila mandi di tempat keramat ini biasanya menggunakan bunga macan kera, yang digunakan sebagai sarana ritual mandi. Tidak ada batasan untuk siapa saja yang berkunjung dan ingin mandi dipersilahkan.

Pemandian Putri Hijau ini menjadi salah satu wisata religi di Deli Serdang. Sebab, pengunjung yang datang meyakini bahwa setelah mandi di Pancur Gading ini dapat sembuh. Cerita yang sudah beredar di kalangan masyarakat, dengan mandi air di pemandian tersebut penyakit yang ada di tubuh bisa sembuh. Ada ritual meminta kesembuhan, disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing. Ada yang sembuh, ada juga yang belum sembuh.

Objek wisata ini tidak jauh dari Kota Medan, hanya membutuhkan waktu sekitar 30menit untuk sampai di Pemandian Putri Hijau ini. Masuk dari Deli Tua menuju ke Jalan Bunga Pamah, Kecamatan Deli Tua Barat, lalu masuk melewati hamparan sawah. Kalau dari Johor juga bisa. Dan bila berniat ke tempat ini tidak mau ramai, diusahakan tidak datang pada Hari Sabtu/Minggu. Karena dipastikan akan sangat ramai pengunjung yang akan datang.

Demikian informasi mengenai tempat pemandian putri hijau ini dibuat, semoga bermanfaat ya. Bila pun ada informasi tambahan, boleh disampaikan di kolom komentar.***(CM-Ist/Dana Tarigan)

KOMENTAR

BACA JUGA