IBX5A49C9BC313D6 HMJ FISIP UMSU Gelar Pesta Komunikasi - Cerita Medan

HMJ FISIP UMSU Gelar Pesta Komunikasi

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi UMSU (Universitas Sumatera Utara) menggelar pesta komunikasi di kampus UMSU, Jln. Muchtar Basri, Medan pada Sabtu (17/12/2016). Acara yang bertajuk Carnaval Project of Communication ini merupakan program kerja tahunan yang diadakan tiap dua tahun oleh HMJ Ilmu Komunikasi UMSU. Acara ini sendiri berlangsung selama dua hari sejak 16-17 Desember, pukul 17.00 WIB.

Banyak rangkaian acara yang disiapkan dalam gelaran ini. Seperti Lomba Foto Jurnalistik, Lomba Live Report Video Kreatif, Lomba Opini Publik, Live Music, Stand Up Comedy. Talk Show, Coaching Clinic, Donor Darah, Creative Bazaar dan Pameran Karya Mahasiswa. Terdapat ragam stand bazaar yang dapat dikunjungi, seperti stand PMI, Zoya, Molen Arab, Burger Hijau Hitam, Medan Menulis, Dimsum, Food Truck, Kue Cubit, Indomaret dan stand bazaar lainnya. Kegiatan ini juga menghadirkan banyak tokoh penting yang sekaligus menjadi pengisi materi. Diantaranya Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Eriyansyah (Pelindo I), Dedi Sinuhaji (Pewarta Foto Indonesia), Kakay Saria Putri (Host Kompas TV).

Hari kedua event,  karnaval diisi dengan sesi Lomba Live Report Video Kreatif. Lomba tersebut cukup menarik banyak minat mahasiswa, terbukti dari banyaknya jumlah partisipan. Lomba Live Report Video Kreatif ini sekaligus melatih kemampuan peserta di bidang broadcasting.  Usai dengan ketegangan pesaing lomba Live Report, para pengunjung dihibur dengan penampilan musik oleh D’MINS. Penampilan yang cukup apik pun mampu memancing sorakan para peserta dalam kegiatan tersebut. Sontak suasana yang agak kaku, jadi lebih menyenangkan dan ramai.

Melalui karnaval ini, berbagai jenis produk pun dipasarkan. Salah satu diantaranya adalah produk olahan makanan. Masing-masing stand baazar memasarkan produknya dengan cara yang berbeda guna menarik pelanggan. Salah satunya adalah produk Burger Hitam Hijau, yang memberikan potongan harga untuk pengunjung yang ber-selfie di stand bazaar Burger Hitam Hijau.

Selain bazaar dan acara-acara berupa pemberian materi didik, terdapat pula kehadiran beberapa komunitas. Salah satunya adalah komunitas Medan Menulis. Banyak sekali karya-karya hasil anggota komunitas yang dipamerkan. Semua hasil karya mereka menunjukan keindahan serta ide kreatif guna menghasilkan seni menulis yang indah. Bukan hanya tulisan yang dipamerkan dalam acara tersebut namun ada juga hasil  karya berupa sketsa bangunan di Medan.

Jika pada hari pertama rangkaian acara layaknya sesi belajar di dalam kelas, acara pada hari kedua di penuhi dengan hiburan-hiburan menarik. Panggung acara pun kembali dihentak oleh penampilan musik dari HAZZEL Band. Kekocakan para MC juga menambah riuh suasana. Di pertengahan acara, digelarlah sebuah talkshow oleh Miranda (Most FM), kepiawaiannya dalam berbicara tentu menjadi hal yang diperhatikan pengunjung karnaval. Di akhir rangkaian acara, pengumuman pemenang peserta Lomba Live Report Video Creative oleh panitia acara pun dilangsungkan.

Tak hanya sebagai agenda dua tahunan, event ini pun digadang sebagai salah satu sarana terjalinnya kerja sama antar mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi. Tak hanya itu, acara ini pun diharapkan dapat menjadi salah satu persaingan para mahasiswa yang menekuni bidang fotografi dan Video Report untuk kedepannya menjadi jauh lebih baik. ***(CM-04/Chairunnisa)

 

KOMENTAR

BACA JUGA