RJI Sumut Gelar OJS dan Indeksasi Jurnal

 

RJI Sumut Gelar OJS dan Indeksasi Jurnal
RJI Sumut Gelar OJS dan Indeksasi Jurnal

CERITAMEDAN.COM, Medan – Sabtu (1 April 2017) Relawan Jurnal Indonesia (RJI) daerah Sumatera Utara menggelar acara Workshop Tata Kelola Open Journal System (OJS) dan Indeksasi Jurnal. Acara dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) beberapa kampus di Sumatera Utara.

Acara secara resmi dibuka oleh Wardayani, SE, M.Si selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma yang bertindak sebagai host acara ini.

Dalam sambutannya Cici demikian sapaan akrab Wardayani, mengatakan pentingnya akan OJS ini bagi suatu kampus. “Salah satu tri dharma perguruan tinggi adalah penelitian. Nah, jadi selaku dosen sudah manjadi suatu keharusan melakukan penelitian. Untuk ini tentu dibutuhkan media publikasinya, salah satunya adalah jurnal berbasis OJS tersebut,” demikian sambutannya.

Dodi Siregar, Ketua RJI Sumut
Dodi Siregar, Ketua RJI Sumut

Dodi Siregar, M.Kom selaku Ketua Korda RJI daerah Sumatera Utara juga mengatakan, setelah 31 Maret 2016 terbitan ilmiah berkala yang bisa diajukan untuk akreditasi adalah jurnal yang berbasis OJS. Sebelum pada tahap ini, tentunya dilakukan indeksasi jurnal yang kita miliki masing-masing. Ini sesuai dengan Perdirjen No. 1 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah.

“Jadi sudah sangat cocok sekali tema workshop yang kita laksanakan hari ini” imbuh Dodi. Selanjutnya Dodi mengharapkan kepada seluruh peserta agar sebisa mungkin menggandeng kampus lain yang hari ini belum memanfaatkan OJS tersebut.

“Bapak ibu, mari kita maju bersama. Mohon disampaikan kepada teman-teman kampus lain yang belum memanfaatkan OJS tersebut. Kami, RJI siap melakukan pendampingan sedaya mampu kami. Ini sesuai dengan semangat RJI yaitu Berbagi, Giatkan Publikasi,” tutup Dodi.

Workshop Tata Kelola Open Journal System
Workshop Tata Kelola Open Journal System

Kegiatan workshop kali ini juga dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara beberapa perguruna tinggi dan berbagai disiplin ilmu yang ada di Sumatera Utara. Peserta yang hadir pada acara workshop tersebut sebanyak 45 orang dari beberapa PTN maupun PTS yang ada di Sumatera Utara. Bertindak sebagai pemateri yaitu Oris Krianto Sulaiman, M.Kom dan Robbi Rahim, M.Kom., mereka juga merupakan pengurus RJI Sumatera Utara. Tampak juga pengurus lainnya seperti Mesran, M.Kom dan Dina Nazriani.***(CM/PR)

 

KOMENTAR

BACA JUGA