IBX5A49C9BC313D6 MPK Pelopor Keamanan Kampus USU – Cerita Medan

MPK Pelopor Keamanan Kampus USU

MPK Pelopor Keamanan Kampus USU
MPK Pelopor Keamanan Kampus USU

CERITAMEDAN.COM – Medan, 23 Oktober 2017 sekelompok Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU yang menamai diri mereka sebagai Mahasiswa Peduli Keamanan (MPK), menyelenggarakan kegiatan Kampanye dan Talkshow yang mengusung tema keamanan kampus. Hal ini di dasari karena seringnya terjadi pencurian kendaraan bermotor di kota Medan bahkan di lingkungan kampus sekali pun. Terbentuknya acara ini juga di dukung oleh KPK dalam program yang diselenggarakan oleh KPK yaitu Festival Integritas Kampus (FIK) 2017. Dengan adanya Festival Integritas Kampus maka terbentuklah MPK yang merupakan wadah mahasiswa yang peduli akan keamanan yang diharapkan dapat mengajak seluruh mahasiswa peduli dengan keamanan dari hal-hal yang paling sederhana.

Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi Ibu Emilia Ramadhani juga turut mendukung kegiatan ini menyebutkan kegiatan ini di anggap sebagai pelopor untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa, bahwa keamanan harus di dasari dari diri kita sendiri dan hal-hal yang sederhana. Maka dari itu saya mendukung penuh atas kegiatan MPK dan saya berharap terus berkelanjutan untuk kita semua.

Sekitar 100 orang hadir dalam Talkshow MPK yang menghadirkan Kanit Ranmor Satreskrim Poltabes Medan AKP Heri Sihombing, Duta Humas Polda Sumatera Utara Putri Dessy N. Siburian dan juga Haris Wijaya selaku Dosen Ilmu Komunikasi dan Perwakilan dari FIK 2017. Dalam talkshow tersebut banyak membahas seputar keamanan kampus dan sekitar kota Medan.

Dalam kesempatan kali Ini Haris juga sempat mengungkapkan bahwa Universitas Sumatera Utara Merupakan Showroom sepeda motor sebenarnya USU selalu meningkatkan dan memperbaiki keamanan kampus tapi disini juga maling bisa tinggal pilih, USU ini showroom terbesar di Medan mau vario, beat, ninja, maling tinggal pilih kalau bosan. Makanya jangan sungkan pakai gembok di sepeda motor.

Banyaknya pengetahuan yang di ulas dalam talkshow MPK menjadi daya tarik sendiri bagi peserta, tidak hanya mengenai kemanan tentang sepeda motor banyak juga informasi lain, misalnya mengenai informasi hoax yang berkembang di masyarakat dan nomor-nomor darurat yang bisa kita dapat pada saat waktu-waktu jika dalam kesulitan. Selain itu penggunaan media sosial sebagai sarana dan wadah informasi tentang kejadian-kejadian yang terjadi di kota Medan pun ikut di ulas dalam talkshow kali ini.

“Jangan menyepelakan hal-hal kecil, baik itu keamanan sepeda motor ataupun lainnya dan jangan lupa menggunakan kunci ganda karena bagaimana pun hal tersebut bisa mencegah kejahatan” Pungkas Putri Dessy dalam talkshow untuk lebih meyakinkan mahasiswa dalam menjaga keamanan.
Selain kampanye dan talkshow pada kegiatan kali ini juga diadakannya peresmian monumen keamanan di Kampus FISIP USU. Serta pemasangan gembok serentak di sepeda motor yang diberikan oleh pihak MPK oleh setiap peserta yang ikut mendukung acara MPK. Monumen Keamanan kampus ini diresmikan oleh Sekretaris Departemen Ilmu Komunikasi. Tidak hanya sampai disitu, para anggota MPK kemudian bergerak membagikan papan himbauan tentang pentingnya menggunakan kunci ganda pada sepeda motor kepada setiap Fakultas yang ada di Universitas Sumatera Utara. Hal ini juga merupakan bentuk nyata MPK dalam keseriusan untuk mengajak mahasiswa untuk tetap menjaga keamanan dimulai dari diri mereka sendiri, dan hal ini disambut antusias oleh para mahasiswa lainnya

“Teman-teman harus punya rasa peduli dan tindakan nyata, diharapkan setelah kegiatan ini teman-teman dapat lebih peduli terutama pada keadaan kampus,” tutup Heri selaku perwakilan Satreskrim Polres Medan pada kesempatan tersebut.

KOMENTAR

BACA JUGA