IBX5A49C9BC313D6 Doyan Ngopi? Ini Manfaatnya Kalau Kamu Minum Kopi Tiap Pagi - Cerita Medan

Doyan Ngopi? Ini Manfaatnya Kalau Kamu Minum Kopi Tiap Pagi

sumber foto: gudangkesehatan.com

Kopi merupakan salah satu produk minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Tak ayal, menikmati segelas kopi sudah mulai menjadi gaya hidup dari berbagai kalangan. Sebagian orang malah menyediakan mesin pembuat kopi sendiri untuk menghemat waktu. Berbagai jenis kopi dan racikannya pun mulai bermunculan. Namun tahukah kamu, jika mengonsumsi kopi hitam mampu memberikan segudang manfaat bagi dirimu? Untuk kamu yang suka minum kopi, minuman ini memang menjadi pelengkap hari. Tapi selain itu, ada ragam manfaat yang bakal kamu rasakan dengan meneguk secangkir kopi tiap pagi.

1. Kopi Hitam Baik Untuk liver

Hati adalah organ yang mampu melakukan ratusan fungsi penting dalam tubuh. Minum kopi hitam benar-benar mampu meningkatkan kesehatan livermu atau organ hati milikmu. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari memiliki tingkat 80% lebih rendah terkena penyakit sirosis hati. Sementara itu, orang yang minum kopi hitam dalam jumlah yang sama ini juga memiliki tingkat 40% lebih rendah terkena kanker hati.

  1. Minum Kopi Hitam Bisa Bikin Kamu Lebih Pintar

Kafein adalah stimulan psikoaktif. Ketika kamu minum kopi, kafein akan masuk ke dalam sistem pencernaan, kemudian ke dalam aliran darahmu, dan akhirnya ke otak kamu. Di otak, kafein akan memblok salah satu neurotransmitter inhibisimu, yakni Adenosine, yang nantinya menyebabkan peningkatan neurotransmiter lain (yakni norepinefrin dan dopamin), dan menyebabkan neuron di otak kamu untuk berpikir lebih cepat. Banyak uji coba terkontrol pada manusia yang menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek dari fungsi otak. Yaitu termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, dan fungsi umum kognitif.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ingin menurunkan sedikit berat badan? Coba dengan minum kopi. Sebagai salah zat yang pernah berhubungan langsung dengan proses pembakaran lemak, kafein ditemukan di hampir setiap lemak yang terbakar atau suplemen penurun berat badan. Kafein ini juga mampu meningkatkan adrenalin dalam darah, yang merupakan hormon yang dirancang untuk untuk membuat tubuh siap menjalani aktivitas yang intens. Karena itu, sebelum pergi ke gym, ada baiknya jika kamu minum kopi terlebih dahulu.

  1. Kopi memberi nutrisi penting untuk tubuhmu

Jika kamu minum kopi, itu adalah sumber terbesar antioksidan. Beberapa nutrisi penting termasuk vitamin B2, B3, dan B5, Mangan, Magnesium, dan Kalium juga ada dalam kopi hitam.

  1. Mengurangi Depresi Dan Membuat Bahagia

Ingat, kafein pada kopi hitam meningkatkan dopamin di otak. Dopamin umumnya dikenal sebagai zat yang mampu memberikan kesenangan, sehingga masuk akal bahwa mengonsumsi apa saja untuk meningkatkan dopamin akan membuat kamu lebih bahagia dan mengurangi depresi. Depresi merupakan gangguan mental yang serius dan dapat mengurangi kualitas hidup seseorang. Dalam studi Harvard yang diterbitkan pada 2011 mengungkapkan bahwa wanita yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi. Studi lain mengungkapkan bahwa mereka yang minum kopi empat cangkir per hari memiliki 53% lebih kecil kemungkinan untuk melakukan bunuh diri.

sumber foto: dailywomen.co.id
  1. Kopi Hitam Menurunkan Risiko Terkena Beberapa Jenis Kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian paling besar di dunia. Penyakit ini ditandai dengan pertumbuhan yang terkontrol dari dari sel-sel di dalam tubuh. Kopi bekerja dengan baik untuk mengurangi kemungkinan kanker kolorektal. Orang yang minum 4-5 cangkir kopi hitam sehari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal, dan risiko 40% lebih rendah terkena kanker hati.

  1. Kopi Hitam Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mereka yang minum kopi secara teratur memiliki risiko 20% lebih sedikit terkena stroke, dan umumnya memiliki tingkat yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Kafein meningkatkan denyut jantung kamu, sehingga kopi sebenarnya baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kopi Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan zat alami yang di produksi langsung oleh tubuh dari dalam. Namun terkadang jumlah antioksidan tidak mencukupi sehingga diperlukan tambahan dari luar tubuh seperti mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran yang kaya akan antioksidan alami. Antioksidan memiliki fungsi untuk menangkal serangan radikal bebas yang membuat penuaan dini pada kulit. Adapun sumber antioksidan alami selain dari buah adalah dengan mengkonsumsi kopi hitam. Kopi mengandung sejumlah besar antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab degeneratif, dan juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Gimana? Sudah ngopi hari ini? ***(E-04/Dana Anjani)

KOMENTAR

BACA JUGA