Jauhi dan Hindari Virus HIV AIDS Sejak Dini

  • Whatsapp

Jauhi dan Hindari Virus HIV AIDS Sejak Dini

Dalam rangka memeringati Hari HIV AIDS sedunia pada hari Kamis, (1/12/2016), Pemerintah Kota Medan mengadakan acara yang bertajuk “Mari Berubah, Masa Depan Gemilang, Tanpa Penularan HIV” di Lapangan Pertiwi Medan, tepatnya di Jalan Budi Pembangunan, Pulo Brayan, Medan. Kegiatan peringatan Hari HIV AIDS sedunia ini dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Acara ini dibuka dengan penyerahan sertifikat penghargaan oleh staf Bidang Ahli Hukum Pemko Medan kepada Dinas Kesehatan Kota Medan. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai penyuluhan tentang HIV AIDS, Donor Darah dan penampilan dari siswa SMP dan SMA yang ada di Kota Medan. Acara yang berlangsung meriah ini juga dihadiri oleh Walikota Medan, Kepala Bidang Pengendalian Masyarakat Kesehatan, siswa SMP dan SMA se-Kota Medan, serta beberapa yayasan kesehatan yang bergerak dalam penangulanggan HIV AIDS.

Read More

Masrika, Kepala Bidang Pengendalian Kesehatan memaparkan bahwa penyuluhan ini diadakan setiap tahunnya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang HIV AIDS dan bagaimana pencegahannya. Selain itu, melalui acara ini para masyarakat akan lebih mengetahui fakta sebenarnya tentang HIV AIDS yang saat ini masih dianggap tabu. Masrika juga menjelaskan bahwa semakin hari semakin bertambahnya jumlah orang yang terjangkit penyakit mematikan HIV AIDS. Meskipun begitu mereka tetap berharap dapat memberikan bantuan dan dukungan penuh bagi orang yang terjangkit virus ini untuk tetap konsisten dalam mengonsumsi obatnya. “Dalam acara ini ada penyerahan piagam penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Medan karena selama ini kita sudah melayani penanggulangan HIV AIDS di Medan. Bahkan saat ini, kita sudah memiliki 16 klinik VCT dari 39 Puskemas di Kota Medan,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan melalui Kabid Pengendalian Masyarakat Kesehatan Kota Medan, Masrita.

Adanya klinik VCT (Voluntary Counseling and Testing) yang berfungsi sebagai klinik yang menyediakan tempat tes bagi masyarakat yang ingin mengecek apakah dirinya terkena HIV AIDS positif atau negatif. Melalui sarana ini lah masyarakat Kota Medan dapat dibantu untuk mengidentifikasi virus yang ada pada tubuhnya. Pada acara ini, para peserta acara juga diberikan pemahaman bahwa orang yang terkena HIV AIDS tidak seharusnya dijauhi dan dihindari karena virus HIV tidak akan tersebar dan berpindah hanya karena udara. Virus HIV akan tersebar melalui darah dan hubungan seksual dengan penderita HIV itu sendiri. Jadi, tidak seharusnya kita menjauhi para penderita HIV AIDS yang ada di sekitar kita. Justru seharusnya kita dapat lebih berbesar hati dalam menolong dan mendukung mereka dengan cara tetap mengganggap mereka seperti manusia lain yang tidak terkena virus HIV AIDS.

Jauhi dan Hindari Virus HIV AIDS Sejak Dini
Jauhi dan Hindari Virus HIV AIDS Sejak Dini. Tarian dari siswa-siswi Kota Medan

Melalui acara yang diadakan oleh Pemerintahan Kota Medan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Medan ini diharapkan agar semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali dapat mencegah terjadinya virus HIV AIDS ke dalam tubuh sedini mungkin karena sampai saat ini virus HIV AIDS belum mempunyai obat untuk proses penyembuhannya. Dalam mencapai tujuan  yang diharapkan, Dinas Kesehatan Kota Medan juga bersama dengan LSM (Lembaga Sosial Masyarakat) yang bergerak dalam bidang penanggulangan HIV AIDS untuk melakukan pencarian orang-orang yang terkena HIV AIDS agar dapat dilakukan pengobatan secepatnya untuk menanggulangi virus HIV AIDS.

Di penghujung acara, peseta yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini juga dihibur dengan penampilan tari dari siswa-siswi sekolah yang hadir. Selain itu, penampilan band lokal Kota Medan juga dihadirkan untuk memeriahkan peringatan hari HIV AIDS sedunia ini. Beberapa LSM juga ikut mnggelar kampanye dan membuka donasi bagi peserta yang ingin ikut berdonasi dalam membantu biaya dalam penanggulangan HIV AIDS.

Tiur, salah satu Relawan Caritas PSE Medan, berharap dengan adanya acara ini akan merubah paradigma masyarakat tentang virus HIV AIDS ini. Tiur juga memaparkan bahwa relawan-relawan yang tergabung dalam Caritas PSE Medan ini akan membantu semua orang yang terjangkit virus HIV AIDS ini dengan sepenuh hati. “Jadi jangan takut untuk mengatakan kalau kita terjangkit virus HIV AIDS. Sadari secepatnya agar cepat diatasi,” tutup Tiur.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *