IBX5A49C9BC313D6 Manfaat Air Tebu - Cerita Medan

Manfaat Air Tebu

 

sumber foto: brilio.net

Selain rasanya yang menyegarkan, aroma dan rasa air tebu yang khas, minuman ini juga terbilang mudah untuk ditemui. Air tebu juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Tanaman tebu yang memiliki bentuk seperti batang, bisa berdiri tegak dengan daun yang memiliki permukaan kasar ini nyatanya memiliki rasa manis alami yang dapat menjadi pengganti energi tubuh yang hilang saat cuaca panas. Kamu dapat meminumnya dengan es atau tanpa es. Di balik rasa dan aromanya yang sangat khas, yuk teliti dulu apa saja sih manfaat dari tanaman mujarab satu ini.

1. Meningkatkan Pasokan Energi Tubuh

Tebu mengandung sebuah senyawa aktif dan glukosa alami yang dapat meningkatkan energi karena mendorong metabolisme untuk tubuh. Glukosa dan senyawa elektrolit dalam tebu dapat meningkatkan energi karena mendorong metabolisme dalam tubuh. Selain itu, zat gula menjadi salah satu penambah energi yang paling besar terutama saat musim panas.

2. Aman Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes identik dengan pantangan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Gula tambahan dan semua jenis gula yang menyebabkan kadar gula tinggi kerap kali dihindari untuk menjaga kadar gula tetap stabil. Namun kadar gula alami pada air tebu dapat menurunkan kadar gula darah karena kandungan glikemi gua yang sebenarnya lebih rendah dari gula lain. Nah bisa jadi alternatif nih, untuk penderita diabetes.

3. Melawan Kanker

Tebu adalah tanaman sumber gula yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat kuat. Antioksidan ini nantinya akan bercampur dengan mineral dari sumber makanan lain dari dalam tubuh sehingga menimbulkan reaksi yang sangat efektif untu mencegah semua jenis kanker dan menurunkan resiko kanker payudara. Zat fitokimia dalam air tebu juga sama sekali tak menimbulkan efek samping, jadi aman untuk dikonsumsi.

4. Melawan Dehidrasi

Ketika musim kemarau tiba, maka potensi untuk dehidrasi memang jadi sangat kuat. Untuk pencegahan, kamu perlu meningkatkan asupan mineral seperti mineral yang berasal dari air tebu. Tumbuhan ini mengandung berbagai jenis mineral tinggi seperti magnesium, zat besi, mangan, kalium, dan tentu saja kandungan elektorlit alami. Untuk apa mengonsumsi elektrolit buatan jika yang alami bisa kamu dapatkan dengan mudah dengan air tebu?

5. Mencegah Penyakit Infeksi Lambung

Air tebu memang mengandung kalium yang sangat tinggi. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan otot dan syaraf serta menjaga kindisi kesehatan agar tetap baik. Kalium yang ditemukan pada air tebu dapat mencegah berbagai jenis infeksi yang bisa terjadi pada lambung bahkan dapat mengatasi beberapa keuhan pencernaan seperti diare atau sembelit.

6. Mencegah Kerusakan Gigi

Kandungan mineral yang tinggi pada air tebu juga dapat efektif untuk mengatasai kerusakan gigi dan bau mulut. Mineral banyak dibutuhkan oleh gigi untuk memperkuat struktur gigi dan meningkatkan enzim khusus yang dapat mencegah bau mulut. Bahkan jika diminum secara teratur dapat meningkatkan kesehatan gigi dan membuat ggi menjadi lebih putih.

7. Menjaga Kecantikan Kulit

Wanita adalah sosok yang lebih memerhatikan kindisi kulit, untuk itu wanita seharusnya lebih sering mengonsumsi air tebu karena senyawa dalam air tebu yaitu asam alpha dapat bekerja untuk mengurangi efek penuaan dini, mencegah jerawat, dan menjaga kulit agar tetap terlihat lembut. Asam glikolat dalam air tebu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit wajah seperti mencegah kulit kusan dan berminyak. ***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

KOMENTAR

BACA JUGA