IBX5A49C9BC313D6 Main-main ke Taman Kota Binjai, Yuk - Cerita Medan

Main-main ke Taman Kota Binjai, Yuk

Main-main Taman Kota Binjai, Yuk

Kehadiran taman di setiap kota dapat dijadikan salah satu ikon yang membuat kota tersebut semakin terlihat menarik dan indah. Taman merupakan jantung kota yang memberikan beribu manfaat bagi para warga sekitar daerah tersebut. Taman kota merupakan suatu kawasan ruang terbuka hijau di wilayah perkotaan, lengkap dengan segala fasilitasnya untuk kebutuhan masyarakat kota sebagai tempat rekreasi. Secara estetika, keberadaan taman kota mampu memberikan efek visual dan psikologis yang indah bagi masyarakat kota. Selain itu, taman kota juta berperan penting sebagai paru-paru kota, pengendali iklim, koservasi tanah dan air, serta habitat berbagai flora dan fauna.

Penataan taman kota bukanlah sesuatu yang dibuat secara asal-asalan dan tanpa tujuan yang jelas. Penataan taman kota juga harus jelas dan diletakkan pada tempat yang strategis. Penataan taman kota juga harus diperkirakan berdasarkan luasnya, lokasinya, kelengkapan sarana dan prasarananya, keamanan serta kenyamanannya harus seseuai dengan kebutuhan standar kota tersebut pastinya.

Kota Binjai memiliki beberapa taman yang saat ini tengah dilakukan penataan dan renovasi untuk menambah kesan indah pada taman-taman yang ada di Kota Binjai. Pemerintahan Kota Binjai kini juga tengah melakukan penataan taman-taman di sepanjang jalan Kota Binjai. Hal ini terlihat dari bunga-bunga yang di tata rapi dengan pot-pot besi bertingkat yang ditata di sepanjang jalan Kota Binjai. Sejauh ini, kota Binjai mempunyai 26 taman yang meliputi taman rekreasi dan taman penghijauan yang ditata di sepanjang jalan. Ini merupakan upaya dari pemerintahan Kota Binjai untuk semakin memperbaiki kota Binjai dengan bantuan Dinas Pertamanan Kota Binjai.

Untuk kali ini, kita akan bahas tentang beberapa taman rekreasi di kota Binjai yang dapat dijadikan referensi sebagai tempat berlibur di weekend kamu, ya, guys.

  1. Taman Merdeka Binjai

Sesuai dengan namanya, taman ini terletak di Lapangan Merdeka Kota Binjai. Taman ini baru mengalami renovasi pada tahun 2015 kemarin. Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, Lapangan Kota Binjai belum ada tersedia kursi-kursi di pinggiran lapangan Merdeka kota Binjai ini. Lapangan Merdeka Kota Binjai kini telah dilengkapi dengan kursi yang ditata di sepanjang pinggiran lapangan. Selain itu, yang menarik di taman milik Kota Binjai yang satu ini adalah adanya air mancur di sisi kanan lapangan dengan dekorasi tulisan yang melambangkan Taman Merdeka Kota Binjai. Tugu air mancur di Taman Merdeka Binjai ini juga dapat dijadikan spot bagi kamu yang menyukai selfie. Di Lapangan Merdeka Binjai ini juga akan kamu temukan Taman Digital Kota Binjai. Biasanya, warga Binjai menggunakan tempat ini untuk akses internet yang disponsori oleh WiFi.id.

  1. Taman Balita

Taman Balita terletak tepat di seberang lapangan Merdeka Kota Binjai. Taman Balita, sesuai dengan namanya, taman ini digunakan sebagai tempat rekreasi bagi para Balita dan anak-anak warga Kota Binjai. Di taman ini, terdapat berbagai permainan yang menunjang kelayakan taman ini dijadikan sebagi arena bermain bagi anak-anak. Biasanya, para pengunjung akan meningkat pada sore hari dan weekend. Selain sarana permainan, di Taman Balita Kota Binjai juga terdapat beberapa macam burung yang diletakkan di dalam sangkarnya yang cukup besar. Burung-burung di Taman Balita ini juga dapat dijadikan pelajaran bagi anak-anak yang datang untuk lebih mengetahui bagaimana bentuk burung yang sebenarnya dan bagaimana dia hidup. Jadi buat kamu yang punya adik atau anak kecil, taman yang satu ini dapat dijadikan rekomendasi untuk menghabidkan weekend kamu dengan memberikan sedikit pelajaran bagi adikmu, guys.

  1. Taman Remaja

Nah, kalau Taman Remaja kota Binjai saat ini tengah direnovasi. Taman ini juga sangat berdekatan dengan Taman Merdeka Binjai. Letaknya yang berada di tengah badan jalan Kota Binjai ini semakin memperindah tampilan Kota Binjai Saat ini. Taman ini memiliki air mancur yang indah saat dilihat malam hari sebab memiliki pancuran air yang tinggi dan dihiasi lampu air mancur yang indah. Banyak para remaja dan keluarga yang mengahbiskan waktu di taman ini hanya untuk santai sore ataupun menikmati jajanan kuliner di sekitaran lapangan Kota Binjai.

  1. Taman PKK

Taman PKK ini berada tepat di depan vihara Setia Buddha Kota Binjai. Lebih tepatnya di Jalan Jendral Sudirman Binjai. Taman PKK ini juga tengah direnovasi. Taman ini berukuran kecil yang dihiasi dengan air. Taman ini bersebelahan dengan Titi Kembar yang ada di Kota Binjai. Biasanya, taman ini digunakan sebagai senam sore bagi para Lansia, sebab di sekeliling taman terdapat batu terapi reumatik.

  1. Taman PGRI

Taman PGRI Kota Binjai ini berada tepat di depan Kantor PLN Kota Binjai. Saat ini, Pemerintah Kota Binjai tengah melakukan renovasi pada taman ini yang menyebabkan bagian taman masih dipenuhi dengan peralatan bangunan. Biasanya, pinggiran taman PGRI Binjai ini akan ramai pada malam hari karena banyaknya pedagang makanan yang berjualan di sepanjang pinggiran taman PGRI ini.

Nah, itu beberapa Taman Kota Binjai yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk nongkrong bareng teman-temanmu. Tempat nongkrong ini dijamin low budget bagi keadaan kantong yang sedang menipis. Semoga dapat dijadikan referensi.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA