Hadapi Uas, Mahasiswa Kesekretariatan FEB USU Gelar Talkshow Inspiratif

  • Whatsapp

Hadapi UAS, Mahasiswa Kesertariatan FEB USU Gelar Talkshow Inspiratif

Program D III Kesertariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara menggelar Talkshow Inspiratif “How to Prepare Your Future” pada Senin, (19/12/2016) di Aula FEB USU. Dalam rangka menghadapi UAS (Ujian Akhir Semester) mata pelajaran MICE, mahasiswa diharuskan menggelar sebuah acara, dimana keseluruhan acara, direncanakn dan diatur oleh mahasiswa yang sudah terbentuk dalam masing-masing kelompok. Talkshow inspiratif kali ini sukses dilaksanakan oleh Grup A mahasiswa Kesertariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Read More

Membahas seputar karier dan bisnis, talkshow inspiratif ini mengundang 4 pembicara profesional dalam bidang bisnis. Dr. Deby Karina Fawzeea, S. E., M. M. (Ketua Program Studi DIII Kesertariatan FEB USU), Muhammad Eriansyah (Corporate Secretary PT Pelindo I), Muhammad Ichsan (Founder of MOW Business Course), Wahyu Hidayat a.k.a Wahyu Blahe (Founder of Cerita Medan).

Dihadiri sekitar 100 peserta, talkshow bukan hanya dihadiri mahasiswa namun juga pelajar sekolah menengah atas (SMA). Hampir tidak terlihat ada bangku kosong dalam talkshow inspiratif “How to Prepare Yourself ” ini, tanda bahwa mayoritas mahasiswa masih kebingungan bangaimana cara memersiapkan masa depannya. “Untuk memulai pertualangan karier, mindset kita harus benar dulu. Jika bicara tentang karier, kebanyakan orang pasti memikirkan tentang sukses, banyak uang dan sebagainya. Padahal, career it’s not your job, career it’s you. Karier adalah usaha-usaha yang kalian lakukan dan at the end ada hasilnya. Dan karier haruslah passion kalian biar kalian menjalaninya dengan senang,” ujar Muhammad Ichsan.

Dalam kesempatannya, Muhammad Ichsan mengarahkan peserta untuk mulai merencanakan target-target pencapaian di masa depan. Dmulai dengan mencatat pencapaian apa saja yang sudah berhasil diraih sebelum saat ini, dilanjutkan dengan mendaftar perencanaan karier, barang dan apapun yang ingin dicapai disertai dengan waktu pencapaiannya.

“Hal utama dalam menetukan masa depan yakni perencanaan namun jangan merencanakan saja tapi tidak ada eksekusinya, ide tidak mahal namun eksekusinya yang mahal. Perencanaan itu penting, jika masih dalam tahap merencanakan saja sudah gagal, berarti kalian merencanakan kegagalan, jadi rencakan dulu. Darimana pun kalian itu tidak penting namun kemana kalian akan melangkah itu yang penting. Jadi kalau sudah punya perencanaan kita juga harus tau potensi kita dimana?” tambah Ichsan.

Disebutkan oleh Muhammad Ichsan bahwa baik berkarier maupun berbisnis yang sedang marak di era global ini adalah dengan memanfaatkan internet. Mulailah melakukan perencanaan sejak dini dan mulai perencanaan tersebut saat di bangku mahasiswa. Banyak kegiatan menghasilkan uang yang bisa dilakukan di bangku perkuliahan yaitu menjadi Social Media Specialist, Data Analist, Youtubers, pengusaha dan lainnya. “Kita bisa memilih masa depan kita, tinggal memilih gampang dan tidak susah. Selanjutnya Allah yang menentukan hasilnya,” kata Ichsan.

“Untuk memulai karier sama sulitnya dalam memulai bisnis, saya juga pernah mengalami jatuh bangun dalam merintis bisnis saya. Bahkan sampai saya kehilangan semuanya, tapi saya bangkit lagi,” ujar Wahyu Blahe selaku founder Cerita Medan.

Hal yang dilakukan saat berada dalam masa sulit membangun karier atau bisnis adalah bangun dan mencoba lagi sampai akhirnya lutut kebal karena sering tersungkur. Pepatah mengatakan “Raihlah cita-cita setinggi langit” kalau jatuh pun masih berada di gugusan bintang.

Dikatakan juga oleh Ibu Deby selaku Ketua Program Studi D III Kesertariatan FEB USU bahwasannya jika sudah mampu memulai bisnis atau berkarier tentunya harus diiringi dengan kemampuan management yang baik, kemampuan mengolah semua data serta integritas.***(CM-04/Chairunnisa)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *