Jenis Makanan yang Dapat Membuat Otak Lemot

  • Whatsapp
sumber foto: gshop.com

Dalam ilmu kesehatan, makanan yang baik adalah makanan yang memiliki kandungan gizi 4 sehat 5 sempurna agar memenuhi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan tubuh. Makanan yang termasuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna tersebut mayoritas adalah makanan berat yang disertai lauk pauh dan buah-buahan. Di samping makanan sehat tersebut, banyak orang mencoba berkreasi dengan makanan-makanan olahan untuk menambah referensi baru sebagai camilan ataupun makanan ringan yang kerap kali memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. makanan yang sehat pun jika diolah dengan cara yang tidak tepat dapat menyebabkan efek yang tidak baik untuk tubuh, terlebih lagi hal ini juga bisa membuat kemampuan otak menurun dan menimbulkan efek samping yang beragam bagi tubuh. Apa saja sih makanan yang membuat otak menjadi lemot? Nih bocorannya untuk kamu.

Gula

Read More

Untuk kamu yang doyan makanan manis, mengonsumsi gula memang menyenangkan lidah. Apalagi jika kamu adalah orang yang memiliki kadar gula darah yang rendah dan memang diharuskan mengonsumsi makanan manis untuk menjaga kestabilan kesehatan tubuh. Namun, nyatanya, jika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula, hal ini akan menganggu sel saraf otakmu. Tak jarang kamu akan merasa terlambat untuk mengambil keputusan dalam menghadapi sesuatu. Sebuah penilitian baru menunjukkan, orang yang terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat memecah insulin.

Makanan Asin

Kebalikan dari orang-orang yang menyukai makanan manis, individu yang menyukai makanan asin ini juga dapat berakibat tak baik bagi otak. Otak menjadi lemot saat berpikir adalah salah satu dampaknya. Hal ini karena garam memengaruhi denyut jantung dan tekanan darah yang juga memengaruhi fungsi kognitif manusia. Mengurangi konsumsi garam adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Coba imbangi dengan konsumsi makanan yang manis namun tetap sesuai porsi.

Popcorn Instan

Segala yang instan memang dianggap kurang baik bagi tubuh karena proses penyajiannya yang mengandung banyak pengawet untuk. Termasuk makanan ringan sejenis popcorn yang biasanya menjadi teman setia saat kamu menonton film. Banyak merek utama yang membuat popcorn instan dengan microwave. Dari alat pemanas itu ditemukan zat asam perflurooctanoic (PFOA), bahan yang sama yang ditemukan  di dalam teflon dan panic memasak. Beberapa penelitian telah menghubungkan risikonya dengan infertilitas dan berat badan. Tapi popcorn juga berbahaya bagi otak jika dimakan secara berlebihan.

sumber foto: vemine.com

Gorengan

Makanan favorit sejuta umat ini juga tentu memiliki banyak resiko, terlebih sudah banyak sekali penjual gorengan nakal yang menambah bahan-bahan kimia berbahaya untuk menambah rasa makanannya. Gorengan ini mengandung lemak yang kemungkinan besar menyumbat aliran darah keseluruh organ tubuh. Bisa dibayangkan bukan, jika gorengan ini akhirnya dapat menyebabkan kemampuan otak melemah karena kandungannya?

Steak Daging Merah

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang makan lebih banyak lemak jenuh, fungsi otaknya akan menjadi lemah. Salah satunya adalah steak daging merah yang dibakar dengan mentega dan bumbu lainnya. Padahal steak daging merah ini juga merupakan makanan favorit bagi penikmat daging segar. Mulai sekarang kamu bisa mencoba mengurangi konsumsi jenis daging ini agar terhindar dari otak yang lemot.

sumber foto: rumahherbal.com

Nah itu beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan kemampuan otak. Makanan mana yang sering kamu konsumsi? Mulai sekarang, cobalah untuk menguranginya, karena kinerja otak yang maksimal akan membuat kamu tetap produktif dan maksimal dalam berkarya. Stay fit, stay healthy! ***(K-02/Adenovina Dalimunthe)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *