Wisatawan Lokal dan Mancanegara Tingkatkan Pariwisata dan Transportasi Sumatera Utara

  • Whatsapp
Wisatawan Lokal dan Mancanegara Tingkatkan Pariwisata dan Transportasi Sumatera Utara
Berdasarkan Survey BPS, Wisatawan Tingkatkan Pariwisata dan Transportasi Sumatera Utara

Berdasarkan data yang disampaikan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Sumatera Utara dalam konferensi pers pada 1 Desember 2016, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung di Sumatera Utara pada bulan Oktober 2016 mengalami peningkatan jika ditinjau dari bulan sebelumnya, kenaikan berada ditingkat persentase 8,06%. Kenaikan ini ditinjau dari 3 pintu masuk utama yaitu Bandara Udara Kuala Namu, Pelabuhan Laut Tanjung Balai Asahan dan Pelabuhan Laut Belawan. Kenaikan jumlah pengunjung terlihat pada pintu masuk Bandara Udara Kuala Namu dan mengalami penurunan di Pelabuhan Asahan dan Pelabuhan Belawan. Bandara Udara memang masih menjadi sarana primadona masyarakat dalam bepergian keluar kota maupun luar Negeri.

Bila dibandingkan dengan jumlah wisatawan mancanegara di bulan Oktober di tahun 2015, kenaikannya mencapai 42,58%. Wisatawan yang terlihat ramai berkunjung ke Sumatera Utara adalah wisatawan asal Malaysia. Kenaikan jumlah wisatawan asing di Sumatera Utara juga memengaruhi tingkat pendapatan para pebisnis hotel.  Kenaikan ini tidak hanya terjadi pada wisatawan asing di Sumatera Utara saja, hal serupa juga terlihat pada jumlah pengunjung domestik yang mengalami kenaikan sebesar 5,7% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Secara kumulatif selama Januari-Oktober 2016, jumlah wisatawan asing di Sumatera Utara mengalami penurunan sebesar 3,88% bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2015.

Read More

Jika dilihat, akhir-akhir ini pariwisata di Sumatera Utara memang sedang mengalami peningkatan fasilitas dan kualitas pariwisata oleh Dinas Pariwisata Sumatera Utara maupun pihak swasta yang bergelut dalam bidang wisata. Hal ini juga disebabkan oleh pemberitaan-pemberitaan di TV, semakin banyak program TV menampilkan pesona alam Indonesia yang masih terselip. Pemberitaan seputar pesona alam hijau Indonesia, khususnya Sumatera Utara membuat gatal kaki para penjelajah alam dan membangkitkan jiwa petualang muda-mudi Sumatera Utara. Seiring dengan munculnya program eksplor alam di TV, sontak meramaikan jagat pariwisata Sumatera Utara, baik pariwisata yang sulit terjangkau maupun pariwisata olahan pihak swasta. Destinasi wisata di Sumatera Utara bukan hanya mendatangkan wisatawan lokal atau dari luar Sumatera Utara, melainkan wisatawan asing.

Perkembangan ini juga diikuti dengan bermunculannya komunitas-komunitas pencinta alam di Sumatera Utara. Komunitas-komunitas tersebut seolah tidak ingin tertinggal sedikitpun dalam menapaki setiap momen indah di Sumatera Utara. Positifnya adalah, dengan maraknya komunitas pencinta alam di Sumatera Utara, kemungkinan terampasnya keindahan alam milik Indonesia oleh negara lain sangat kecil, bahkan pada lokasi pelosok di perbatasan sekalipun. Hal ini termasuk bentuk pelestarian alam Sumatera Utara. Semakin terjaga dan berkembangnya perawatan terhadap pariwisata alam Sumatera Utara, maka wisatawan asing pun berbondong-bondong berkunjung ke Sumatera Utara. Kedatangan wisatawan asing tentu pemasukan devisa bagi negara.

Wisatawan asing yang mendominasi di Sumatera Utara adalah Malaysia dan diikuti dengan Singapura, Tingkok, Belanda, Australia, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Thailand dan India pada posisi terakhir. Jika ditotal jumlah wisatawan asing di Sumatera Utara dari 10 negara tersebut, persentasenya mencapai 69,46% dari jumlah kedatangan wisatawan asing di Sumatera Utara.

Kenaikan jumlah wisatawan asing yang terjadi di bulan Oktober dibandingkan bulan September dapat dilihat dari Tingkat Hunian Kamar (TKP) hotel berbintang di Sumatera Utara mencapai 59,53, mengalami penaikan 9,41 poin. Tingkat Penghunian Kamar juga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan bulan Oktober tahun 2015 lalu mencapai 8,40 poin, dari 51,13% di Oktober 2015 naik menjadi 59,53% pada bulan Oktober 2016. Diharapkan wisatawan asing yang berkunjung ke Sumatera Utara akan meningkat setiap bulan dan tahunnya seiring dengan pembenahan pariwisata di Sumatera Utara.***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *