Semarak Bazaar Usaha di Sekolah Wirausaha CT Arsa Foundation

  • Whatsapp

 

Dalam rangka terpilihnya SMA Unggulan Chairul Tanjung (CT) Arsa Foundation sebagai Sekolah Kewirausahaan oleh Pemerintah membuat Siswa/i SMA Unggulan CT Arsa Foundation mengadakan Pesta Bazaar Sekolah Kewirausahaan pada hari Kamis, 22 Desember 2016. Acara ini berlangsung selama dua hari, sejak pukul 09.00-17.00 WIB. Pesta Bazar ini diisi oleh 48 stand bazaar yang berasal dari pembagian kelompok yang dilakukan sekolah bagi setiap siswa/i kelas X sampai kelas XII. Pembagian kelompok wirausaha dibagi secara acak dan digabung antar kelas.

Read More

Ricky Prayogi, selaku ketua Panitia Bazaar sekaligus guru mata pelajaran Fisika di SMA Unggulan CT Arsa Foundation memaparkan bahwa kegiatan ini berawal dari pengajuan proposal kepada pemerintah untuk menjadi salah satu kandidat Sekolah Kewirausahaan  pada Bulan Juli 2016 lalu. Selanjutnya, pada akhir Juli pemerintah mengumumkan bahwa SMA Unggulan CT Arsa Foundation terpilih menjadi salah satu Sekolah Kewirausahaan yang ada di Medan.

Atas dasar inilah kegiatan kewirausahaan dimulai sejak bulan Agustus 2016 lalu. Selain sebagai penunjang mata pelajaran yang ada di sekolah ini, acara ini juga merupakan realisasi dari salah satu visi misi sekolah, yaitu mencetak generasi entrepreneur. Sebelum membuka usaha di bulan Desember ini, setiap kelompok yang ada diminta untuk mengajukan proposal usaha yang akan mereka pilih pada acara Pesta Bazaar ini. “Setelah mendapatkan persetujuan, baru pada bulan Agustus mereka memulai usahanya,” ucap Ricky Prayogi.

Pesta Bazaar Sekolah Kewirausahaan ini merupakan pemberian modal dari pemerintah kepada setiap sekolah yang terpilih menjadi Sekolah Kewirausahan. Modal yang diberikan dari pemerintah, lalu dibagikan kepada setiap kelompok yang terdiri dari siswa/i SMA Unggulan CT Arsa Foundation.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai stand dari usaha setiap kelompok dan beberapa sponsor yang ikut memberikan kontribusi dalam pemberian kado bagi para pemenang peserta lomba, yang juga menjadi salah satu pemicu kemeriahan acara ini. Adapun beberapa sponsor yang ikut mengisi event ini  adalah Wardah, Bank Mega, Transmart, Honda dan Smartfren. Bazaar ini diisi dengan beberapa kreativitas yang dihasilkan siswa, meliputi kerajinan, makanan dan hijab.

Selain pameran produk, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti lomba Fashion Show, lomba mewarnai, dan lomba photo booth dengan tema hari ibu. Ada juga hiburan di sela acara yang diadakan oleh SMA CT Arsa Foundation ini, meliputi Live Musik, Musikalisasi Puisi, Tari Tradisional & Modern serta pertandingan olahraga. Lomba yang diadakan ini terbuka untuk umum dan gratis atau tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Dipilihnya tanggal 21 dan 22 Desember 20167 sebagai pengadaan acara Pesta Bazar ini dilatar belakangi karena bertepatan di hari ibu dan bertepatan pada jadwal pembagian rapot bagi siswa/i SMA Unggulan CT Arsa Foundation agar dapat dijadikan sebagai hiburan bagi para orangtua ketika mengunjungi anaknya. Selain itu, pada Pesta Bazar ini diisi dengan Seminar Internet Sehat yang terbuka untuk para orangtua yang ikut hadir pada acara pembagian rapot siswa/i SMA Unggulan CT Arsa Foundation.

Seminar ini diadakan sebagai bentuk kepedulian pihak CT Arsa Foundation terhadap para pengguna internet saat ini. Oleh karena itu, pihak sekolah menghimbau kepada seluruh orangtua dari siswa/i untuk mengikuti seminar gratis ini di jam 12.00 WIB pada tanggal 22 Desember 2016.

Setelah semua rangkaian acara selesai, semua modal yang dipinjamkan kepada setiap kelompok dikembalikan kepada sekolah untuk dijadikan sebagai modal usaha pada acara selanjutnya. “Harapannya mudah-mudahan pengunjung yang melihat ini bisa terinspirasi. Minimal kan, mereka mikir  anak SMA aja bisa buat yang begini, nah kenapa mereka gak bisa. Yah, harapannya sih biar semakin banyak orang yang terinspirasi untuk melakukan wirausaha. Itu,” tutup Ricky Prayogi selaku Ketua Bazaar. ***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *