Sema Unimed Ajak Pelajar Indonesia Berkontribusi untuk Bangsa

Sema Unimed Ajak Pelajar Indonesia Berkontribusi Untuk Bangsa

CERITAMEDAN.COM, Medan – Pada awal November 2017, Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan (SEMA UNIMED) secara resmi membuka pendaftaran lomba menulis bagi seluruh pelajar di Indonesia. Kompetisi tersebut bertujuan untuk mewadahi pelajar Indonesia dalam mengembangkan ide dan kreativitas.

Menurut Jekson Panjaitan (21) selaku BPH Sema Unimed, dengan adanya kompetisi ini, pelajar Indonesia diharapkan dapat berkontribusi bagi bangsa melalui ide dalam tulisannya.

“Pelajar Indonesia diharapkan mampu berkontribusi terhadap bangsa. Kompetisi ini adalah wadah bagi mereka. Ide yang menarik akan dimuat oleh beberapa media nantinya,” kata Jekson (01/11)

Lomba ini mengangkat tema “Ideku untuk Indonesiaku” dan terbuka bagi seluruh pelajar aktif SMA, SMK, MA, atau sederajat yang ada di Indonesia.

Sakti Tri Anggraini (22), mahasiswa dan BPH PTMBB-USU, berharap pihak sekolah bersedia mengirimkan delegasi dalam kompetisi ini. Lebih lanjut, Sakti berharap Ketua OSIS dalam sekolah turut mengajak rekan-rekannya agar mengikuti kompetisi ini.

“Kompetisi ini sangat menarik. Saya berharap Ketua OSIS bersedia mengajak rekan-rekannya. Semakin banyak yang ikut, maka penghargaan akan diberikan terhadap sekolah tersebut”, papar Sakti (01/11)

Panitia pelaksana, melalui Suwandonadi (21) selaku ketua panitia, mengaku mendapat dukungan dari beberapa pihak, baik individual, organisasi mahasiswa, dan beberapa media.

“Himpunan Muda-mudi Baktiraja di Medan (HIMBAKTIMAS), Parsadaan Toga Manalu Boru Bere USU (PTMBB-USU), UKMKP Unimed, IFRS Unimed, mahasiswa STIE LMII Medan, serta beberapa media daring turut mendukung kegiatan ini”, papar Suwandonadi (01/11)

Peserta lomba diharapkan dapat memenuhi syarat dan ketentuan, serta mengikuti prosedur pendaftaran dan pengiriman karya. Panitia pelaksana menjelaskan sudah mempersiapkan Buku Panduan Lomba Esai yang dapat di unduh melalui http://bit.ly/semaunimed.

Karya atau esai peserta terbaik akan dihadiahi Uang Pembinaan, Medali, Sertifikat, dan Bingkisan. Panitia pelaksana juga memberikan penghargaan terhadap karya/esai yang masuk dalam sepuluh (10) besar. Kemudian, sekolah dengan peserta terbanyak akan diapresiasi dengan sertifikat “The Most Favorite School” serta sebuah plakat kebanggaan.

Mahasiswa STIE LMII Medan, Lidia Marbun (20), mengaku senang dengan adanya kompetisi ini. Dia menilai niat menulis pelajar saat ini masih kurang. Perlu adanya suatu wadah untuk itu. Lidia kemudian mengajak pelajar Indonesia agar mengikuti kompetisi ini.

“Ide tentu ada, namun terkadang kemauan yang kurang, apalagi menulis. Inilah saatnya bagi siswa/i untuk memulai dan mengembangkan bakat menulis-nya, agar kelak lebih baik lagi”,   katanya.

Peserta dapat mendaftarkan diri dalam dua gelombang. Gelombang pertama mulai 1 November-15 Desember 2017, dan Gelombang kedua mulai 16 Desember 2017-15 Januari 2018. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah maupun OSIS sekolah dengan menghubungi narahubung panitia pelaksana.

“Selain secara individu, pendaftaran juga dapat dilakukan secara kolektif. Untuk ini, informasinya dapat dilihat di laman blog kami http://semaunimed.blogspot.com”, kata Ketua Panitia Pelaksana, Suwandonadi.

KOMENTAR

BACA JUGA