Langkah-langkah Ini Membuatmu Terlihat Memesona Saat Interview

  • Whatsapp
Langkah-langkah Ini Membuatmu Terlihat Memesona Saat Interview
Langkah-langkah Ini Membuatmu Terlihat Memesona Saat Interview

Saat akan mengikuti tes interview, persiapan yang matang harus dilakukan untuk menyukseskan hasil dari presentasi diri kamu saat sedang menjual kapasitas diri di depan sang interviewer. Beberapa hal yang harus diperhatikan seperti bahasa tubuh, gaya bicara, dan keluwesan wawasan kamu juga merupakan faktor penting untuk menarik perhatian sang interviewer. Selain itu, beberapa hal sepele namun membawa dampak yang besar saat interview juga harus kamu perhatikan seperti di antaranya sebagai berikut.

Buat CV yang Menarik dan Antimainstream

Read More

Kenapa CV bisa memengaruhi pesonamu dalam interview?  Karena CV adalah komponen utama dimana kita menuliskan semua tentang diri kita, dan apapun yang pernah kita capai selama ini. Selain itu sebelum interviewer mulai mengajukan pertanyaan maka akan melihat CVmu terlebih dahulu. Buat CVmu semenarik mungkin dengan penuh kreativitas yang kamu miliki, karena dengan memiliki CV yang menarik dan antimainstream maka interviewer akan merasa kagum karena kamu di anggap membuat CV yang tidak biasa-biasa saja. So, sekarang kamu bisa bilang selamat tinggal untuk CV yang menggunakan kertas polos putih bertuliskan tinta hitam dengan foto background merah atau biru.

langkah-langkah-ini-membuatmu-terlihat-memesona-saat-interview

Tunjukkan Prestasimu

Ini merupakan sebuah senjata yang bisa kamu tunjukkan terhadap orang yang menginterviewmu. Tidak perlu takut atau malu dengan apapun prestasi yang pernah kamu dapatkan selama ini, tunjukkan kalau memang kamu punya prestasi yang layak untuk di tunjukkan. Sebisa mungkin tunjukkan prestasi yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar agar prang yang menginterview kamu lebih percaya akan kemampuan yang kamu miliki.

Buat Dirimu Terlihat Segar

Terlihat segar merupakan sebuah poin penting ketika kita akan interview. Pada saat interview usahakan kamu bisa tampil menarik dan terlihat segar jangan sampai kamu pada saat akan interview terlihat tidak rapi apalagi berkeringat. Itu bisa membuat interviewer kamu ilfeel dan tidak akan betah dan nyaman untuk berlama-lama menginterview kamu. Tidak repot untuk membuatmu terlihat segar, caranya cukup mudah yaitu satu jam sebelum sesi interview buat dirimu tenang dengan tanpa ada yang membuat kamu stress dan cuci muka, atau kalau perlu kamu mandi di tempat kamu akan interview dengan membawa peralatan mandi kamu.

Gunakan Parfum yang Berbau Tidak Menyengat

Ini adalah hal sepele, tapi memiliki peran yang penting. Terbayang jika kamu sedang interview tapi ternyata kamu memiliki bau badan yang menyengat? Pastikan tubuhmu segar dan harum namun tak menyengat. Gunakan parfum beraroma lembut untuk membantu menyegarkan tubuh kamu.

Gunakan Pakaian Rapi dan Pastikan Terlihat Bersih

Dengan langkah di atas bisa membuatmu terlihat segar dan tidak berkeringat. Dan kamu akan bisa membuat orang yang menginterview kamu betah berlama-lama dengan kamu. Penampilan juga merupakan nilai tambah dan pendukung yang dapat meloloskan kamu dalam interview. Pastikan kamu tidak salah kostum. Gunakan kostum yang profesional yang cocok digunakan saat tes wawancara seperti kemeja dan blezer. Jangan gunakan aksesoris yang berlebihan.

Minum Air Putih

Kita tahu semua manfaat air putih sangatlah baik untuk tubuh kita. Dengan meminum air putih sebelum interview akan membuatmu sedikit rileks karena kamu akan merasakan kesegaran dari air putih yang kamu minum.

Buang Rasa Nervous

Nervous adalah hal yang bersifat manusiawi pada saat kita akan menghadapi sesuatu yang baru kita lakukan atau bahkan yang sering kita lakukan. Buat kamu yang suka nervous atau gerogi ini saatnya kamu harus membuang jauh jauh rasa gerogimu, karena jika kamu gerogi maka konsentrasimu akan buyar dan akan sangat mengganggu buat proses tes interview kamu. Berikut tips buat kamu hilangi gerogi pada saat interview:

  • Buat mindset positif yang bisa menaikkan rasa percaya dirimu;
  • Jangan buat suasana tegang ketika kamu interview, buat suasana seperti kamu mengobrol dengan teman-temanmu;
  • Jika kamu belum bisa menjawab sebuah pertanyaan karena kamu gerogi, kamu bisa beralasan sedikit dengan berpura-pura kamu tidak mendengar pertanyaan interview dan membuat interviewer mengulang pertanyaannya, pada saat itu kamu harus berpikir cepat untuk memikirkan jawabannya;
  • Duduk rileks;
  • Senyum dan jangan pasang wajah raut tegang.

Jawab Pertanyaan dengan Bijak

Menjawab pertanyaan dengan bijak merupakan hal utama ketika kamu melakukan interview. Kamu harus menjawab pertanyaan dengan mengeluarkan segala pengetahuan yang kamu miliki, jika kamu tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan maka kamu jangan menjadi anak sok tahu yang bisa menjawab semua pertanyaan yang diutarakan, bisa saja interviewer berpura-pura tidak tahu untuk mengetes kamu bisa menjawab atau tidak padahal interviewer tahu jawabannya. Jika kamu tidak bisa menjawab namun kamu sok tahu maka perjalanan kamu berakhir disini. Solusinya kamu bisa menjawab dengan bijak dengan jawaban Maaf saya belum mengetahui, maaf saya lupa atau maaf saya belum mengerti. Jadi sekarang kamu harus menjawab dengan bijak setiap pertanyaan dalam tes interview supaya perjuanganmu tidak berakhir dengan sia-sia.

Sekarang sudah tahu cara supaya membuatmu tampil memesona dan tidak dipandang sebelah mata oleh interviewer karena kamu sudah menunjukkan hal-hal yang bisa membuat mereka kagum dengan semua yang kamu miliki. Dan paling penting sebelum interview maka kamu harus berdo’a supaya diberi kelancaran dan kesuksesan dalam tes interview.***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *