SMKN 9 Medan Gandeng 8 Institusi dan Perusahaan Selenggarakan UKK 2017

SMKN 9 Medan Gandeng 8 Institusi Dan Perusahaan Selenggarakan UKK 2017

CERITAMEDAN.COM, Medan – SMK Negeri 9 Medan tahun ini kembali sukses mengadakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Adapun program keahlian yang mengikuti UKK tahun ini adalah Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Pekerja Sosial (PS) yang dilaksanakan selama 3 hari, 9-11 Maret 2017.

Adapun tujuan pelaksanaan UKK ini adalah untuk mengukur sejauh mana pencapaian kompetensi peserta didik di level tertentu yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari selama proses pembelajaran di SMK selama 3 tahun.

Dengan kata lain yang diujikan di sini adalah yang berkaitan dengan kemampuan kompetensi masing-masing peserta didik.

“UKK terdiri dari dua hal, yaitu Ujian Praktik Kejuruan yang dilakukan sebelum waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Teori Kejuruan yang memang menjadi bagian dari seluruh rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional di SMK,” terang Ramzil Gempita Hidayat, M.Pd.T selaku Wakil Kepala Bidang Hubungan Industri, didampingi Ardiansyah, ST sebagai Ketua Program Keahlian RPL.

Ramzil juga menambahkan, sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan UKK tahun ini SMK Negeri 9 Medan menggandeng sebanyak 8 institusi dan perusahaan sebagai penguji Ekternal dengan terlebih dahulu menjalin kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa instansi dan perusahaan mitra tersebut seperti: PT. Carita Media Mayantara, CV. Perdana Mitra Medan, PT. Jadi Mandiri Lamtama, CV. Medan Exchange, Relawan TIK Sumut, CV. Digital Global Network,  Pusat Kajian Perlindungan Anak (PKPA) dan Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI).

Pada kesempatan ini Ardiansyah dan Ramzil juga berharap agar pelaksanaan UKK tahun ini dapat meningkatkan kualitas mutu tamatan khususnya SMK Negeri 9 Medan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

KOMENTAR

BACA JUGA