Tabligh Akbar Satu Cinta untuk Rohingya, Satukan Kepedulian Antar Komuntas Medan

  • Whatsapp

Tabligh Akbar Satu Cinta untuk Rohingya, Satukan Kepedulian Antar Komuntas Medan

Aliansi lintas komunitas Medan mengadakan acara puncak dari aksi pengumpulan dana bagi muslim etnis Rohingya pada Sabtu, 10/12/2016 di Masjid Agung Medan. Acara ini diikuti oleh 400 orang yang berasal dari berbagai kalangan. Ada 26 komunitas yang ikut bergabung dalam mengadakannya acara tabligh akbar ini. Acara tabligh akbar ini merupakan acara puncak dari kegiatan aksi yang sudah mereka lakukan sejak tanggal 5 Desember 2016 lalu. Jika sebelumnya mereka melakukan penggalangan dana dengan turun ke jalan-jalan maka, hari ini mereka mengadakan acara tabligh akbar yang juga tidak luput dari tujuan awal yaitu penggalangan dana bagi muslim Rohingya yang saat ini tengah berada dalam keadaan darurat.

Read More

Latar belakang diadakannya acara tabligh akbar ini tidak jauh berbeda dengan latar belakang diadakannya aksi penggalangan dana yang dilakukan sebelumnya, yaitu karena melihat kondisi umat muslim di Rohingya yang terakhir ini gencar diberitakan adanya pembantaian yang menewaskan lebih dari 70 orang, 400 orang yang ditangkap militer Myanmar dan 1250 rumah yang dihancurkan serta masjid dan bangunan sekolah juga yang tak luput dari pembantaian Myanmar. “Di saat banyak media bahkan dunia diam di saat korbannya itu adalah warga muslim, untuk itu selayaknya kita membantu. Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka, sekujur badan akan merasakan panas dan demam. Hari ini mereka lebih membutuhkan hati kita sebagai sesama manusia dibanding nalar terhadap peta konfliknya. Atas nama kemanusiaan, mereka membutuhkan kita. Tingkatkan kepedulian terhadap sesama atas dasar kemanusiaan,” ujar Kamal, selaku koordinator acara dalam acara tabligh akbar ini.

Berbeda dengan kegiatan aksi penggalangan di jalan, kali ini aliansi lintas komunitas mengadakan penggalangan dan dengan mengemas menjadi satu dalam acara Tabligh Akbar. Tabligh Akbar Satu Cinta untuk Rohingya juga diadakan sebagai tempat untuk mengumpulkan bantuan dana untuk Rohingya. Tabligh akbar ini diadakan sebagai kegiatan pembuka dan penutup kegiatan Satu Cinta untuk Rohingya. Pada acara Tabligh akbar ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara dan beberapa ustadz yang sengaja diundang untuk mengisi acara tabligh akbar yang diadakan oleh aliansi lintas komunitas Medan di Masjid Agung Medan. Selain itu, pada acara tabligh akbar ini juga akan dibuka untuk orang-orang yang ingin berdonasi membantu Rohingya. Ustadz-ustadz yang ikut mengisi dalam acara tabligh akbar ini adalah Ustadz Latif Khan, Ustadz Ardiansyah dan Ustadz Ramadhan.

“Pada awal pembukaan acara, belum banyak yang hadir. Namun seiring berjalannya acara, alhamdulillah sekitar 400 peserta yang ikut acara yang kita adakan ini. Awalnya kita juga sempat khawatir, namun akhirnya kekhawatiran itu tak terjadi,” tambah Kamal. Dari data panitia dana terkumpul hari ini sebanyak Rp. 15.456.700,-. Untuk kalkulasi dana keseluruhan selama diadakannya aksi akan mereka jumlahkan pada tanggal 12 Desember 2016 mendatang. Keseluruhan dana akan disalurkan oleh PKPU dan Dompet Duafa yang memiliki pengalaman dalam bidang penyaluran dana. Setelah tanggal 12 Desember, aliansi lintas komunitas di Medan ini akan kembali mengadakan penggalangan dana bagi Aceh yang terkena gempa. “Mohon do’anya agar kegiatan aksi penggalangan dana untuk Aceh yang akan dilakukan selanjutnya dapat kembali terealisasi dengan baik. Aamiin,” harap Kamal.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *