IBX5A49C9BC313D6 Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih - Cerita Medan

Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih
Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

CERITAMEDAN.COM – Sebaiknya konsumsilah dengan jumlah yang cukup, tidak kurang atau berlebih. Kurang dan kebanyakan minum air putih sama-sama berakibat buruk untuk tubuh, terutama bagi ginjal.

Berikut adalah bahaya yang akan timbul jika terlalu banyak mengkonsumsi air putih:

1. Hiponatremia Esofagus
Merupakan suatu kondisi yang terjadi dimana darah pada tubuh kekurangan kadar natrium (kadar garam). Parlindungan Siregar, ahli ginjal hipertensi FKUI RSCM, seperti dikutip dari detikHealth, kelebihan air di dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kadar natrium dalam darah. Kekurangan natrium dapat mengakibatkan kantuk dan cepat lelah. Keadaan ini juga mengakibatkan cairan tubuh akan menjadi encer dan jumlahnya menjadi berlebihan. Akibatnya sel-sel di tubuh akan membengkak, diikuti dengan pembengkakan otak hinga menyebabkan kejang bahkan kematian.

2. Merusak Ginjal
Jumlah cairan yang terlalu banyak masuk kedalam tubuh dapat meningkatkan kinerja ginjal dari yang seharusnya kebanyakan minum air akan membuat ginjal mengalami hiperfiltrasi. Akibatnya, ukuran ginjal akan lebih besar. Pada orang normal, kondisi ini masih bisa ditoleransi oleh ginjal. Namun, akibatnya bisa fatal pada penderita gangguan ginjal. Bahkan parahnya lagi, jika terlalu banyak menyaring cairan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh maka glomerulus bisa rusak. Glomerulus: tempat penyaringan air di ginjal.

3. Peningkatan Volume Darah.
Mengkonsumsi air putih dengan jumlah lebih dari yang diperlukan tubuh dapat meningkatkan jumlah volume darah. Apabila volume darah meningkat maka berimbas pada sistem pembuluh darah yang akan tertutup yang membuat kinerja jantung beserta pembuluh darah akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.

International Marathon Medical Directors Association (IMMDA) menyarankan agar kita mengkonsumsi air minum hanya pada saat kita merasa haus dan dahaga. Konsumsilah air minum secukupnya atau tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita.

Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan seberat 50 kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari. Rekomendasi ini menjadi sangat logis, karena berat badan seseorang tentunya berpengaruh juga dengan jumlah kebutuhan air yang harus diminumnya perhari. Orang yang lebih gemuk (berat badan lebih besar) tentunya membutuhkan air dalam jumlah yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan orang yang kurus.

Minumlah air putih secara bertahap, jangan sekaligus dalam satu waktu. Contohnya, 1 gelas air setelah bangun tidur, kemudian dilanjutkan 1 gelas sebelum dan sesudah sarapan, 1 gelas sebelum dan sesudah makan siang, satu gelas sebelum dan sesudah makan malam, dan 1 gelas sebelum tidur.

Namun ternyata masih banyak orang yang salah kaprah tentang anjuran minum air putih ini. Karena ingin mencukupi kebutuhan air untuk tubuh, mereka umumnya minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu waktu.

Nah, semoga artikel ini bermanfaat ya bagi pembaca Cerita Medan dimanapun berada.i bermanfaat ya bagi pembaca Cerita Medan dimanapun berada.

Tag:

KOMENTAR

BACA JUGA