IBX5A49C9BC313D6 Perkaya Kemampuan Anggotanya, KBBI Gelar Pelatihan Kerelawanan - Cerita Medan

Perkaya Kemampuan Anggotanya, KBBI Gelar Pelatihan Kerelawanan

Dewasa ini,  banyak sekali pergerakan pemuda sebagai penerus bangsa yang menunjukkan sisi kepedulian terhadap orang lain. Hal ini ditunjukkan dari beberapa komunitas yang semakin lama makin menjamur di Kota Medan.

Bermunculannya komunitas yang didominasi oleh para pemuda ini menunjukkan bahwa ada peningkatan masyarakat khususnya pemuda terhadap ketentraman warga dari daerah lain ataupun negara lain.  Rasa kepedualian tersebut pun mulai dapat dilihat dalam kehidupan nyata lewat pemberian bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. Baik mereka yang hidup di bawah ambang kemiskinan, hingga korban bencana alam. Seperti yang terjadi beberapa hari terakhir,  banyaknya aliansi lintas komunitas yang ikut melakukan sumbangsih dalam memberikan bantuan terhadap para korban bencana alam di Aceh Pidie.  Hal ini tentu harus diacungi jempol,  mengingat kegiatan ini juga menunjukkan bahwa masih banyak pemuda yang mau melakukan hal positif dan menebar manfaat bagi orang lain.

Berbagai tujuan mendasari terbentuknya sebuah komunitas. Mulai dari tujuan sosial, relasi, komunikasi, hingga profit. Selain itu,  kegiatan komunitas juga tak lain yaitu untuk memberikan bantuan dan uluran tangan bagi setiap orang yang membutuhkan,  baik itu dari segi pendidikan,  sandang dan pangan.

Itu pulalah yang menjadi tujuan didirikannya Komunitas Belajar Beramal Indonesia atau KBBI. Komunitas ini digadang juga termasuk salah satu komunitas yang dipelopori atas dasar keinginan untuk memberikan bantuan baik berupa materi maupun tenaga kepada mereka yang membutuhkan.

Berbagai kegiatan digelar untuk memberikan pengetahuan pada anggotanya yang nantinya dapat dimanfaatkan di masyarakat. Seperti kegiatan yang dilakukan pada Senin,  19 Desember 2016 lalu. KBBI melakukan sebuah pelatihan dengan tajuk kerelawanan yang bertujuan menunjang pemahaman para anggota tentang relawan yang sebenarnya.

Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya program kerja dari divisi kependidikan yang ada di KBBI dengan misi utama sebagai pembelajaran bagi para anggota KBBI itu sendiri. Dengan tujuan agar melalui program kelas relawan diharapkan para relawan memiliki kemampuan dasar dalam berorganisasi, memiliki kemampuan di berbagai bidang agar saat dibutuhkan, relawan tersebut mampu dan siap untuk terjun dalam aksi kapan pun dan dimanapun.

Acara ini diisi oleh Muhammad Rizqi Hidayat, S.pd.I selaku pemateri sekaligus founder dari KBBI. Ia menjelaskan bahwa relawan yang sesungguhnya adalah yang benar-benar ikhlas memberikan bantuan terhadap orang lain,  baik itu secara materil maupun moril. “Sekecil apapun yang kita berikan kepada orang lain jika disertai dengan niat yang tulus, pasti mendapatkan ganjaran baik dari Allah,” katanya.

Pelatihan ini hanya dihadiri oleh 13 orang dari anggota KBBI.  Meskipun terkesan kurangnya antusiasme dari para anggota,  namun hal ini cukup diapresiasi karena sudah ada respon positif dari para anggota untuk mengadakan dan mengikuti pelatihan demi menunjang kemampuan mereka dalam bidang kerelawanan.

Maya, selaku staf dari bidang kependidikan memaparkan bahwa ada rencana selanjutnya untuk setiap pelatihan yang diadakan oleh anggota staf divisi kependidikan dan diadakan setiap bulannya. Tentunya acara ini berdasarkan kesadaran dari para anggota akan pentingnya asupan materi yang masih berkaitan dengan misi dari KBBI itu sendiri.

“Saya sih berharap kalau kegiatan ini akan ada setiap bulannya.  Hari ini semoga merupakan awal dari pelatihan yang diadakan oleh KBBI. Untuk selanjutnya kami akan mengadakan pelatihan jurnalistik yang juga masih ada kaitannya dengan divisi yang ada di KBBI, ” ujar Maya. ***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

 

KOMENTAR

BACA JUGA