Toba Charity Run 2017 Berhasil Galang Dana Rp64 Juta

Toba Charity Run 2017
Toba Charity Run 2017

Toba Charity Run (TCR) 2017 yang digelar oleh Yayasan Alusi Tao Toba bekerja sama dengan Padbul Runners dan Kenanga Garden (30/4) berhasil menggalang dana sebesar Rp.64 juta. Acara yang diadakan di Kenanga Garden, Medan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional dan melanjutkan program #taotobamembaca.

Event tahunan ini diselenggarakan kali kedua setelah tahun 2016 diadakan di Balige. Tahun ini, diadakan di Medan ini menyambut berkembangnya olahraga lari, gerakan kerelawanan, dan semangat filantropi (berbagai) yang pesat di Medan. Ada dua kategori yang dibuka di TCR tahun ini, yaitu 10 kilometer dan 5 kilometer.

Lebih dari 40 puluh pelari yang berasal dari Kota Medan, Kabanjahe, Kisaran, dan Bogor ikut bergabung berlari di Medan untuk mendukung program #TaoTobaMembaca yang dilakukan oleh Alusi Tao Toba. Semua donasi yang berhasil dikumpulkan akan digunakan untuk operasional empat sopo belajar dan satu kapal perpustakaan keliling yang dijalankan oleh Alusi Tao Toba.

Selain donasi para peserta (Rp. 250.000 untuk umum, Rp. 125.000, dan Rp. 100.000 untuk pelajar), penggalangan dana dilakukan dalam bentuk dukungan berlari khusus kepada Togu Simorangkir dan Nous Simorangkir (9 tahun) putra dari Togu Simorangkir. Donasi untuk mendukung Togu mencapai Rp. 30 juta dan Nous mencapai Rp. 11 juta. Nous Simorangkir yang berlari sejauh 5 kilometer ini merupakan peserta termuda TCR 2017.

“Jika tahun lalu berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 18 juta, tahun ini TCR berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 64 juta,” kata Togu Simorangkir, Ketua Yayasan dan Pendiri Yayasan Alusi Tao Toba. “Dana yang terkumpul ini cukup untuk membiayai operasional 4 sopo belajar dan satu kapal belajar untuk 3 bulan,” kata Togu lagi.

Berlari di Kotamu

Seperti tahun lalu, peserta yang berada di luar kota Medan tetapi ingin ikut berlari dan mendukung peningkatan pendidikan serta akses buku bacaan berkualitas untuk anak-anak di Danau Toba mengikuti Berlari di Kotamu. Event ini dilaksanaan bersamaan dengan TCR 2017 di Medan.

Ada 58 pelari yang berlari di kota masing-masing. Ada di Balige, Pontianak, Pematang Raya, Bogor, Jakarta, Karimun Jawa, Jawa Tengah, Taiwan, Oslo, Perth, Buenos Aires, dan Iceland.

 

Duta Besar Indonesia untuk Argentina Ikut Berlari

Dukungan untuk program #TaoTobaMembaca yang dilakukan oleh Yayasan Alusi Tao Toba juga datang dari Duta Besar Indonesia untuk Argentina, Jonny Sinaga. Jonny ikut berlari di Buenos Aires dan menunjukkan dukungan terhadap upaya peningkatan pendidikan dan akses buku bacaan berkualitas untuk anak-anak di Danau Toba yang dilakukan oleh Alusi Tao Toba. Tahun lalu, Jonny juga ikut Toba Charity Run dan berlari di Buenos Aires.

“Kami menunjukkan dukungan terhadap Toba Charity Run 2017 dengan ikut berlari di Buenos Aires, kira-kira 15.000 kilometer dari Medan. Kami berharap sukses dan bisa membantu anak-anak di Danau Toba,” kata Jonny Sinaga.

Setelah berlari, peserta Toba Charity Run diajak mengenal kondisi pendidikan anak-anak di wilayah Danau Toba, terutama yang menjadi fokus kerja Yayasan Alusi Tao Toba.

“Terima kasih kepada semua pelari yang sudah mendukung TCR 2017. Dengan mendaftar sebagai pelari kalian sudah ikut menginspirasi masyarakat luas untuk peduli terhadap dunia pendidikan,” kata Togu Simorangkir. “ Ini adalah sebuah aksi yang sangat penting untuk dunia pendidikan,” katanya lagi. “Tahun depan Toba Charity Run akan diramaikan dengan triathlon. Peserta bisa mengikuti ketiganya, berenang, berlari, dan bersepeda, atau memilih satu di antaranya,” tambah Togu.

Makin Seru dengan Charity Kids Drawing Competition

TCR 2017 semakin seru dengan adanya Charity Kids Drawing Competition yang diselenggarakan pada waktu yang sama dan tempat yang sama. Event lomba menggambar ini diselenggarakan untuk memperingati hari bumi dan hari buku internasional.

Memperingati hari bumi, lomba menggambar ini mengangkat tema, “Sayangi Bumi, Sayangi Sesama.” “Mendidik anak untuk mencintai lingkungannya dan sesamanya harus dilakukan sejak dini,” kata Prana Hutabarat, CEO Kenanga Garden yang menjadi sponsor utama angkaian kegiatan TCR 2017 dan Charity Kids Drawing Competition.

Memperingati hari buku, peserta Charity Kids Drawing Competition mendaftar dengan menyumbangkan 5 buah buku yang nantinya akan disumbangkan untuk program #TaoTobaMembaca Yayasan Alusi Tao Toba. Ada lebih dari 170 anak yang ikut dalam kompetisi ini.

Klik http://alusitaotoba.org untuk menilik program Yayasan Alusi Tao Toba dan berbagai cerita dari sopo dan kapal belajar yang telah menjadi tempat bermain dan belajar kesukaan anak-anak di sekitar Danau Toba.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA