ITFest 2017 HIMATIF USU, Masuki Kancah Sumbagut

ITFest 2017, HIMATIF USU Masuki Kancah Sumbagut
ITFest 2017 HIMATIF USU, Masuki Kancah Sumbagut

CERITAMEDAN.COM, Medan – Sebagai himpunan mahasiswa yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (HIMATIF) adakan  ITFest 2017 dengan mempersembahkan berbagai acara. Kegiatan yang berbeda dari tahun sebelumnya ini mendapat dukungan baik dari pihak Fakultas. Sebab tahun ini Fakultas Informatika mengadakan kegiatan yang ruang lingkupnya mencakup Sumatera Utara bagian Utara (Nangroe Aceh Darussalam, Riau, dan Sumatera Barat). Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini memiliki berbagai rangkaian acara, seperti kompetisi IT, bazar, pameran teknologi, live music,  dan juga seminar nasional.

Kompetsi IT yang diselenggarakan meliputi 6 mata lomba yaitu, olimpiade TIK, programing, pengembangan bisnis TIK, design UX, E-Sport Dota 2, dan E-Sport AyoDance.  Keenam cabang mata lomba tersebut diikuti oleh pelajar, mahasiswa, dan juga umum dengan mencapai peserta sebanyak 50 peserta pada masing-masing mata lomba.

Selain kompetisi IT acara puncak ITFest 2017 di meriahkan dengan Seminar Nasional industri kreatif yang diikuti oleh 350 peserta. Seminar Nasional ini berhasil mengundang Ery Punta Hendraswara, selaku Deputy EGN Coherence dan Innovation Manaagement, Digital Service Division PT Telkom, dan juga merupakan Managing Director of Indigo sebagai pembicara pada seminar nasional tersebut.

Melihat era sekarang berbeda dengan era sebelumnya, dimana saat ini surat, fax, dan jenis lainnya tidak lagi digunakan bahkan dapat digantikan dengan satu benda saja, yaitu handphone membuat kita harus melakukan inovasi. Terlebih lagi dalam dunia bisnis.

Sebagaimana yang dipaparkan Ery pada materinya yang memaksa kita untuk memilih innovate or die. “Saat ini surat tidak lagi digunakan. Untuk mengirimkan surat sudah dapat digantian dengan e-mail atau pesan singkat. Beda dengan zaman dulu yang masih menggunakan surat. Surat, fax, bahkan kamera sudah menyatu pada handphone disaat ini,” jelasnya.

Acara puncak ini juga diisi dengan beberapa stand bazar di halaman depan Auditorium USU, misalnya seperti stand KFC, Go-Jek, Catime, dan berbagai stand makanan dan minuman lainnya. Tidak hanya stand bazar saja yang ada di pelataran Auditorium, HIMATIF juga meriahkan acara dengan pameran teknologi. Dimana pameran teknologi ini berisi hasil karya IT dari mahasiswa Fakultas Informatika sendiri. Setelah seminar nasional juga akan ada pemberian hadiah pada peserta yang telah terpilih menjadi pemenang setelah mengikuti final lomba pada 10 Maret kemarin.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan Fakultas ini kedepannya ingin lebih baik lagi. Dimana yang pada tahun 2016 ITFest masih tingkat kota Medan saja, di tahun 2017 ITFest mencakup tingkat Sumatera Utara bagian Utara, dan kedepannya akan berusaha menuju tingkat nasional. Proses untuk menuju lebih baik lagi pastinya membutuhkan dukungan dari pihak civitas akademik.

Putra, selaku ketua panitia ITFest 2017 mengatakan, “Untuk langkah-langkah kedepan yang lebih baik kita butuh evaluasi. Dimana setiap pelajaran-pelajaran kita butuh evaluasi-evaluasi. Inikan tidak hanya acara yang melibatkan himpunan mahasiswa saja tapi juga pihak fakultas, dengan begitu kedepannya kami akan melakukan hubungan berlanjut ke pihak terkait. Baik pihak fakultas, sponsorship,  bahkan ke USU sendiri untuk bisa menembus tahap Nasional,” jelasnya.

Tidak hanya ingin kegiatan ITFset memasuki kancah nasional, tetapi kedepannya kegiatan ITFest juga harus lebih meriah lagi kedepannya. “Harapannya selain menuju kancah Nasional, kegiatan ITFest harus lebih meriah lagi dari tahun ini,” tambah Putra. ***(CM-06/Ika Rahmadani Lubis)

KOMENTAR

BACA JUGA