Rock Anthem Festival, Pestanya Para Rocker Kota Medan

  • Whatsapp
Rock Anthem Festival, Pestanya Para Rocker Kota Medan
Rock Anthem Festival 2016, Pestanya Para Rocker Kota Medan

Festival akbar band rock Kota Medan akan segera digelar pada 10-11 Desember mendatang di Pardede Hall, Medan. Ira Marian Sukma, selaku promotor pagelaran acara ini menjelaskan bahwa diawali obrolan bersama insan musik lawas Kota Medan seperti Didi (Purgatory), Said (Produksi Dendam), Ochir dan beberapa teman lainnya, akhirnya d’Line Up Music memberanikan diri mengadakan mini gigs rock secara reguler 2 kali sebulan bekerjasama dengan Urban Club HDTI. Bersama Amalia (Ipeh) dan timnya, mereka membangun brand acara Rock Anthem secara bertahap.

Acara yang bermula dari kumpulan anak band tahun 90-an. Kini Rock Anthem berlanjut hingga pada tujuan mulia yakni menjadikan Rock Anthem sebagai wadah bagi band genre rock dan solois Medan. Membangkitkan serta menunjukkan kualitas bandband rock dan solois lokal Medan dengan diciptakannya festival akbar ini. Rock Anthem, Festival Rock Medan sekaligus menjadi acara akhir di penghujung tahun 2016 pertama yang menghentak Medan dengan gemerlap musik rock. “Tujuan kami sebenarnya sederhana, hanya ingin memajukan musisi rock Kota Medan,” ujar Ira, Rabu (07/12/2016).

Read More

Menurut Ira, ternyata respon dan support yang didapatkan dari teman-teman musisi lain luar biasa, termasuk juga dukungan penuh dari berbagai komunitas seperti Medan Teriak, Indie United dan Metal Medan. “Awalnya memang sulit, terutama untuk merangkul bandband Kota Medan agar sama-sama melihat misi yang kita jalankan, tapi setelah beberapa kali berjalan respon mulai naik dan berkembang hingga sekarang,” tambah Ira.

Promotor Ira Marian Sukma mengatakan dalam konferensi pers bahwa Rock Anthem Medan Rock Festival 2016 adalah pestanya para rocker Medan. Jadi tidak hanya untuk para musisi atau pemain band tapi juga para penikmat musik rock. Acara ini banyak melibatkan teman-teman dari komunitas non musisi tetapi mereka pecinta rock. Contohnya kita mengundang para bikers untuk show off Rockostumer Bike.

“Selain itu kita mengundang Record Store Indie yang menjual album karya-karya band indie Kota Medan, juga ada beberapa record label Kota Medan. Ada juga perwakilan label dari Jakarta yaitu Demajors yang siap menerima demo bandband Medan atau musisi Medan on the spot divenue,” ungkap Ira.

Selain stage utama yang diisi oleh 40 band selama 2 hari juga ada mini stage di luar yang akan berisi berbagai konten menarik seperti Coaching Clicic Drum dari Gebeg Taring Bandung dan jamming gitaris Boris The Flowers dengan Medan Blues Society. Bintang tamu yang dihadirkan pada tanggal 10 Desember yaitu The Flowers dan di tanggal 11 menghadirkan Deadsquad. “Band tersebut dipilih berdasarkan kemampuan dan kepiawaian mereka dalam mengolah musik rock. Deadsquad (Jakarta) dianggap idealis di jalur musiknya, memiliki skill luar biasa, cukup untuk membuka mata bandband rock Medan. Serta The Flowers, band yang hingga kini masih hidup dan tidak terpengarus dengan trend pasar. Secara konsisten tetap di jalur musiknya namun tetap tidak kehilangan para pecintanya,” kata Ira.

Rock Anthem Festival, Pestanya Para Rocker Kota Medan

Ada godstore clothing atau distro yang datang khusus dari Bandung untuk mengikuti acara ini. Open gate mulai pukul 10 sampai dengan 11 malam. Berbagai fasilitas diberikan juga untuk mengakomodir kebutuhan musisi, seperti booth distro, merchandise band dan record label. Hal ini berarti memberikan kemudahan untuk siapa pun yang datang agar bisa memasukkan demo bandnya ke record label di saat acara. Berbagai kompetisi menarik pun diadakan yakni Rockustom Bike Modification, Rock Concert Photography Contest dan Rock Band Audition. Tiket yang dibandrol cukup wajar, hanya Rp. 70.000,- untuk 2 hari pertunjukan. Manfaatkanlah event ini untuk memanaskan telinga dan meluaskan pengetahuan musik rock.***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *