Luncurkan Uang Rupiah Baru, Bank Indonesia Tumbuhkembangkan Rasa Cinta Pada Tanah Air

  • Whatsapp

Luncurkan Uang Rupiah Baru, Bank Indonesia Tumbuhkembangkan Rasa Cinta Pada Tanah Air

Bank Indonesia menggelar Press Conference terkait Peluncuran Mata Uang Rupiah Emisi 2016 pada Senin (19/12/2016) di Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Provinsi Sumatera, Jalan Balai Kota, Medan. Rupiah adalah simbol kedaulatan Negara yang patut dihormati dan dihargai. Undang-undang No. 7 tahun 2011 tentang mata uang menetapkan Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Read More

Bank Indonesia sebagai otoritas moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran serta pengelolaan uang Rupiah diamanatkan oleh undang-undang mata uang untuk mengeluarkan, mengedarkan dan mencabut serta menarik uang Rupiah.

“Pada 19 Desember bertepatan dengan Hari Bela Negara, kita meluncurkan mata uang Rupiah baru tahun emisi 2016. Untuk pecahan, terdiri dari 7 pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang Rupiah logam. Uang pecahan kerta terdiri dari Rp. 100.000,-, Rp. 50.000,-, Rp. 20.000,-, Rp. 10.000,-, Rp. 5.000,-, Rp. 2.000,-, Rp. 1.000,-. Uang Rupiah pecahan logam terdiri dari Rp. 1.000,-, Rp. 500,-, Rp. 200,-, Rp. 100,-. Pengeluaran dan pengedaran uang baru ini merupakan momen spesial karena dilakukan pertama kalinya secara serentak di seluruh Indonesia sejak Indonesia merdeka,” ujar Harries selaku Deputi Direktur Kantor Wilayah Bank Indonesia di Medan.

Gambar pahlawan yang terdapat pada uang pecahan Rupiah kertas adalah Soekarno, Mohammad Hatta (Rp.100.000,-), Djuanda Kartawidjaya (Rp.50.000,-), Ratulangi (Rp.20.000,-), Frans Kaisepo (Rp.10.000,-), Idham Chalid (Rp.5000,-), Hoesni Thamrin (Rp.2000,-), Tjut Meutia (Rp.1000,-). Pahlawan pada uang logam yakni, I Gusti Ketut Pudja (Rp.1000,-), T.B Simatupang (Rp.500,-), Tjipto Mangunkusumo (Rp.200,-), Herman Johanes (Rp.100,-).

Luncurkan Uang Rupiah Baru, Bank Indonesia Tumbuhkembangkan Rasa Cinta Pada Tanah Air

Uang Rupiah baru emisi 2016 mencantumkan gambar 12 pahlawan di bagian sisi utama uang, sebagai penghormatan atas jasa-jasa bagi Negara Indonesia, selain itu nilai-nilai kepahlawanan dan patriotisme para pahlawan diharapkan dapat menjadi tauladan bagi generasi muda Indonesia. untuk lebih memerkenalkan keragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia, uang kertas juga menampilkan gambar tari Nusantara dan pemandangan alam dari berbagai daerah di Indonesia. Keunikan dari setiap keragaman budaya dan kekayaan alam Indonesia pada uang kertas diharapkan akan semakin menumbuhkan kembangkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

“Pahlawan-pahlawan tersebut ditampilkan dengan beberapa kriteria yakni belum pernah ditampilkan pada uang Rupiah sebelumnya kecuali uang Rp. 100.000, keterwakilan daerah, keterwakilan gender, penerimaan masyarakat, dan yang terakhir adalah sudah melalui diskusi mendalam yang melibatkan pemerintah dan tokoh masyarakat,” ujar Harries.

Dengan diterbikannya uang Rupiah tahun emisi 2016, uang Rupiah kertas dan logam yang telah dikeluarkan lebih dulu dinyatakan masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah, sepanjang belum dicabut dan ditarik dari peredaran oleh Bank Indonesia.

“Kami patut bersyukur karena acara pengeluaran uang Rupiah tahun emisi 2016 dapat berjalan lancar dan sesuai rencana. Untuk itu, perkenankan kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu kelancaran peluncuran uang Rupiah baru ini. Secara khusus, kami menghanturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan yang hadir dalam press conference ini,” tutur Harries.

Sudah ada 1.107 coli uang Pecahan Rupiah dicetak, tergabung dari semua pecahan. Pengedaran uang pecahan Rupiah baru ini dilakukan secara berkala. Bisa didapatkan langsung di kantor perwakilan wilayah Bank Indonesia di setiap Provinsi.

Fitur pengaman juga tidak lupa guna menghindari tindak pemalsuan yakni kaca pembesar (motif batik), cetakan kasar, diterawang, gambar tersembunyi, akan terlihat tampak berubah warna jika dilihat dari sudut pandang tertentu dan pengaman lainnya. Nantinya, fitur pengaman juga akan disosialisasikan kepada masyarakat. Uang pecahan Rupiah baru, saat ini belum tersedia di mesin ATM namun akan segera ada.***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *