IBX5A49C9BC313D6 Dekatkan Diri dengan Al-Qur’an Bersama Komunitas ODOJ Medan - Cerita Medan

Dekatkan Diri dengan Al-Qur’an Bersama Komunitas ODOJ Medan

Dekatkan Diri dengan Al-Qur’an Bersama Komunitas ODOJ Medan
Dekatkan Diri dengan Al-Qur’an Bersama Komunitas ODOJ Medan

Sudah pernah tahu Komunitas ODOJ Medan? Atau masih ada yang belum tahu apa itu ODOJ? ODOJ adalah singkatan dari One Day One Juz. ODOJ merupakan gerakan orang-orang yang melakukan tilawah Al-Qur’an satu juz setiap harinya. Jika ditelusuri, pada tahun 2010 ODOJ (One Day One Juz) mulai berkembang di aplikasi Whatsapp yang diperkenalkan oleh sekelompok alumni mahasiswa dari perguruan tinggi di Surabaya pada bulan September, dan dengan metode ini segenap aktivis Rumah Qur’an Depok juga ikut menyebarluaskan kegiatan ODOJ ini. Dalam setiap grup ODOJ itu terdiri dari 30 orang yang kemudian setiap orangnya harus membaca 1 juz setiap harinya. Setiap harinya setiap orang yang ada di grup ODOJ akan membaca juz yang berbeda setiap harinya. Dan setiap orang harus melapor ketika sudah khatam/ kholas dalam setiap juz yang menjadi bagiannya ke dalam grup Whatsapp.

Berawal dari pergerakan ODOJ oleh mahasiswa Surabaya yang kemudian menyebar luas hingga ke Medan. One Day One Juz DPA Medan dulunya bernama Koordinator Area Sumatera Utara disingkat ODOJ Korea Sumut. Yang kemudian launching pada tanggal 2 Maret 2014. Waktu itu pendiri ODOJ Korea Sumut adalah Pak Mahfud, sebagai Ketua Muhammad Nur Montesqiu, Wakil Ketua Wita Abdiwinata, Haslinda Astrid sebagai Sekretaris, Melly sebagai Divisi Project, Narita Putri dan beberapa orang lainnya sebagai anggota ODOJ DPA Medan.

Beberapa lama setelah itu baru dibentuk ODOJ DPA Medan. Yang kemudian ODOJ DPA Medan  dipecah menjadi 2 daerah, yaitu ODOJ DPA Medan dan ODOJ DPA Binlat (Binjai-Langkat). Saat ini jumlah pengurus ODOJ DPA Medan berjumlah 19 orang dengan susunan kepengurusan Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Wakit Sekretaris, Bendahara, Wakil Bendara, Promosi dan Humas, Project, Koordinator Ikhwan, Koordinar Akhwat, dan Danus (Dana dan Usaha). Sementara jumlah anggota ODOJ DPA Medan sendiri mencapai 1000 orang yang terdiri dari Ikhwan (Laki-laki) dan Akhwat (Perempuan).

Dekatkan Diri dengan Al-Qur’an Bersama Komunitas ODOJ Medan

Yusranida Hidayati, selaku Wakil Sekretaris ODOJ DPA saat ini memaparkan bahwa ODOJ DPA Medan ini memiliki visi misi dalam proses pembentukannya. Dimana visi-misinya adalah untuk membumikan Al-Qur’an dan melangitkan manusia. Yang mana dengan visi tersebut, para pengurus ODOJ DPA Medan memiliki kegiatan yang masih berkaitan dengan kegiatan keagamaan dan membantu para anggotanya untuk lebih mencintai Al-Qur’an. Saat ini berjalan kegiatan rutin yang merupakan kelas Tahsin Ikhwan malam Selasa dan malam Sabtu ba’da isya, dan kelas Tahsin Akhwat pada hari Senin dan Rabu pada jam 15.00 WIB-17.00 WIB. Yang mana di setiap kegiatan Tahsin ini akan dibimbing oleh pembimbing yang ahli pada bidangnya.  Selain kegiatan tilawah setiap harinya, komunitas ODOJ DPA Medan juga memiliki kegiatan. Adapun kegiatannya meliputi:

  1. KalQulus (Kajian Ala Ustad) yang selalu rutin setiap bulannya di Mesjid Al Yassamin samping Plaza Medan Fair;
  2. Pengantin (Pengajian Rutin), kegiatan Pengantin ini dilakukan setiap 2 minggu Sabtu di ODOJ Center;
  3. Ngaos (Ngaji on The Street) yang DPA Medan terakhir kali mengadakannya di Kebun Binatang Simalingkar (Medan Zoo). Biasanya Ngaos dimulai sejak pukul 10.00 WIB sampai menjelang waktu shalat dzuhur;
  4. Tabligh Akbar, Tabligh Akbar merupakan event terbesar dari komunitas ODOJ DPA Medan. Di tahun 2016 ini, ODOJ DPA Medan sudah 2 kali mengadakan event ini, yang terakhir kali dihadiri oleh Salman Al Jogjawi, ex gitaris Sheila On 7.

Dan ternyata logo yang ada pada komunitas ODOJ ini merupakan logo komunitas ODOJ yang ada di seluruh Indonesia. Setiap ODOJ yang ada di daerah-daerah Indonesia akan memakai logo yang sama. Logo ODOJ memiliki arti tersendiri di setiap warna yang ada. Warna hijau berarti pemuda, merah berarti semangat/ tekad, warna putih berarti bersih/ niat, 1 day 1 juz yang berarti program untuk anak muda, sedangkan kombinasi merah putih dan hijau adalah bendera Indonesia dan bendera Palestina yang melambangkan kedekatan Indonesia dengan negara Palestina dengan ragam history antara keduanya.

Dekatkan Diri dengan Al-Qur’an Bersama Komunitas ODOJ Medan

Saat ini ODOJ DPA Medan diketuai oleh Syahril Tahir. Jika kembali pada Islam sesungguhnya setiap muslim diwajibkan untuk membaca Al-Qur’an selama hidupnya. Maka, sungguh merugi orang yang yang selama hidupnya tidak pernah membaca Al-Qur’an sekalipun. Orang barat yang mayoritas non-muslim saja sangat ingin mempelajari Al-Qur’an beserta makna yang terkandung di dalamnya. Bahkan ada hadits yang menyatakan kalau kamu tidak akan pernah dianggap beribadah kepada Allah jika kamu belum pernah membaca Al-Qur’an, yang merupakan firman dari Allah. “Harapannya dengan ODOJ DPA Medan ini bisa menanamkan Qur’an is the best treatment di kehidupan kita. Dan benar-benar bisa membumikan Al-Qur’an. Serta menjadikan kita insan-insan yang amat dekat dengan Al-Qur’an,” ujar Yusranida Hidayati.

Lantas masih mau mikir mau baca Al-Qur’an atau tidak? Masih mikir ini komunitas bermanfaat atau tidak? Yuk, tidak usah pikir panjang lagi. Selagi ada yang menawarkan tiket ke surga secara gratis kenapa harus ditolak? ODOJ DPA Medan memiliki kantor sekretariat di Jalan Perjuangan No. 2B Setia Budi, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Medan. Nah, bagi kamu yang ingin gabung di ODOJ DPA Medan ini bisa langsung mendaftar lewat kontak Whatsapp Yusra (0857-6289-4821) dengan format Daftar ODOJ #Nama#Alamat#NoWhatsapp#L/P #Usia.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA